Mesin Motor Dua Langkah Vs Empat Langkah: Mana Lebih Baik?

Table of Contents

Di Indonesia ada banyak komunitas motor, baik itu motor mesin dua langkah maupun empat langkah. Jika kamu penasaran motor mesin dua langkah itu seperti Yamaha RX King dan Kawasaki Ninja 150. Sedangkan mesin empat langkah contohnya Suzuki GSX-250R dan Suzuki Nex Reborn.

Mesin dua langkah memang tidak banyak beredar karena memang motor jenis ini menyebabkan polusi yang berbahaya bagi lingkungan. Sedangkan motor mesin empat langkah masih tergolong aman, karena gas buangnya lebih ramah terhadap lingkungan.

Nah agar lebih paham terkait perbedaan antara motor mesin dua langkah dan empat langkah, Igloo telah merangkum beberapa penjelasan terkait hal tersebut.

Perbedaan Antara Motor Mesin Dua Langkah dan Empat Langkah

Banyak dari masyarakat dapat membedakan antara motor mesin dua langkah dan empat langkah dari bunyi knalpot masing-masing motor.

Secara umum, mesin dua langkah mempunyai suara yang cenderung bising dan asap yang mengepul di knalpotnya. Sedangkan mesin empat langkah malah sebaliknya.

Anggapan mereka tidaklah salah, namun agar lebih pahami berikut ini perbedaan antara motor mesin dua langkah dan empat langkah:

Baca Juga Artikel Lainnya : Ketauan! Alasan Dibalik Oli Mesin Motor yang Pakai Ester

1. Jumlah Komponen Mesin

Dilihat dari jumlah komponen mesinnya motor mesin dua langkah mempunyai jumlah yang lebih sedikit dibandingkan yang empat langkah. Hal ini karena pada mesin dua langkah tidak ditemukan klep in, klep out dan juga noken as.

2. Oli yang Dipakai

Jika kamu perhatikan motor mesin empat langkah membutuhkan satu jenis oli saja. Sedangkan motor mesin dua langkah masih membutuhkan oli samping sehingga tidak cukup hanya dengan satu oli.

Alasannya karena mesin dua langkah tidak menggunakan oli samping untuk melumasi komponen mesin seperti bearing kruk as, ring piston, kruk as, dan piston.

3. Dari Segi Pembakaran di Knalpot

Motor mesin dua langkah mempunyai dua pelumas sehingga knalpotnya akan mengeluarkan lebih baik asap, karena oli samping ikut dalam proses pembakaran di ruang mesin.

Kemudian asap akan dikeluarkan lewat knalpot, itulah kenapa asapnya mesin dua langkah lebih mengepul. Sedangkan motor mesin empat langkah lebih ramah lingkungan, karena sedikit atau tidak mengeluarkan asap. Jika mengeluarkan asap maka motor empat langkah sedang mengalami kerusakan.

4. Jumlah Langkah Piston

Dari jumlah langkah piston kedua jenis motor ini sudah berbeda. Karena yang satu hanya menggunakan dua langkah piston sedangkan motor empat langkah pada setiap pistonnya harus melewati 4 langkah pembakaran.

Mesin Dua Langkah pada Motor

Motor mesin dua langkah merupakan motor yang dalam mesin pembakaran satu siklusnya harus melewati dua langkah piston. Mesin jenis ini lebih banyak digunakan pada mesin diesel.

1. Istilah dalam Pembakaran Mesin Dua Langkah

Dalam mesin dua langkah kamu akan menemukan istilah TDC (top dead centre) atau titik mati atas, BDC (bottom dead centre) atau titik mati bawah, ruang bilas, dan pembilasan (scavenging).

2. Desain Mesin Dua Langkah

Jika kamu melihat mesin dua langkah kamu akan menemukan dalam sekali pembakaran terjadi, maka telah terjadi satu putaran penuh di poros engkol (crankshaft). 

Mesin dua langkah dilengkapi dengan katup satu arah atau one way valve yang dipasang antara karburator dan ruang bilas. Tujuannya untuk menjaga agar gas yang telah masuk ke dalam ruang bilas tidak akan masuk ke karburator kembali.

Selain itu untuk menjaga tekanan di ruang bilas saat kompresi terjadi. Dan karena pada dinding silinder terdapat lubang pembuangan dan lubang pemasukan.

Baca Juga Artikel Lainnya : 5 Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas

3. Kelebihan dan Kekurangan

Mesin dua langkah kelebihannya mempunyai hasil tenaga yang lebih besar jika kamu bandingkan dengan mesin empat langkah. Kemudian mesin dua langkah juga ringan dan konstruksinya sederhana, biaya produksinya pun juga murah.

Sayangnya mesin dua langkah mempunyai efisiensi bahan bakar yang rendah atau boros, kamu juga perlu mencampurkan bahan bakar dengan oli samping.

Nah kombinasi tersebut membuat biaya operasional dari mesin dua langkah menjadi lebih tinggi dan menciptakan lebih banyak polusi.

Mesin Empat Langkah pada Motor

Motor mesin empat langkah adalah jenis motor yang pada mesin pembakarannya dalam satu siklus harus melewati empat langkah piston. Biasanya mesin ini lebih mudah kamu temukan di sepeda motor, pesawat, mobil, truk, alat berat, kapal dan sebagainya.

Empat langkah pembakaran yang harus dilalui tersebut adalah langkah hisap, kompresi, tenaga, dan langkah buang. Secara keseluruhan proses ini membutuhkan dua kali putaran poros engkos untuk satu siklus mesin diesel.

1. Istilah dalam Pembakaran Mesin Empat Langkah

Dalam mesin empat langkah kamu akan menemukan istilah TDC (top dead center) atau titik mati atas dan BDC (bottom dead centre) atau titik mati bawah. Proses pembakaran dimulai dari piston yang bergerak dari TDC ke BDC dengan posisi katup masuk terbuka dan katup keluar tertutup.

Kemudian piston akan bergerak dari BDC ke TDC pada posisi katup masuk dan keluar tertutup. Saat pembakaran terjadi tekanan dalam ruang bakar akan meningkat dan membuat piston terdorong dari TDC ke BDC kembali.

Selanjutnya piston dari BDC akan bergerak ke TDC dengan posisi katup masuk sudah tertutup dan katup keluar terbuka. Lewat proses asap keluar dari knalpot sepeda motor.

2. Desain Mesin Empat Langkah

Pada desain mesin empat langkah terdapat beberapa komponen utama diantaranya rasio kompresi, DOHC dan SOHC, long dan short stroke.

Mudah bukan memahami perbedaan antara motor mesin dua langkah dan empat langkah? Nah kalau kamu suka yang mana antara mesin dua langkah dan empat langkah? Semoga bijak yaa dalam memilih dan lengkapi motor tersebut menggunakan Asuransi Motor dari Igloo untuk menambah perlindungan keamanannya.

Dengan asuransi dari Igloo, kamu bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman tanpa khawatir kondisi darurat terjadi di tengah perjalanan.

Bila tertarik dan kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu