Lebih Aman, Ini Perlengkapan Pelindung Pengendara Motor

Table of Contents

Sepeda motor merupakan kendaraan yang gesit ketika berada di jalanan perkotaan. Meskipun begitu kamu tetap harus memperhatikan aturan lalu lintas yang berlaku dan anjuran perlengkapan pelindung yang harus kamu gunakan. Mengingat motor tidak mempunyai komponen yang bisa melindungi pengendara dari matahari maupun air hujan sehingga butuh perlindungan secara eksternal.

Bahkan beberapa perlengkapan wajib kamu gunakan sesuai dengan aturan lalu lintas yang berlaku. Meskipun kamu berkendara jarak dekat, kamu tetap harus menggunakan perlengkapan berkendara. Karena prioritas kita semua adalah keselamatan pengendara.

Nah Igloo telah merangkum berbagai perlengkapan pelindung yang sesuai untuk pengendara motor dan bisa kamu gunakan untuk berkendara jarak jauh maupun dekat.

Macam-Macam Perlengkapan Pelindung Bagi Pengendara Motor

Berikut ini adalah panduan memilih perlengkapan pelindung yang sesuai untuk pengendara motor yang harus kamu gunakan. Lengkapi perlengkapanmu agar selamat hingga ke tujuan.

  1. Helm Standar Nasional Indonesia

Helm Standar Nasional Indonesia atau SNI adalah perlengkapan perlindungan berkendara yang wajib kamu gunakan. Karena perlengkapan ini berguna untuk melindungi kepalamu saat berkendara. Jika kamu tidak menggunakannya maka selain membahayakan keselamatan, kamu juga bisa kena tilang oleh petugas lalu lintas karena melanggar aturan yang berlaku. Dan helm dengan standar nasional lebih dianjurkan karena sudah terjamin kualitasnya, sehingga tidak mudah pecah dan lebih tahan terhadap benturan.

Baca Juga Artikel Lainnya : Fitur-Fitur Inovatif yang Membuat Kamu Terkesan dengan Motor Matic Honda Vario

  1. Masker

Masker juga merupakan perlengkapan berkendara yang harus kamu gunakan untuk menyaring polusi yang masuk ke saluran pernapasan. Selain itu juga bisa melindungi wajah dari berbagai partikel kecil yang mengenai wajah.

  1. Jaket Motor

Jaket merupakan perlengkapan perlindungan berkendara yang banyak digunakan pengendara motor. Apalagi jika jarak tempuhnya cukup jauh, penggunaan jaket tujuannya untuk menghalau terpaan angin yang mengenai tubuh. Karena terpaan angin yang mengenai tubuh secara terus menerus dapat mengganggu kesehatan.

  1. Sarung Tangan

Berikutnya sarung tangan khusus untuk berkendara ada baiknya kamu gunakan untuk melindungi tangan dari terik matahari dan mencegah tangan terluka bila motor terpeleset di perjalanan.

  1. Pakailah Celana Panjang dan Sepatu

Berkendara dengan celana panjang dan sepatu juga memberikan perlindungan lebih saat berkendara. Ada baiknya kamu memakai celana dengan bahan dasar yang tebal dan kuat sehingga apabila kamu terpeleset dan jatuh dapat melindungi bagian kaki. Kemudian penggunaan sepatu safety juga dapat melindungi jari kaki agar bisa terhindarkan dari cedera yang lebih parah.

  1. Pelindung Lutut

Untuk menambah perlindungan pada bagian kaki kamu bisa menggunakan pelindung lutut. Tujuannya untuk menghindari kemungkinan cedera yang terjadi saat kecelakaan kamu alami selama berkendara.

  1. Kacamata

Berikutnya ada baiknya kamu juga menggunakan kacamata, selain masker yang melindungi wajah kamu juga bisa menambahkan kacamata untuk melindungi mata secara menyeluruh. Terutama dari debu dan materi lain yang bisa masuk mata. Selain itu kacamata juga berguna untuk kamu yang bermata minus, sehingga bisa lebih jelas saat melihat jalanan.

Baca Juga Artikel Lainnya : Inilah yang Melakukan Perjalanan Spiritual dengan Motor Hingga Mekkah

  1. P3K Motor

Jika kamu sedang melakukan perjalanan jauh jangan lupa melengkapi motor dengan P3K. Perlengkapan ini akan sangat berguna saat kondisimu menurun saat berkendara. Bisa jadi disebabkan kelelahan, cuaca, terlalu banyak angin yang masuk tubuh, atau bahkan karena makanan yang masuk ke tubuh tidak sehat. Oleh karena itu lengkapi motormu dengan P3K dengan isi Paracetamol, kasa pembalut, plester, Rivanol, minyak kayu putih dan sebagainya.

  1. Pelindung Dada

Pelindung dada juga tidak kalah penting untuk kamu gunakan saat berkendara. Meskipun kamu sudah menggunakan jaket akan tetapi pelindung dada ini akan memberikan bantalan yang tebal sehingga angin tidak bisa masuk ke tubuh secara langsung.

  1. Pelindung Siku

Berikutnya ada pelindung siku, saat berkendara jarak jauh pelindung siku juga sangat dibutuhkan untuk mencegah cedera pada siku dan tangan saat kecelakaan terjadi. Gunakan pelindung siku yng simple dan kuat sehingga bisa maksimal dalam melindungi siku kamu saat berkendara.

Itulah penjelasan terkait panduan memilih perlengkapan pelindung yang sesuai untuk pengendara motor. Dengan menggunakan berbagai perlengkapan pelindung di atas kamu akan lebih tenang dan aman saat berkendara jauh. Nah selain perlengkapan di atas kamu juga bisa menambahkan pelindung bagi motor kamu dengan menyediakan Asuransi Motor dari Igloo.

Dengan asuransi dari Igloo, kamu bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman tanpa khawatir kondisi darurat terjadi di tengah perjalanan.

Bila tertarik dan kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu