Safety Riding: Pentingnya Pelatihan Berkendara Motor Pemula

Pelatihan berkendara aman untuk pemula
Table of Contents

Saat berkendara di jalan raya kamu tidak boleh sembarangan, kamu membutuhkan skill dan teknik yang tepat agar dapat selamat sampai tujuan. Apalagi di jalanan sekarang pengendara hadir dari segala umur mulai dari remaja hingga orangtua. Namun sayangnya diantara pengendara motor yang paham teknik berkendara yang aman.

Safety riding merupakan komitmen bersama dan menjadi target yang harus dicapai. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut ada banyak pelatihan berkendara yang digelar oleh banyak lembaga atau instansi. Harapannya semakin banyak orang yang sadar dengan keselamatan berkendara.

Pelatihan berkendara bertujuan untuk memberikan edukasi berkendara yang aman bagi pengendara motor pemula. Sehingga angka kecelakaan motor di Indonesia dapat diturunkan. Karena jika kamu perhatikan, angka kecelakaan motor karena berkendara yang sembarangan sangat tinggi terutama remaja yang baru bisa motoran. Hal ini diduga karena kurangnya pelatihan keselamatan berkendara.

Nah sebenarnya seberapa pentingnya pelatihan berkendara yang aman bagi pengendara motor pemula, Igloo akan membahasnya pada pembahasan berikut ini.

Pentingnya Pelatihan Berkendara yang Aman

Pelatihan berkendara adalah sebuah pelatihan yang diselenggarakan untuk memperkenalkan bagaimana cara berkendara yang aman. Sehingga keselamatan dalam berkendara meningkat terutama bagi pengendara motor.

Secara umum orang belajar motor secara otodidak, artinya asalkan sudah lancar gas dan rem dianggap sudah mahir dalam berkendara motor. Nah dengan pelatihan berkendara kamu akan diajarkan bagaimana teori dan teknik berkendara yang baik. Termasuk cara menyeimbangkan diri, pengereman yang baik, berbelok dengan benar dan sebagainya.

Nah berikut ini lebih jelasnya terkait pentingnya pelatihan berkendara yang aman bagi pengendara motor pemula:

  1. Belajar teknik dasar berkendara motor yang baik dan benar

Jika kamu mengikuti pelatihan berkendara kamu akan belajar bagaimana teknik berkendara motor yang baik dan benar. Sehingga berkendara akan lebih aman dan nyaman, karena dengan teknik berkendara yang benar kamu akan lebih responsif dan pergerakan di atas motor juga akan lebih mudah. Selain itu dengan belajar teknik berkendara bisa mengurangi rasa lelah berkendara sehingga dapat berkendara lebih lama.

Baca Juga Artikel Lainnya : Inilah Tanda Aki Motor Harus Ganti dan Standar Daya Aki Sepeda Motor

  1. Paham rambu lalu lintas

Memahami rambu lalu lintas sangat penting bagi pengendara dan itu bisa kamu dapatkan di pelatihan berkendara. Sehingga kamu bisa melintas dengan aman dan tidak membahayakan pengendara motor yang lainnya. Serta tidak melanggar aturan lalu lintas yang berlaku di negara ini.

  1. Akan sangat berguna di kehidupan sehari-hari

Ilmu yang kamu dapatkan saat pelatihan berkendara sangat praktikal dan akan lebih mahir jika terus dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena banyak materi yang akan kamu dapatkan diantaranya pengereman, keseimbangan, berbelok, dan berbagai perlengkapan yang harus kamu gunakan saat berkendara.

Pelatihan keseimbangan yang kamu dapatkan bisa kamu gunakan untuk menghadapi kemacetan di jalan raya. Lalu pelatihan braking, teknik pengereman yang efektif membuat kamu dapat menggunakan rem dengan cara yang aman dan tidak membahayakan diri sendiri atau pengendara lain.

Macam-Macam Pelatihan Berkendara bagi Pengendara Motor Pemula

Saat pelatihan berkendara kamu akan mendapatkan dua kategori pelatihan. Diantaranya secara teori dan praktikal. Pada pelatihan teori, kamu akan belajar keterampilan dasar mengemudi dan berbagai materi yang berkaitan dengan lalu lintas jalan raya.

Harapannya dengan pelatihan teori ini kamu bisa lebih tertib dalam menaati lalu lintas. Bagi kamu yang mengikuti pelatihan kamu akan belajar dasar-dasar mengemudi. Diantaranya pelatihan teknik pengereman dalam berkendara, teknik menjaga kendali dan keseimbangan dalam bersepeda sehingga tanpa menyentuh batas dan tidak menurunkan kaki. Pada proses pelatihan praktikal kamu akan melakukan benchmark selama 30 detik. Dimana jika kamu semakin lambat kecepatan dan kamu masih bisa seimbang untuk menjaga kaki tetap rendah maka kamu bisa mendapatkan poin yang tinggi dan lolos pelatihan berkendara atau safety riding.

Baca Juga Artikel Lainnya : Cara Membaca Informasi Ban Motor yang Benar

Saat berkendara, memang sangat penting untuk belajar keseimbangan tubuh, ini akan sangat berguna saat jalanan macet. Selain teknik untuk menjaga keseimbangan kamu juga harus dalam kondisi yang baik dan sehat. Sehingga jangan mengendarai motor jika dalam kondisi tubuh yang tidak fit. Karena dapat mengganggu pengendara lain dan membahayakan keselamatan.

Pelatihan berkendara sangat direkomendasikan bagi seluruh pengendara motor yang masih pemula. Dengan harapan kamu bisa tahu cara mengendarai motor yang aman di jalan raya dan motor juga tidak mengalami kerusakan.

Itulah penjelasan terkait pentingnya pelatihan berkendara yang aman bagi pengendara motor pemula. Sehingga ada baiknya jika diantara kamu ada yang masih belajar motor baiknya mengikuti pelatihan berkendara seperti penjelasan di atas. Dan untuk melengkapi keamanan diri dan sepeda motor kamu bisa menggunakan Asuransi Motor yang disediakan Igloo.

Dengan asuransi dari Igloo, kamu bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman tanpa khawatir kondisi darurat terjadi di tengah perjalanan.

Bila tertarik dan kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu