Perjalanan Historis: Mengikuti Jejak Perjalanan Terkenal dengan Motor untuk Menaklukkan Dunia

perjalanan historis
Table of Contents

Berawal dari Jerman, sepeda motor pertama kali ditemukan sekitar abad ke-18 terakhir. Kemudian dari tahun ke tahun semakin banyak pabrikan yang mengembangkan mesin motor, dengan berbagai teknologi yang digunakannya menjadikan motor sebagai moda transportasi dunia.

Nah di Indonesia kehadiran sepeda motor sudah memasuki tahap evolusi guna menjawab tuntutan perubahan teknologi yang lebih ramah lingkungan. Maka tak heran di samping motor matic dan bebek sekarang sudah bersanding motor listrik dengan tagline zero emission.

Namun hal tersebut juga tidak menutup bagaimana perjalanan historis yang pernah terjadi. Ada banyak bikers yang mengukir sejarah hingga menciptakan rekor dunia dengan perjalanannya menaklukkan banyak negara di dunia.

Perjalanan Historis: Mengikuti Jejak Perjalanan Terkenal dengan Motor

Melakukan perjalanan dengan motor memang menyenangkan, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Selain bisa menghilangkan stres, perjalanan tersebut juga dapat memperluas jaringan, menambah pengalaman, dan bahkan untuk menyampaikan misi perdamaian di seluruh dunia.

Adapun berikut ini bikers Indonesia yang berhasil menaklukkan dunia, yuk bersama kita mengikuti jejak perjalanan terkenal dengan motor:

Jeffrey Polnaja

Bikers satu ini menghabiskan 5 tahun dihidupnya untuk mengukir pengalaman mengelilingi dunia dengan motor kesayangannya. Selama perjalanan tersebut ia sudah singgah ke 97 negara di dunia dan berkelana hingga menempuh jarak 420.000 km.

Pada aksi tersebut ia menggunakan sepeda motor BMW R1150 GS dan membagi perjalanannya dengan dua etape. Untuk etape pertama ia menggunakan tema “Ride For Peace” yang ia wujudkan di tahun 2006-2008. Ketika itu Kang Jeje melintasi 72 negara yang tersebar di Asia, Afrika hingga Eropa. Ia mengakhiri perjalanannya di Paris, Perancis di tahun 2008.

Kemudian di tahun 2012 ia kembali mengaspal dengan BMW-nya untuk melintasi Eropa, daratan Siberia, Amerika Serikat, barulah menuju ke Asia. Nah di akhir perjalanannya tersebut, pria asal Sunda tersebut memilih tancap gas ke Timor Leste. Selama perjalanannya keliling dunia, ia membawa pesan perdamaian atas nama Indonesia kepada seluruh dunia, khususnya negara yang ia singgahi.

Pada dasarnya ia sangat menggemari dunia otomotif, terutama sepeda motor. Maka dari itu tema “Ride for Peace” ia gaungkan selama perjalanan untuk menunjukkan aksi perdamaian. Karena pada saat itu telah terjadi pengeboman gedung World Trade Centre, Amerika Serikat, 11 September 2001.

Ketika peristiwa tersebut terjadi sang anak bertanya terkait, kenapa harus terjadi tragedy kematian banyak orang, akan tetapi pengeboman tersebut mengatasnamakan perdamaian. Saat pertanyaan tersebut terlontar, ia merenung dan memutuskan bahwasannya ia akan menunjukkan pada dunia bahwa aksi perdamaian bisa dilakukan dengan jalan yang lebih baik dan damai.

Perjalanan keliling dunia yang dilakukan Jeffrey juga bukan tanpa halangan. Ia mengalami banyak sekali rintangan selama perjalanan, bahkan membahayakan nyawanya. Contohnya di Afghanistan, ia diberondong tembakan senjata karena warga lokalnya mencurigai ia sebagai warga Amerika. Beruntungnya ia selamat dn berhasil membuktikan bahwasannya ia orang Indonesia yang datang dengan misi perdamaian.

Kemudian saat di Kazakhstan, Jeffrey mengalami kecelakaan yang cukup parah. Bagaimana tidak, BMW yang ia kendarai menabrak truk kontainer sehingga mengakibatkan tulang tumit kaki kirinya mengalami keretakan. Akhirnya ia dibawa ke Rumah Sakit Republican Research and Center Emergency Medical Center dan dinyatakan bahwa ia harus menghentikan perjalanan selama satu bulan. Namun nyatakan ada keajaiban yang ia rasakan, kakinya sembuh dalam kurun waktu satu minggu.

Tidak berhenti dengan peristiwa tersebut, ia kembali harus menghadapi rintanya di daerah Balochistan, Pakistan. Dimana ia bertemu dengan sopir mobil yang sedang mabuk dan berkendara ugal-ugalan. Untuk melindungi dirinya, ia meloncat dari motor sebelum mobil tersebut menabraknya. Kerusakan motor yang dialaminya cukup parah ditambah tangannya terkilir akibat kejadian naas tersebut. Setelah kendaraannya berfungsi kembali, masih di Pakistan pula ia harus melewati padang pasir gersang dan merasakan panasnya matahari di kulitnya. Namun di balik peristiwa naas yang ia alami, ada banyak cerita manis pula yang terjadi. Salah satunya ia sempat bermalam di Burj Al Arab secara gratis.

Mario Iroth

Lewat Mario Iroth Wheel Story kamu bisa menyaksikan bagaimana perjalanan seorang bikers tersohor di Indonesia yang berawal di tahun 2013 dan berakhir di tahun 2017. Ia memulai perjalannya dengan judul Wheel Story 1 di tahun 2013 hingga edisi ke 5 dengan Wheel Story 5 tahun 2017.

Pria asal Manado ini mampu menjelajahi 40 negara yang ada di Asia, Australia, Afrika hingga Eropa. Perjalanan ini menempuh jarak hingga 104.000 km.

Berbeda dengan misi utama Jeffrey, Mario membawa misi menggaungkan periwisata Indonesia ke mata dunia. Sambil memperkenalkan wisata Indonesia, Mario juga berpetualang menikmati alam dan budaya dari setiap negara yang ia singgahi.

Nah saat Wheel Story 5, ia bertekad untuk mencoba jalur Afrika. Dimana akhirnya ia merasakan bagaimana sensasi berkendara di tengah alam liar Afrika. Yang bisa kamu yakini, sepanjang jalan dia menemukan banyak singa, jerapah, badak dan masih banyak lagi. Setelahnya ia sadar, bahwasannya Afrika tidak semengerikan yang dibayangkan. Penduduk sekitarnya mampu memberikan penyambutan dengan baik untuk Mario.

Lalu apakah Mario tidak menghadapi rintangan? Tentu saja ada banyak tantangan yang harus ia hadapi. Diantaranya saat Wheel Story edisi pertama, ia dibingungkan dengan tidak adanya investor yang mau mendanai perjalanannya. Investor baru ia dapat saat perjalanan Wheel Story edisi kedua dari PT Astra Honda Motor yang berupa motor Honda CRF250 Rally.

Stephen Langitan

Bikers ini juga mengukir sejarah dengan melakukan perjalanan sejauh 27.400 km dari Indonesia ke London, inggris. Ia memulai perjalanan di 25 Maret 2018 dan sampai di London tanggal 17 Agustus 2018.

Pada perjalanan ini Stephen berhasil menaklukkan berbagai medan jalanan yang ada di 22 negara baik yang ada di Asia maupun Eropa. Haling rintang sudah pasti jadi makanan sehari-hari, contohnya saat memasuki Pakistan, ia harus dikawal oleh kepolisian untuk menghindari serangan dari kelompok bersenjata. Di negara ini pula ia harus melewati badai pasir yang sangat deras, bahkan Stephen sempat terjatuh dan terpental dari motornya di negara ini.

Menurut Stephen, siapa pun bisa melakukan perjalanan panjang ini. Yang kamu perlukan hanyalah kelengkapan dokumen seperti visa, paspor, SIM internasional dan kelengkapan dokumen motor Carnet de Passages en Douane. Selain itu selama perjalanan, kamu wajib menaati peraturan lalu lintas yang berlaku di masing-masing negara.

Itulah beberapa perjalanan historis orang Indonesia keliling dunia dengan motornya. Mengikuti jejak perjalanan terkenal dengan motor memang menyenangkan, tapi akan lebih mengesankan jika kamu melakukannya sendiri. Jika tertarik, selain dokumen di atas kamu sebaiknya melengkapi perjalanan dengan Asuransi Motor dari Igloo agar mendapat jaminan perlindungan selama perjalanan. Dan untuk menghindari pembengkakan pengeluaran jika motor mengalami kerusakan selama perjalanan.

Baca Juga : Tips Menghadapi Hutan dan Pegunungan dengan Motor Trail di Wilayah Indonesia

Nah bila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu