Manfaat & Tantangan Motor Sebagai Sarana Transportasi

Penting! Inilah Cara Merawat Kesehatan Mesin Motor sebelum dan setelah Mudik Lebaran
Table of Contents

Di Indonesia berdasarkan keterangan dari Badan Pusat Statistik di tahun 2022 telah ada 148.216.817 unit bermotor yang beredar di jalanan. Dengan motor 125.305.332 unit, artinya 84,5% dari total jumlah kendaraan bermotor adalah sepeda motor.

Maka dengan banyaknya kendaraan motor di Indonesia, Indonesia bahkan berada di urutan kedua sebagai produsen kendaraan bermotor yang terbesar di Asia Tenggara. Dan motor menjadi kendaraan utama yang digunakan masyarakatnya.

Alasannya pun beragam, akan tetapi intinya motor merupakan kendaraan yang mempunyai banyak manfaat untuk aktivitas ratusan juta masyarakat Indonesia.

Inilah Manfaat dan Tantangan Kendaraan Motor di Indonesia

Disini Igloo akan mengulas berbagai manfaat dan tantangan menggunakan motor sebagai sarana transportasi sehari-hari di Indonesia. Mengingat Indonesia adalah negara padat penduduk dengan motor sebagai moda transportasi yang banyak digunakan masyarakatnya.

Harga sepeda motor di negara ini cukup terjangkau. Hal tersebutlah yang membuat motor lebih dipilih oleh kalangan masyarakat menengah ke bawah. Selain itu penggunaan bahan bakar dan biaya operasional yang terjangkau dan relative hemat juga menjadi alasan banyaknya motor yang beredar di Indonesia.

Secara umum kendaraan bermotor memerlukan 2 liter BBM setiap harinya, jika menggunakan Pertalite maka rata-rata pengeluaran masyarakat menjadi Rp20.000 per harinya dan dalam setahun bensin menghabiskan biaya kisaran Rp5.200.000. Apabila gaji rata-ratamu Rp3.180.000 per bulan maka biaya operasional sepeda motor dalam setahun akan tergolong murah.

Namun bagaimana jika banyaknya bensin yang kamu habiskan dalam setahun dengan pencemaran lingkungan? Meskipun kepemilikan sepeda motor mudah, kamu tidak bisa mengabaikan dampak negatif yang dirasakan lingkungan

Baca Juga Artikel Lainnya : 8 Merk Ban Motor Terbaik untuk Jalanan Indonesia

Iklim dan letak Indonesia secara geografis memang mendukung pemakaian sepeda motor. Karena Indonesia sebagai negara tropis, penggunaan motor akan jauh lebih bermanfaat apabila kamu bandingkan dengan negara lain seperti Thailand dan Kamboja yang termasuk negara subtropis.

Didukung pula dengan banyaknya varian, model sepeda motor, sosial media, dan harga beli yang terjangkau ke berbagai lapisan masyarakat. Serta cara pengoperasian yang mudah membuat orang tidak berpikir dua kali untuk membeli motor.

Tidak heran pula, dengan fakta tersebut banyak pengendara motor di bawah umur sudah mempunyai motor walaupun tanpa SIM dan KTP.

Tapi ingat, pengendara motor menyumbang angka kecelakaan terbesar di Indonesia. Bahkan berdasarkan data Korlantas POLRI di tahun 2016, sepeda motor menyumbangkan 72% angka kecelakaan dengan rentang usia pengendara 10-29 tahun.

Adanya permintaan motor yang semakin meningkat karena harganya yang murah, nyatanya juga menaikkan angka kriminalitas. Contohnya tindak pidana pencurian, pembegalan dan perampasan secara paksa yang seringkali kita dengar atau lihat terjadi di sekitar kita.

Selain itu, tingginya angka kepemilikan sepeda motor juga membuat permasalahan yang rumit bagi pemerintahan sebagai pemegang regulasi.

Karena angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas semakin meningkat. Sehingga pemerintah akan kesulitan untuk menerapkan aturan lalu lintas secara tegas.

Tantangan Menggunakan Motor Sebagai Sarana Transportasi Sehari-Hari di Indonesia dan Dampaknya

  1. Banyaknya anggota kepolisian, Dinas Lalu Lintas, dan Angkutan Jalan tidak berimbang dengan banyaknya kendaraan yang melintas. Pada kondisi ini tentu dibutuhkan petugas yang tegas untuk menjalankan aturan.
  2. Pengendara motor datang dari berbagai lapisan masyarakat dengan berbagai tingkat pendidikan. Sehingga sangat memungkinkan hal tersebut memengaruhi tingkat kepatuhan mereka pada aturan lalu lintas.
  3. Sanksi yang diberlakukan ternyata belum bisa memberikan efek jera pada kebanyakan masyarakat.
  4. Pihak pemerintah sebagai pemegang regulasi engga untuk membuat aturan yang efektif untuk seluruh wilayah di Indonesia.
  5. Kekurangan alternatif angkutan umum yang murah dan ramah, terutama di wilayah-wilayah pelosok.
  6. Adanya tingkat pemerataan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat yang rendah.
  7. Kepadatan penduduk di Indonesia juga memengaruhi kondisi ini.

Namun disamping itu tetap ada dampak positif yang dapat dirasakan dari tingginya angka kepemilikan motor di Indonesia, diantaranya:

  1. Indonesia mendapatkan pendapatan pajak yang tinggi.
  2. Peningkatan penyerapan tenaga kerja sebagai ojek online.
  3. Industri otomotif terutama perakitan motor semakin meningkat bersamaan dengan industri lain yang terlibat.

Nah agar kamu dan kita semua dapat merasakan kenyamanan berkendara, baik dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi kamu harus menekan berbagai hal negatif di atas. Salah satunya dengan mendukung pemerintah dalam mengembangkan kendaraan yang berbasis energi alternatif.

Selain itu dengan penegakan aturan dan hukum yang berlaku. Yaitu dengan memberlakukan sistem aturan maupun denda yang tegas pada semua lapisan masyarakat. Kemudian pembuatan SIM dengan aturan yang terkontrol dan sistem tilang yang sistematis akan membuat masyarakat lebih aware terhadap aturan lalu lintas yang berlaku.

Itulah manfaat dan tantangan menggunakan motor sebagai sarana transportasi sehari-hari yang harus kamu perhatikan. Untuk meningkatkan keamanan dan kenyaman selama mengendarai motor kamu juga bisa melengkapi motor dengan Asuransi Motor dari Igloo.

Dengan asuransi dari Igloo, selain bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman kamu juga tidak akan khawatir dengan kondisi darurat terjadi di tengah perjalanan.

Bila tertarik dan kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu