10 Kelebihan Touring dengan Motor untuk Perjalanan Jarak Jauh

Table of Contents

Melakukan perjalanan jarak jauh memang membutuhkan pertimbangan yang matang. Termasuk mempertimbangkan moda transportasi yang akan digunakan. Apakah menggunakan transportasi umum atau pribadi. Jika menggunakan transportasi pribadi maka sebaiknya menggunakan motor atau mobil.

Untuk perjalanan jauh, opsi menggunakan transportasi motor memang cukup riskan. Akan tetapi ternyata ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari moda transportasi ini loh. Bahkan bukan hanya untuk perjalanan jauh, perjalanan meskipun dekat jika kamu menggunakan motor akan terkesan menyenangkan. Terlebih jika itu kamu lakukan bersama teman-teman ataupun pasangan.

Nah kali ini Igloo akan memberikanmu beberapa pertimbangan terkait keuntungan menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh yang kamu lakukan.

Touring dengan Motor, Bisa Jadi Transportasi yang Tepat Ini Keuntungannya

Berikut ini keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila memilih melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan motor pribadi.

1. Kamu bisa bebas mengatur waktu karena lebih fleksibel

Sangat berbeda dengan transportasi umum ataupun mobil yang akan bermasalah saat kamu berangkat di jam-jam sibuk karena akan macet, dengan motor kamu bisa lebih bebas. Sehingga perjalanan bisa kamu lakukan kapan saja sesuai dengan kesibukanmu.

Sehingga jika kamu ingin perjalanan jauh yang lebih fleksibel kamu bisa menggunakan motor karena lebih santai. Meskipun begitu kamu tetap bisa cepat sampai jika memilih rute perjalanan yang tepat.

2. Dapat melakukan perjalanan dengan maksimal

Dengan motor yang desainnya kompak dan ringan kamu bisa menjelajah jalanan dengan lebih maksimal. Bahkan kamu bisa pergi kemana saja tanpa takut tidak bisa lewat karena jalanan yang kecil. 

Sebagai contoh jika kamu ingin melakukan touring bersama teman atau pasangan ke daerah pegunungan dengan motor, maka kamu bisa memilih jalur secara bebas baik itu di jalanan setapak atau jalur tepian pantai.

3. Kamu bisa berhenti kapan saja

Jika menggunakan transportasi umum, maka kamu tidak bisa sembarangan berhenti. Beda dengan sepeda motor yang membebaskan kamu bisa berhenti dimana saja asalkan bukan area yang terlarang.

Selain itu karena kamu menempuh perjalanan yang panjang dengan motor kamu bisa berhenti dimana saja untuk istirahat, mendinginkan motor dan sebagainya.

4. Berkendara menjadi lebih efisien

jika kamu bandingkan dengan moda transportasi yang lain, biaya perjalanan dengan motor akan lebih murah jika dibanding dengan kendaraan lain. Apalagi jika kamu menggunakan motor yang hemat bahan bakar. Dengan begitu kamu bisa menekan budget untuk perjalanan dan mengalokasikannya untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Baca Juga Artikel Lainnya : Motor Kurang Nyaman, Bisa Jadi Itu Tanda Shockbreaker Sudah Rusak

5. Lebih menyatu dengan sekitar

Perjalanan jauh dengan motor memungkinkan kamu untuk merasakan secara langsung terpaan angin, sinar matahari, hujan dan sebagainya selama perjalanan. Perasaan seperti ini tentu sangat menenangkan. Maka wajar jika ada orang yang mengendarai motor untuk melepas penat atau stres.

6. Melatih Fisik

Saat kamu mengendarai motor maka ada sejumlah otot yang kamu libatkan. Terutama saat berbelok, di jalanan menanjak hingga menurun. Seperti otot paha, tangan, kaki, dan anggota tubuh lainnya yang terlibat untuk berkonsentrasi selama perjalanan. Bahkan pada beberapa orang perjalanan jauh seperti touring adalah ajang untuk mencari kepuasan dan menantang adrenalin.

7. Bisa mengasah gerak refleks

Saat berkendara dengan motor, kamu harus selalu menjaga keseimbangan. Karena aktivitas berkendara meliputi salip-menyalip, melewati rintangan jalanan yang rusak, menahan terpaan angin dari segala sisi dan sebagainya. Sehingga kamu harus bisa fokus dan meningkatkan refleks menjadi lebih sigap dalam menghadapi rintangan di jalanan.

8. Ada euforia yang dirasakan saat perjalanan

Perjalanan jauh yang kamu lakukan merupakan pengalaman yang luar biasa. Meskipun jalannya sudah sering kamu lalui akan tetapi dengan perjalanan yang kamu lakukan kamu bisa mencapai kepuasan mental dan lebih senang.

Apalagi jika yang kamu tuju merupakan tempat healing, maka secara otomatis akan membuatmu semakin exited untuk menambah pengetahuan dan pengalaman di tempat tersebut.

9. Terbukti dapat meningkatkan kekuatan otak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Tohoku saat perjalanan menggunakan motor maka otak pengendara akan terangsang dan menjadi lebih aktif. Terutama fungsi kognitif tubuh seperti memori dan kapasitas penalaran spasial akan meningkat drastis.

10. Dapat melepaskan hormon bahagia di otak

Ada banyak hormon pemicu bahagia dan nyatanya hormon tersebut semakin aktif jika kamu melakukan aktivitas fisik seperti perjalanan jauh dengan motoran. Diantara hormon yang aktif tersebut meliputi adrenalin, serotonin, oksitosin, dopamine, endorphin dan sebagainya.

Namun pada realitanya kamu akan menghadapi banyak kekurangan saat perjalanan jauh dengan motor. Diantaranya badan terasa pegal, harus menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu, dan risiko kecelakaan tinggi apalagi jika kamu tidak memahami medan yang kamu lewati. Oleh karena itu banyak persiapan yang harus kamu lakukan saat berkendara dengan motor. Seperti memastikan kondisi motor, perlengkapan berkendara, badan harus sehat, membawa barang secukupnya saja, dan melengkapi motor dengan Asuransi Motor dari Igloo.

Dengan asuransi dari Igloo, kamu bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman tanpa khawatir kondisi darurat terjadi di tengah perjalanan.

Bila tertarik dan kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu