penyebab lcd hp rusak

Kenali 7 Penyebab Umum LCD HP Rusak

Table of Contents

Apa penyebab LCD HP rusak? Layar pada HP memiliki beberapa fungsi penting seperti menampilkan informasi visual kepada pengguna, sebagai interface utama, hingga mengakses berbagai fitur dan pengaturan perangkat.

Mengetahui fungsi-fungsi yang penting tersebut, layar HP tentu memiliki peran penting dalam pengalaman pengguna. Oleh karena itu, layar HP tentu harus sangat dijaga agar kamu dapat mengoperasikan HP tanpa adanya kendala.

Lantas, apa penyebab LCD HP rusak? Bagaimana cara agar layar LCD HP kamu awet? Simak artikel Igloo berikut, ya.

Penyebab LCD HP Rusak

1. Benturan atau Kerusakan Fisik

penyebab lcd hp rusak

Penyebab LCD HP rusak yang pertama adalah terjadi benturan. Jatuh, terbentur, atau terjatuh dapat membuat layar LCD HP kamu rusak. Tekanan fisik yang keras pada layar dapat menyebabkan retak atau pecah pada layar LCD. Hal ini tentu akan mengganggu tampilan gambar.

2. Tekanan yang Berlebihan

Tekanan yang berlebihan pada layar LCD HP juga menjadi salah satu penyebab LCD HP rusak. Hal tak terduga ini mungkin terjadi ketika kamu meletakan HP di tempat yang sempit yang membuat adanya tekanan dengan benda keras lainnya.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan tenaga jari kamu ketika menekan atau menyentuh layar HP. Pasalnya, tenaga berlebih bisa merusak layar sama halnya dengan menaruh HP di tempat sempit.

3. Paparan Panas atau Suhu Ekstrem 

Paparan panas yang berlebihan dapat mempengaruhi dan menjadi salah satu penyebab LCD HP rusak, loh! Hal ini dikarenakan layar LCD HP memiliki batas toleransi panas pada taraf tertentu. Jika sudah mencapai batasnya, layar HP kamu bisa mengalami ghost touch atau layar bergerak sendiri.

4. Masalah Internal atau Kabel Konektor 

penyebab lcd hp rusak

Kerusakan pada kabel konektor yang menghubungkan layar LCD dengan papan sirkuit utama menyebabkan layar LCD menjadi rusak atau mengalami disfungsi. Selain kabel konektor, bugs pada ROM atau software juga bisa menjadi penyebab layar LCD HP kamu rusak. Hal ini bisa diatasi dengan cara meng-updatenya secara berkala.

5. Umur Pakai dan Penggunaan yang Intensif

Penggunaan yang intensif juga termasuk penyebab LCD HP rusak. Pasalnya, menggunakan smartphone secara terus-menerus atau pada kecerahan tinggi, dapat mempercepat kerusakan pada layar LCD seiring waktu. Panel LCD dapat mengalami kelelahan atau penurunan kualitas gambar seiring penggunaan jangka panjang.

6. Sering Terkena Air

Penyebab LCD HP rusak lainnya adalah sering terkena air. Jika terkena air, layar LCD HP akan mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan paparan air yang dapat mempengaruhi sensitivitas layar LCD HP. Bila layar HP sering terkena air, sensitivitasnya akan berkurang yang membuat kamu semakin sulit untuk menggerakkannya.

7. Arus listrik yang Tidak Stabil

Penyebab LCD HP rusak selanjutnya adalah aliran listrik yang tidak stabil. Jika kamu menggunakan penggunaan charger KW atau menggunakan charger yang tidak kompatibel, HP kamu akan mengalami aliran listrik yang tidak stabil. Hal ini dapat menyebabkan layar LCD HP kehilangan sensitivitasnya.

Tips agar Layar HP Awet

Setelah mengetahui jenis beberapa penyebab LCD HP rusak, berikut adalah beberapa tips agar layar HP kamu awet dan tidak gampang rusak.

  • Gunakan Screen Protector: Pelindung layar seperti tempered glass dapat membantu melindungi layar dari goresan dan benturan ringan.
  • Gunakan Casing: Pasang casing yang dirancang khusus untuk melindungi HP dapat membantu meredam dampak saat terjatuh dan melindungi layar dari benturan atau kerusakan fisik lainnya.
  • Hindari Kontak dengan Benda Tajam: Hindari menempatkan HP bersama dengan benda-benda seperti kunci, pensil, atau benda tajam lainnya dapat menyebabkan goresan pada layar jika bersentuhan secara langsung.
  • Jauhkan dari Air dan Kelembapan: Hindari menggunakan HP di dekat air atau di lingkungan yang lembap. Air dapat merusak layar dan komponen elektronik di dalam HP.
  • Hindari Suhu Ekstrem: Jauhkan HP dari suhu ekstrem, baik panas maupun dingin yang berlebihan. Suhu yang ekstrim dapat merusak layar atau dapat merusak komponen internal HP.
  • Hindari Tekanan Berlebih: Layar yang terkena tekanan berlebih dapat pecah atau mengalami kerusakan lainnya.

Pentingnya Memiliki Asuransi HP

Asuransi HP memberikan perlindungan tambahan di luar garansi perangkat kamu. Ketika kamu mengalami suatu kejadian yang membuat HP kamu rusak atau hilang maka pihak asuransi akan memberikan ganti rugi. Ada dua jenis asuransi HP yang dapat kamu pilih:

1. Screen Protection

Asuransi screen protection memberikan perlindungan untuk kerusakan yang terjadi pada layar HP kamu. Asuransi ini memberikan perlindungan terhadap kerusakan layar perangkat seluler seperti retak, pecah, atau rusak akibat kecelakaan atau benturan.

Jumlah premi yang harus dibayar dapat bervariasi tergantung pada jenis dan merek perangkat serta harga layar pengganti. Untuk nilai dan kuantitas pertanggungannya sendiri tergantung dari premi yang dipilih. Ada yang hanya meng-cover 1 kali perbaikan, atau bisa juga lebih dari itu.

2. All Risk Protection

All risk protection melindungi perangkat dari segala risiko, mulai dari kerusakan, cacat produksi, hingga kehilangan. Umumnya, pihak asuransi hanya akan memberikan manfaat sebanyak 1 kali selama dalam masa perlindungan. 

Namun, ada juga yang akan meng-cover lebih dari sekali, tergantung paket yang dipilih. Perlu dicatat kalau premi untuk asuransi all risk protection biasanya lebih mahal dibandingkan dengan asuransi screen protection, karena perlindungan yang lebih luas dan komprehensif.

Itulah tujuh penyebab layar LCD HP rusak yang umum dialami pengguna. Jadi, pastikan untuk selalu menjaga HP dengan hati-hati agar meminimalkan risiko kerusakan pada layar HP kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu