Mengunjungi Situs UNESCO World Heritage: Menghargai Kekayaan Budaya dan Alam Semesta

Mengunjungi Situs UNESCO World Heritage
Table of Contents

Indonesia kaya akan budaya dan keindahan alam yang bisa membuat kagum seluruh dunia. Terbukti dari situs dunia seperti The Travel yang menunjuk Indonesia sebagai salah satu negara terindah di dunia tahun 2023.

Di samping situs dunia, UNESCO World Heritage bahkan sudah mengakui destinasi wisata di Indonesia menjadi situs warisan budaya dunia. Dimana situs warisan tersebut tak lekang oleh waktu artinya warisan dari masa lalu dan hari ini dapat disaksikan oleh generasi mendatang.

Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang cinta tanah air sudahkah kamu pernah mengunjungi salah satu situs tersebut? Mengunjungi situs UNESCO World Heritage adalah cara menghargai kekayaan budaya dan alam semesta Indonesia.

Ada 9 Situs Kekayaan Budaya dan Alam Semesta Indonesia yang Masuk UNESCO World Heritage

Lokasi situs UNESCO World Heritage yang menjadi warisan di negeri ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kamu bisa mengunjungi situs UNESCO World Heritage yang paling dekat dengan lokasimu atau masukkan wishlist destinasi liburan yang akan kamu kunjungi di waktu mendatang.

Berikut ini adakah beberapa situs UNESCO World Heritage yang tersebar di seluruh Indonesia:

  • Candi Borobudur

Candi Borobudur yang biasa kamu kunjungi saat liburan adalah monumen Budha terbesar yang ada di dunia yang dibangun pada abad 824 Masehi. Monumen tersebut dibangun oleh Raja Samaratungga saat masa Wangsa Syailendra untuk memuliakan agama Budha.

Selain Candi Borobudur kamu juga akan menemukan candi lain yang lebih kecil seperti Candi Mendut dan Candi Pawon dalam kompleks candi yang ada di Magelang ini.

  • Cultural Landscape Subak – Bali

Subak adalah organisasi kemasyarakatan yang mengelola sistem pengairan sawah untuk masyarakat Dewata Bali. Warisan tersebut diperoleh dari filsafat Tri Hita Karana yang mencerminkan hubungan yang harmonis dengan Tuhan, manusia dan alam semesta.

Cultural Landscape terdiri dari lima sawah dan candi airnya yang ada di tanah seluas 19.500 ha. Kawasan ini termasuk juga Subak Pakerisan dan Catur Angga Batukaru, selain itu dua pura utama yaitu Pura Ulun Danu Batur dan Pura Taman Ayun.

  • Warisan Penambangan Batubara Ombilin Sawahlunto – Sumatera Barat

Di Sumatera ada sebuah warisan alam semesta yang berupa batu bara, di situs ini telah dilakukan penambangan batu bara berkualitas. Dan dijadikan sebuah bukti bahwasannya terdapat pertukaran budaya diantara pengetahuan kearifan lingkungan masyarakat lokal Sumatera Barat dengan teknologi pertambangan dari bangsa Eropa.

  • Candi Prambanan

Candi Prambanan juga masuk dalam UNESCO World Heritage karena kompleks candi terbesar ini memang didedikasikan untuk Siwa di Indonesia.

Prambanan sendiri ialah candi khas agama Hindu yang memberikan gambaran kisah Ramayana kepada generasi sekarang. Candi tersebut juga didedikasikan untuk tiga dewa besar Hindu yaitu Shiva, Brahma, dan Wisnu.

  • Manusia Purba Sangiran – Sragen

Situs peninggalan budaya ini berada di dua wilayah kabupaten yang berbeda yaitu Sragen dan Karanganyar. Pada situs tersebut kamu akan mengenal evolusi manusia. Dari mulai fosil manusia purba, alat-alat purba dan lapisan tanah purba.

Bahkan di Sangiran bukan hanya tempat wisata, akan tetapi terdapat tempat penelitian yang dikenal dunia. Seperti penelitian ilmu geologi, arkeologi dan paleotologi. Bahkan situs ini telah mengoleksi puluhan ribu peninggalan purba.

  • Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo berada di Pulau Sumba dan Flores, NTT. Yang mana terdiri dari tiga pulau besar seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar.

Berdasarkan keterangan UNESCO, situs ini diidentifikasi sebagai sebuah kawasan prioritas konservasi global. Karena pada area seluas 219.322 ha yang dihuni oleh ekosistem darat dan laut terdapat kekayaan yang harus dipertahankan. 

  • Taman Nasional Ujung Kulon

Selanjutnya ada Taman Nasional Ujung Kulon yang lokasinya ada di ujung barat Pulau Jawa tepatnya di Kabupaten Padeglang, Provinsi Banten.

Area ini merupakan rumah bagi para Badak Jawa yang sudah terancam punah. Selain taman nasional, pada area ini kamu juga akan menemukan berbagai tempat wisata yang menarik untuk dieksplor. Seperti Gunung Honje, Pulau Peucang, Semenanjung Ujung Kulon, Pulau Panaitan dan Pulau Handeleum.

  • Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz yang ada di bagian tengah-selatan Papua merupakan taman nasional terluas yang ada di Asia Tenggara. Area ini mempunyai luas 2,4 juta yang dihuni oleh 10 Kabupaten di Provinsi Papua. Yang mana kawasannya membentang di sepanjang gletser khatulistiwa yang ada di jajaran pegunungan tertinggi Asia Tenggara.

Disini kamu akan menemukan banyak sekali ekosistem dan tipe vegetasi. Diantaranya hutan rawa, hutan sagu, hutan tepi sungai, hutan pegunungan, lumut kerak dan masih banyak jenis lainnya.

Situs wisata ini masuk dalam jajaran UNESCO World Heritage sejak tahun 1999 dan pada tahun 2003 menjadi Taman Warisan Asean lewat ASEAN Declaration on Heritage Parks.

  • Hutan Hujan Tropis Sumatera

Hutan hujan tropis Sumatera merupakan salah satu situs UNESCO Worlds Heritage yang masuk dalam kawasan konservasi keanekaragaman hayati terbesar di Asia Tenggara. Termasuk juga berbagai spesies yang terancam punah dan butuh tempat konservasi.

Nah kawasannya terdiri dari tiga taman nasional seperti Gunung Leuser, Bukit Barisan Selatan dan Kerinci Seblat.

Itulah tadi berbagai situs UNESCO World Heritage di Indonesia yang diakui dunia dan sebagai cara menghargai kekayaan budaya dan alam semesta dari masa lalu dan masa sekarang. Nah jika kamu berencana mengunjungi berbagai situs di atas jangan lupa menyiapkan berbagai itinerary penting yang dibutuhkan. Salah satu di antaranya adalah Asuransi Perjalanan yang bisa kamu beli di Igloo. Dengan memiliki asuransi, perjalanan liburan ke situs UNESCO World Heritage akan lebih terjamin aman dan nyaman.

Artikel Lainnya : Menyelam di Dunia Bawah Laut: Destinasi Terbaik untuk Diving dan Snorkeling di Jawa Timur

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu