Perbedaan Motor Sport, Cruisers dan Adventure, Pilih Mana?

Table of Contents

Model sepeda motor yang populer ada berbagai macam. Kalau kamu tertarik dengan yang mana? Motor sport, cruisers dan adventure merupakan tiga model sepeda motor yang berbeda. Perbedaan diantara ketiganya dapat mempengaruhi performa yang didapatkan.

Sepeda motor sudah ada dari zaman Belanda tepatnya di abad ke-19, bahkan perkembangannya semakin tahun semakin pesat dengan berbagai model. Masing-masing modelnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan manusia.

Nah jika kamu disuruh memilih diantara motor sport, cruisers, dan adventure kira-kira kamu akan memilih yang mana? Jangan bingung, Igloo akan memberikan ulasan pada masing-masing model agar kamu tidak lagi kebingungan.

Perbandingan Antara Motor Sport, Cruisers, dan Adventure

Sebelum memilih, tentunya kamu harus tahu perbedaan antara motor sport, cruisers, dan adventure. Nah mana yang cocok untuk kamu? Berikut penjelasan Igloo.

Mengenal Model Motor Sport

Motor sport atau sportbike merupakan sepeda motor yang khusus dirancang untuk kebutuhan balap. Pada motor model ini posisi jok mengharuskan rider untuk duduk dalam posisi yang menukik. Selain itu juga dilengkapi dengan berbagai fairing yang bertujuan untuk memberikan perlindungan pada badan rider. Terutama dari terpaan angin ketika berkendara di kecepatan tinggi.

Motor sport menggunakan stang dengan jenis clip-on atau model jepit yang terpasang pada shock depan motor. Kemudian mempunyai footstep yang tinggi sehingga memungkinkan rider untuk memiringkan badan ketika berada di tikungan.

Sportbike juga mempunyai mesin dengan konfigurasi empat silinder segaris dan ada pula yang tiga silinder. Contoh motor sport dengan empat silinder V adalah Aprilia dan Ducati dengan mesin V Twin yang berbentuk L serta V4. Sedangkan tiga silinder contohnya Triumph.

Motor sport hadir dengan kapasitas mesin 1000 cc, namun ada juga supersport yang mempunyai kapasitas 600 cc. Contoh motor sport yang bisa kamu cari di pasaran seperti Ducati Panigale V4, Honda CBR600RR, Aprilia RSV4 dan sebagainya.

Motor sport mempunyai beberapa keunggulan jika kamu bandingkan dengan motor biasa, diantaranya:

  • Dengan kapasitas mesin yang besar maka tarikan dan kecepatan motor akan menjadi lebih gesit dan lincah serta mempunyai akselerasi yang baik.
  • Motor sport lebih tangguh sehingga cocok untuk aktivitas touring. Karena perjalanan jauh saat touring membutuhkan ketahanan motor yang baik, mumpuni, stabil dan gesit. Meskipun jika kamu kendarai untuk jarak dekat motor ini akan lebih sulit karena berat.
  • Lebih gagah dan stylish, bisa kamu lihat dari ukuran, spesifikasi dan desain yang khusus dibuat untuk motor sport.

Mengenal Model Motor Cruisers

Motor cruisers merupakan motor dengan gaya klasik yang besar dan berat dimana mempunyai torsi mesin yang besar dan mempunyai kemampuan untuk menarik beban yang cukup besar. Dengan motor ini kamu tetap bisa berkendara dengan posisi tubuh yang relax. Selain itu motor ini mempunyai mid/forward foot control sehingga lebih stabil.

Cruisers menggunakan mesin dengan jenis twin, sehingga mampu menyemburkan tenaga yang lebih besar dalam rentang putaran medium yang rendah. Nah para pecinta motor klasik banyak menyukai model ini karena dapat mengkombinasikan kebebasan saat berkendara dengan posisi yang cenderung nyaman. Akan tetapi ada pula yang berpendapat motor ini bisa memicu nyeri di tulang ekor. Selain itu pada motor cruisers kebanyakan posisi tangan pengendara akan lebih tinggi daripada posisi kamu duduk. Dan posisi kaki akan mengarah ke depan, tidak seperti motor biasa. Contoh motor dengan model cruisers adalah Harley Davidson.

Jenis ban yang digunakan pada motor cruiser juga berbeda dengan motor lainnya, karena mempunyai karakteristik sendiri diantaranya:

  • Mempunyai daya tahan yang bagus daripada ban motor tipe ban sport.
  • Mempunyai daya cengkraman yang kurang daripada jenis ban sport.
  • Jenis ban ini memang lebih banyak digunakan untuk motor tipe underbone atau motor bebek dan beberapa jenis motor touring.

Selanjutnya berikut ini kelebihan yang dimiliki motor cruisers daripada model motor lainnya:

  • Mempunyai body motor yang besar sehingga akan lebih nyaman jika kamu kendarai dengan kecepatan tinggi
  • Motor juga lebih stabil
  • Mempunyai fairing yang besar
  • Bisa kamu lengkapi dengan boks yang bisa kamu isi dengan perlengkapan touring

Hanya saja powernya akan terasa kurang pas jika kamu bandingkan dengan motor sport lainnya. Kemudian body motor yang besar kurang fleksibel jika dikendarai di perkotaan dan jangan lupa bahan bakarnya juga lebih boros jika bandingkan dengan motor lain.

Baca Juga Artikel Lainnya : Motor Klasik yang Menginspirasi

Mengenal Model Motor Adventure

Motor adventure merupakan motor petualang yang bisa kamu gunakan saat perjalanan jarak jauh baik di jalanan beraspal maupun jalanan off-road. Motor ini mempunyai beak atau paruh depan, suspensi long travel, ban dual sport, crash protector sehingga lebih aman dan ada kesempatan pula untuk menambahkan box motor agar bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan.

Saat mengendarainya posisi berkendara harus tegak, hal ini pula yang membuat motor ini nyaman kamu gunakan untuk perjalanan jauh. Selain itu posisi stang yang lebih tinggi membuat rider berkesempatan untuk mengendalikan motor meskipun dalam posisi berdiri.

Motor adventure mempunyai kapasitas mesin yang besar tujuannya untuk memaksimalkan tenaga, kecepatan motor dan efisiensi konsumsi motor terhadap bahan bakar. Selain itu, seperti penjelasan di atas motor ini juga unggul dalam fitur keamanan dan kenyamanan. Contoh motor adventure seperti Ducati Multistrada Enduro, Honda Africa Twin dan sebagainya.

Nah itulah perbandingan antara motor sport, cruisers, dan adventure yang harus kamu ketahui. Lalu manakah yang akan kamu pilih? Usahakan memilih berdasarkan kebutuhan dan fungsinya. Selain itu jangan lupa untuk memberikan motormu Asuransi Motor dari Igloo.

Dengan asuransi dari Igloo, kamu bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman tanpa khawatir kondisi darurat terjadi di tengah perjalanan.

Bila tertarik dan kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu