Jelang Mudik, Ini Langkah-Langkah Praktis untuk Menjaga Kesehatan saat Mudik Lebaran

Langkah-Langkah Praktis untuk Menjaga Kesehatan saat Mudik Lebaran
Table of Contents

Mudik lebaran merupakan sebuah momen yang sudah menjadi budaya bagi masyarakat muslim di Indonesia saat bulan Ramadhan tiba. Perjalanannya yang cukup panjang menuju kampung halaman tentu membutuhkan tubuh yang fit agar tidak mudah jatuh sakit.

Karena jika sakit, kamu dan keluarga tentu tidak bisa menikmati bulan Ramadhan secara sempurna bahkan bisa jadi tidak mampu menyelesaikan perjalanan hingga kampung halaman secara tepat waktu.

Nah ada banyak langkah-langkah praktis untuk menjaga kesehatan saat mudik lebaran yang bisa kamu lakukan. Dengan langkah tersebut harapannya perjalanan bisa lebih lancar dan kamu bisa sampai di kampung halaman tepat waktu.

Langkah Praktis untuk Menjaga Kesehatan saat Mudik Lebaran

Agar mudik lebaran yang kamu lakukan berjalan lancar dan kondisi kesehatan terjaga, Igloo telah merangkum langkah-langkah praktis untuk menjaga kesehatan saat mudik lebaran:

  • Lakukan Persiapan Secara Matang

Jika kamu perjalanan mudik lebaran menggunakan mobil pribadi, maka sebaiknya pastikan kondisinya prima dan siap kamu gunakan untuk perjalanan jauh.

Namun, apabila kamu menggunakan transportasi umum ada baiknya pilih kendaraan yang nyaman untuk kamu dan anak-anak. Usahakan istirahat cukup sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran sehingga kamu tetap sehat dan bugar saat sampai di kampung halaman.

  • Sebelum Perjalanan Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat adalah salah satu cara menjaga kesehatan saat akan melakukan perjalanan jauh. Usahakan sebelum mudik atau selama Ramadhan kamu mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi.

Bila perlu saat perjalanan bawalah bekal makanan sehat yang bisa menjaga stamina. Karena tidak bisa dipungkiri melakukan perjalanan saat puasa akan jauh lebih melelahkan daripada hari-hari biasa.

Untuk bekal kamu bisa menyiapkan roti gandum, buah-buahan, vitamin dan berbagai camilan sehat lain yang mengenyangkan.

  • Perhatikan Asupan Cairan

Saat akan melakukan perjalanan yang jauh, selain makanan kamu juga perlu memperhatikan asupan cairan selama perjalanan. Hal tersebut karena saat perjalanan tubuh akan terpapar polusi lebih banyak sehingga butuh cairan yang bisa mendetoks racun yang masuk dalam tubuh.

Selain air putih yang cukup kamu juga bisa mendapatkan asupan cairan yang sehat dari buah-buahan yang tinggi kadar airnya.

  • Konsumsi Sumplemen dan Vitamin

Menjelang waktu mudik lebaran ada baiknya kamu tidak melewatkan untuk mengonsumsi suplemen dan vitamin kesehatan. Terutama vitamin untuk daya tahan tubuh selama bulan Ramadhan.

Jika daya tahan tubuh terjaga dengan baik, maka kamu bisa melakukan perjalanan dengan nyaman dan aman. Selain dari suplemen dan vitamin kamu juga bisa mendapatkan asupan baik dari sayur dan buah yang kamu konsumsi selama buka puasa dan sahur.

  • Istirahat di Rest Area Jika Lelah

Langkah berikutnya agar kesehatan terjaga maka jangan segan untuk istirahat apabila lelah dalam perjalanan. Jika selama perjalanan kamu sudah mulai sering menguap, mengedip lebih intens, dan lupa rute perjalanan maka bisa jadi tubuh kamu sedang lelah.

Apabila ini terjadi, maka menepilah di rest area terdekat untuk mengembalikan fokus berkendara. Hal tersebut akan menghindarkan kamu dari risiko kecelakaan dan capek yang berlebihan.

  • Jangan Makan Sembarangan Selama Perjalanan

Agar tidak mudah sakit kamu juga harus menjaga makanan selama perjalanan, jangan sembarangan membeli makanan di jalan raya. Karena makanan tersebut meskipun menggugah selera belum tentu terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Oleh karena alangkah baiknya untuk beberapa makanan kamu bawa sendiri dari rumah atau pilih tempat makan yang bersih dan bebas dari sampah atau lalat di sekitarnya.

  • Kelola Stres

Mudik lebaran sangat identik dengan lalu lintas yang padat dan macet yang berkepanjangan. Hal tersebut tentu akan mudah membuat sopir stres dan marah. Oleh karena itu kamu juga harus menguasai pengelolaan stres selama perjalanan.

Salah satunya dengan mendengarkan murottal Al-Quran, mengambil napas yang dalam dan melepasnya secara berulang dan sebagainya.

  • Membawa Obat-Obatan Pribadi

Untuk menjaga kesehatan berikutnya kamu bisa melakukan persiapan dengan membawa obat-obatan pribadi. Tidak bisa dipungkiri, perjalanan saat Ramadhan akan menguras banyak energi sehingga kamu bisa rentang terserang penyakit selama perjalanan.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir risiko jatuh sakit saat perjalanan sebaiknya kamu membawa berbagai jenis obat-obatan. Misalnya obat mabuk perjalanan, obat pereda sakit kepala dan berbagai obat lain yang kamu butuhkan untuk penyakit tertentu.

  • Cek Kondisi Kesehatan Sebelum Berangkat

Jika kamu membawa anggota keluarga yang mempunyai daya tahan tubuh lemah atau mempunyai riwayat penyakit tertentu maka sebaiknya luangkan waktu untuk cek kesehatan sebelum berangkat.

Ini penting untuk mengetahui kondisi penyakit dan kesehatannya, serta apakah memungkinkan untuk melakukan perjalanan jauh dengan moda transportasi yang kamu pilih. Hal ini dapat mencegah risiko terserang penyakit atau drop di perjalanan.

Nah itulah tadi berbagai langkah-langkah praktis untuk menjaga kesehatan saat mudik lebaran. Usahakan kamu juga mematuhi protocol kesehatan yang diberlakukan pemerintah selama mudik lebaran. Dengan begitu kamu bisa melakukan perjalanan mudik lebaran dengan nyaman, sehat dan aman.

Artikel Lainnya : 10 Kegiatan Menghibur Anak-Anak Selama Perjalanan Mudik Lebaran

Selain itu kamu juga bisa melengkapi upayamu dalam menjaga kesehatan dengan Asuransi Perjalanan dari Igloo. Dengan asuransi ini, kamu bisa meminimalisir risiko kesehatan selama perjalanan dan kamu pun bisa mudik lebaran tanpa rasa khawatir.

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu