Catat! Inilah 9 Tips Persiapan ke Luar Negeri Bagi Traveller

persiapan ke luar negeri
Table of Contents

Melakukan perjalanan ke luar negeri pastinya membutuhkan persiapan yang lebih banyak ketimbang perjalanan di dalam negeri. Agar perjalanan di luar negeri dapat menjadi perjalanan yang berkesan dan menyenangkan, kamu harus memastikan persiapan ke luar negeri dengan baik.   

Berikut ini Igloo akan menjelaskan apa saja persiapan ke luar negeri yang wajib kamu ketahui. Pastikan tiap poinnya kamu simak dengan baik ya.

Tips Persiapan ke Luar Negeri

Tips Persiapan ke Luar Negeri

1. Paspor Asli dan Fotokopi

Paspor adalah dokumen paling utama dan penting yang harus kamu miliki ketika kamu sedang melancong ke negeri orang. Paspor bisa diibaratkan sebagai kartu identitas diri kita yang berlaku di negara lain. Lain halnya dengan kartu identitas jika sedang ada di negara sendiri.

Misalnya di Indonesia, kamu bisa menggunakan kartu identitas lainnya seperti Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) jika kamu masih aktif sebagai mahasiswa, (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), atau Kartu Keluarga (KK) yang bisa sebagai alternatif pengganti jika kamu tidak membawa KTP.

Kamu juga perlu memiliki fotokopi paspor, ini merupakan langkah antisipasi jika kamu kehilangan paspor asli ketika sedang berada di luar negeri. Perlu adanya langkah antisipasi karena jika kamu kehilangan paspor, kamu akan kesulitan untuk melakukan perjalanan pulang ke tanah air.

Fotokopi ini nantinya akan berguna sebagai dokumen cadangan jika kamu kehilangan paspor dan syarat untuk mendapatkan SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor).

SPLP dikeluarkan oleh pihak KBRI ketika ada warga negaranya yang kehilangan paspor. Dengan SPLP ini, kamu tetap bisa kembali ke Indonesia jika paspor hilang.

2. Visa

Visa

Visa menjadi hal yang wajib juga kamu persiapkan. Visa adalah izin untuk memasuki sebuah negara. Untuk saat ini memang ada beberapa negara yang membebaskan visa, sehingga wisatawan asing tidak perlu membawa visa. Negara tersebut antara lain Brunei, Filipina, Jepang, Makau.

Oleh karena itu, sebelum pergi sebaiknya kamu mencari tahu informasi yang berkaitan dengan pembuatan Visa. Mulai dari biaya, hingga dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan.

3. Tukarlah Uang Secukupnya

Kamu perlu menukarkan rupiah ke mata uang asing, namun tidak perlu terlalu banyak. Tukarkan uang rupiah secukupnya. Memiliki mata uang asing bisa memudahkan untuk melakukan transaksi pembayaran misalnya ketika kamu dalam kondisi terburu-buru.

4. Obat-obat Pribadi

Obat-obat Pribadi

Berkunjung ke negara yang memiliki perbedaan suhu dan cuaca dari negara asal yang ekstrem, membuat badan seringkali terasa sakit karena ketahanan tubuh menurun. Misalnya kamu menyiapkan obat demam, diare, dan lainnya.

Obat diare terbilang penting sebagai antisipasi jika kamu terserang diare karena makanan yang dikonsumsi tidak cocok dengan perutmu.

5. Memiliki Asuransi Perjalanan

Disarankan untuk memiliki asuransi perjalanan yang nantinya akan berguna sebagai perlindungan diri jika kemungkinan terjadi berbagai resiko dan kejadian yang tidak diinginkan selama kamu melakukan perjalanan ke luar negeri.

Asuransi perjalanan membuatmu berpikir hanya menambah biaya, padahal kamu ingin mendapatkan pengalaman liburan ke luar negeri dengan biaya murah khususnya para backpacker.

Tapi kamu harus tahu bahwa asuransi perjalanan ini sangat berguna nantinya. Kamu harus memilih perusahaan asuransi dengan hati-hati, dan pilihlah perusahaan asuransi yang terbaik.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tempat Wisata Singapura yang Wajib Dikunjungi

6. Lakukan Vaksin

Kamu perlu melakukan vaksin jika sedang pergi ke negara yang mungkin sedang terserang virus epidemi. Jika kamu harus pergi ke negara tersebut, pastikan kamu mendapatkan perawatan pencegahan yang tepat.

Ada beberapa negara yang mewajibkan wisatawan atau pengunjung dari luar negaranya untuk melakukan vaksinasi. Misalnya saja kamu akan pergi ke Arab Saudi maka kamu wajib vaksin meningokokus, agar kamu terhindar dari penyakit meningitis (radang selaput otak).

7. Sim Card

Sim Card

Komunikasi adalah hal yang sangat penting, apalagi ketika kamu sedang berada jauh dari negara asalmu. Saat kamu sampai di bandara tujuan, biasanya ada yang menyediakan sim card lokal.

Atau alternatif lain kamu bisa membeli sim card yang bisa digunakan di seluruh dunia. Seperti yang ditawarkan oleh AT&T, perusahaan internasional dalam bidang telekomunikasi yang ada di San Antonio, Texas, Amerika Serikat.

8. Siapkan Juga Biaya Masuk dan Keluar Negara

Selain visa, kamu perlu menyiapkan biaya masuk dan keluar negara yang kamu kunjungi. Misalnya Filipina yang menerapkan sistem ini.

Turis akan dikenai biaya peninggalan negara tersebut sekitar PHP 750 (jika dari Manila), dan PHP 400 (jika dari Cebu). Tak hanya Filipina saja, ada beberapa negara lain yang memberlakukan sistem ini.

Biaya ini tidak termasuk ke dalam biaya tiket, jadi sangat penting untuk kamu memeriksa apakah negara tujuanmu menggunakan sistem tersebut.

Dan jangan lupa memasukan budget biaya masuk dan keluar negara ke anggaran.

Baca Juga: Cara Mengajukan Visa Waiver ke Jepang dan Syaratnya

9. Siapkan Rencana Perjalanan

Melakukan perjalanan tanpa tujuan destinasi tempat yang spesifik mungkin akan membuat sebagian orang merasa lebih nyaman dan menikmati perjalanan. Tapi sebaiknya kamu tetap mempersiapkan rencana perjalanan.

Karena ada beragam informasi yang mungkin kamu butuhkan, misal menyewa rental motor dan tempat-tempat lainnya yang membuat perjalananmu di luar negeri lebih nyaman.

Itulah informasi mengenai persiapan ke luar negeri yang perlu kamu ketahui dan pahami dengan baik. Dengan persiapan yang baik, tentunya akan memberikan pengalaman perjalanan lebih mengesankan dan teratur. 

Agar perjalanan ke luar negeri kamu semakin aman dan nyaman, maka memiliki asuransi perjalan terbaik dari Igloo adalah suatu hal yang harus kamu segera kamu miliki.

Untuk melakukan pembelian asuransi perjalanan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Perjalanan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-perjalanan
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis perjalanan yang diinginkan
  4. Masukan informasi perjalann kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai produk asuransi lainnya, termasuk Asuransi Kesehatan untuk melindungi kamu dan keluarga dari biaya medis yang tidak terduga, Asuransi Mobil dan Asuransi Motor untuk melindungi kendaraan berharga, serta Asuransi Hewan Peliharaan untuk memberikan perawatan terbaik bagi teman berbulu kamu.

Semoga artikel tentang persiapan ke luar negeri dari Igloo kali ini bermanfaat untuk kamu mendapatkan perjalanan ke luar negeri yang paling terbaik.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu