8 Merk Ban Motor Terbaik untuk Jalanan Indonesia

merk ban motor terbaik
Table of Contents

Apa saja merk ban motor terbaik untuk jalanan Indonesia? Kondisi jalanan di setiap negara berbeda-beda. Hal ini tentu mempengaruhi tipe ban yang digunakan. Oleh karena itu, jenis ban yang kamu pilih harus sesuai dengan kondisi jalanan yang ada. 

Di Indonesia sendiri, kondisi jalanan sangatlah beragam. Mulai dari aspal mulus, jalan tanah, hingga berbatu. Sebagai pemilik kendaraan, mungkin kamu akan bingung memilih ban yang pas untuk melewati jalanan Indonesia yang beragam ini.

Dalam artikel ini, Igloo akan merekomendasikan merk ban motor terbaik yang telah terbukti dapat melewati kondisi jalanan Indonesia dengan mulus.

Merk Ban Motor Terbaik

1. Aspira 

merk ban motor terbaik

Merk ban motor terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Aspira. Merk ban satu ini masih satu naungan dengan Astra Otoparts. Ban buatan Aspira terkenal menawarkan kenyamanan berkendara dengan harga yang tergolong murah. Salah satu produk andalannya adalah Aspira Maxio Techno.

2. Swallow

Mungkin beberapa diantara kamu mengenal Swallow sebagai merek sandal jepit. Namun, apakah kamu tahu kalau mereka juga memproduksi ban untuk kendaraan? Swallow merupakan salah satu produsen ban terkemuka di Indonesia yang sudah merintis sejak tahun 1956 dan sudah memiliki sertifikat nasional Indonesia (SNI).

Swallow menawarkan berbagai jenis ban untuk berbagai kebutuhan dan jenis motor, termasuk motor bebek, skuter, sport, dan lainnya. Merek ini terkenal karena harga yang terjangkau dan kualitas yang baik. Salah satu produknya yang laris dipasaran adalah Swallow Sea Hawk, Samurai, dan Venom.

3. Corsa

merk ban motor terbaik

Kualitas ban Corsa dikenal memiliki kemampuan mencengkeram jalan dengan dengan baik pada kondisi jalan basah maupun kering. Tidak heran jika Corsa termasuk dalam merk ban motor terbaik. Tidak hanya itu, ban Corsa juga dikenal punya tingkat durabilitas yang tinggi berkat material Polyester yang digunakannya. Beberapa produknya yang terkenal adalah Platinum R26, S88,  danSS09T.

4. Maxxis

Maxxis adalah merek ban asal Taiwan yang memproduksi di Indonesia. Ban motor Maxxis dikenal karena kualitas konstruksinya yang baik, daya cengkram yang kuat, dan performa yang handal.

Ban buatan Maxxis dari material compound rubber yang berkualitas tinggi. Harganya juga relatif terjangkau untuk kantong orang Indonesia. Varian yang laris di pasaran antara lain adalah Victra, Diamond, Green Devil, M6029, M921, Extramaxx, dan MA-R1.

5. IRC

merk ban motor terbaik

IRC atau Inoue Rubber Company adalah salah satu merk ban motor terbaik dari Jepang yang diproduksi oleh pabrik PT Gajah Tunggal sejak tahun 1973. Ban IRC sudah dipakai sebagai ban standar pabrik untuk beberapa merek sepeda motor.

Ban motor IRC memiliki durabilitas yang baik, desain alur ban yang stabil, dan dapat melewati cuaca panas dan hujan. Produk-produk unggulannya antara lain adalah IRC Enviro NR91, IRC NR65, IRC Fasti Pro, dan IRC Ziggy NR90.

6. Dunlop

Dunlop adalah salah satu merk ban motor terbaik, terkenal, dan terpercaya di pasar global. Ban motor Dunlop dikenal karena kualitas konstruksinya yang baik, cengkraman yang kuat, dan performa yang handal. Beberapa produk Dunlop yang laris di pasar Indonesia adalah Dunlop D102, Dunlop TT900, Dunlop TT902.

7. Pirelli

Pirelli adalah perusahaan ban yang berbasis di Italia dan telah beroperasi selama bertahun-tahun dengan reputasi yang sangat baik. Merek ini sering digunakan pada motor sport dan banyak digunakan oleh para pengendara yang mencari performa tinggi. Beberapa produk Pirelli yang laku di pasar Indonesia adalah Pirelli Evo dan Pirelli Angel Scooter. 

8. Michelin

Michelin adalah perusahaan ban asal  Prancis yang dikenal baik dalam industri otomotif. Michelin menawarkan berbagai jenis ban motor untuk berbagai kebutuhan pengendara, mulai dari motor harian hingga motor sport. Ban motor Michelin dikenal karena kualitas, performa, dan inovasi yang tinggi, tidak heran harga yang dibanderolnya cukup mahal. Beberapa produk andalannya yaitu michelin m29s, M85, dan Pilot Street.

Tips Merawat Ban Motor

Setelah mengetahui merk ban motor terbaik yang sering dipakai pengendara Indonesia, alangkah baiknya untuk menyimak tips merawat ban motor berikut agar semakin awet dan performanya tetap optimal.

Periksa Tekanan Angin

Pertama, periksa secara rutin tekanan angin pada ban motor. Tekanan angin yang tepat membantu menjaga kestabilan kendaraan, efisiensi bahan bakar, dan umur ban yang lebih lama. Jika tekanan angin terlalu rendah, proses pengereman pun terasa lebih sulit dan sangat membahayakan pengendara, terutama jika jalanan yang kamu lalui sedang basah.

Periksa Keausan Ban

Cek keausan ban secara teratur. Pastikan bahwa pola tapak ban masih cukup dalam dan tidak ada tanda-tanda keausan yang tidak merata. Beberapa ciri-ciri ban yang sudah aus antara lain adalah ketebalan ban sudah menipis, terdapat benjolan pada ban, hingga permukaan ban yang mulai retak.

Melakukan Rotasi Ban

Disarankan untuk melakukan rotasi ban setiap maksimal 10.000 km sekali. Tips ini dapat kamu lakukan dengan mengganti ban depan dengan ban belakang, sementara ban belakang diganti dengan ban baru atau ban cadangan dengan kondisi bagus.

Hindari Beban Berlebih

Jangan melebihi beban maksimum yang ditentukan oleh produsen ban. Beban berlebih dapat menyebabkan keausan berlebihan, kerusakan struktural, dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Jadi, perhatikan muatan barang bawaan saat akan bepergian. 

Itulah delapan rekomendasi merk ban motor terbaik yang banyak digunakan pengendara motor di Indonesia. Jangan lupa juga untuk selalu merawat ban motor secara rutin untukĀ  memaksimalkan kinerja dan masa pakai ban motor kamu. Jangan lupa juga untuk memiliki asuransi motor terbaik dari Igloo agar kendaraan dan keuangan kamu aman dari risiko yang tidak terduga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu