Tiba-Tiba Mobil Tidak Bisa Diremote, Ini Tanda Baterai Remote Mobil Habis

baterai remote mobil
Table of Contents

Pada mobil keluaran terbaru atau beberapa tahun terakhir, remote mobil mempunyai peran penting untuk mengunci dari jarak jauh. Bahkan pada mobil yang sudah keyless, remote menjadi perangkat penting yang tidak boleh tertinggal.

Remote mobil mendapatkan sumber energi dari baterai, nah penggunaannya yang intens tentu bisa menghabiskan energi dan mengakibatkan dayanya menjadi lemah atau tidak berfungsi sama sekali. Kalau hal ini kamu alami, cobalah untuk jangan panik dan pastikan kendaraan terparkir di tempat yang aman.

Ada banyak tanda baterai remote mobil habis yang bisa kamu tahu sebelum baterai benar-benar habis. Di bawah ini, Igloo telah merangkum berbagai penyebab remote mobil tidak berfungsi dan berbagai tanda baterai remote mobil habis sehingga perlu diganti.

Inilah Sebab Remote Mobil Tidak Berfungsi

Mobil yang sudah keyless atau yang sudah menggunakan remote mobil harus sering-sering kita cek kinerjanya. Apalagi jika mobil tersebut berusia lebih dari satu tahun penggunaan. Maka wajib bagi kamu untuk mengecek daya dari baterainya.

Cara paling mudah untuk menghadapi kondisi ini adalah dengan membawa remote mobil cadangan. Hanya saja pasti sangat merepotkan, apalagi jika hilang atau kamu lupa menaruh keduanya.

Nah sebelum kita mengenali tanda baterai remote mobil habis, kita bahas terlebih dahulu sebab-sebab remote mobil tidak berfungsi:

  • Baterai Remote Mobil Habis

Saat baterai habis, remote mobil tentu saja tidak akan berfungsi. Maka kamu harus menandai waktu terakhir kali kamu mengganti baterai. Secara umum, baterai pada remote mobil hanya bertahan 1-2 tahun tergantung pemakaian dan cara pakainya.

  • Kontak Internal pada Remote Mengalami Kerusakan

Apabila sudah kamu ganti baterai tapi remote belum juga berfungsi maksimal, maka coba cek kontak internalnya. Bisa jadi komponen tersebut sudah aus sehingga perlu diperbarui. Yang perlu kamu ingat, komponen ini satu kesatuan dengan remote sehingga tidak bisa dibeli secara terpisah.

  • Kabel Remote Bermasalah

Jika kedua komponen di atas tidak masalah, maka lanjutkan pengecekan pada kabel yang terdapat pada remote. Bisa jadi kabel terputus, terlepas ataupun terbakar sehingga terjadi korslet dan remote pun menjadi tidak berfungsi.

  • Kegagalan Program

Remote tidak berfungsi juga bisa karena kegagalan program. Ingat, remote sudah diprogram hanya untuk kendaraan kamu dan ini sangat berkaitan dengan keamanan mobil. Tapi tak jarang remote mobil mengalami kesalahan pemrograman sehingga tidak bisa menjalankan perintah darimu. Jika ini yang terjadi maka kunjungi bengkel resminya untuk perbaikan remote.

  • Remote Sering Jatuh

Tahukah kamu seringkali menjatuhkan remote mobil juga bisa membuatnya kurang berfungsi? Remote yang sering jatuh akan mengalami kerusakan dan gangguan di sistem remotenya sehingga remote akan sudah mengirim sinyal kepada sistem mobil.

Berbagai Tanda Baterai Remote Mobil Habis

Remote mobil yang kehabisan baterai mengeluarkan berbagai tanda. Secara umum, remote yang habis baterai maka fungsinya akan melemah. Selain itu, apa lagi tanda baterai remote mobil habis dan harus diganti?

  • Indikator Mobil tidak Berfungsi atau Mati

Indikator kunci mobil pada dasarnya hanya menunjukkan bahwa kunci jarak jauh tersebut sedang kamu gunakan. Namun, indikator ini tetap bisa menjadi petunjuk bahwa baterai remote akan habis dan tidak berfungsi.

  • Sudah Tidak Responsif

Remote mobil ketika kamu gunakan dan sudah kurang responsive makan itulah tanda baterai remote mobil habis. Misal kamu menekan buka kunci sekali dan ternyata mobil belum kunjung terbuka secara otomatis dan kamu perlu menekan buka kunci lagi baru mobil terbuka. Hal tersebut bisa kamu jadikan pertanda kalau baterai akan habis.

  • Jarak Jangkauan Remote Berkurang

Remote secara umum akan memancarkan sinyal melewati frekuensi tertentu. Jika kondisi baterai bagus maka remote mobil bisa kamu fungsikan dari jarak 20 meter. Sedangkan jika sudah melemah, maka jangkauannya kurang dari 20 meter.

  • Lampu Remote Mobil Tidak Menyala

Setiap kali kamu menekan remote mobil, lampu merah akan menyala. Dan itu tanda bahwa remote berfungsi normal. Berbeda lagi jika warna merah tidak muncul atau redup maka bisa kamu pastikan bahwa daya baterainya lemah atau habis.

Tanda-tanda baterai remote mobil habis di atas bisa kamu jadikan patokan untuk segera mengganti baterai agar mobil tidak menjadi masalah. Nah jika kamu bingung bagaimana cara menggantinya, berikut ulasannya.

Baca Juga : 5 Cara Menghaluskan Mobil Bising Saat Melintas di Pemukiman

Cara Mengganti Baterai Remote Mobil yang Habis

Baterai remote mobil bisa kamu ganti sendiri di rumah. Kamu hanya perlu membeli baterai di toko aksesoris mobil dan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Gunakan Alat Pembuka Remote

Jangan membuka remote secara paksa, gunakan peralatan yang sesuai standar. Kamu bisa menyiapkan obeng dengan ukuran baut plus. Atau kamu bisa menggunakan pinset dan pisau kecil untuk melepas tutup baterai.

  • Bukalah Cangkang Remote Lewat Bagian Baut

Lepaskan satu per satu baut yang mengikat cangkang remote menggunakan remote. Jika sudah lepas, pakailah obeng yang ujungnya pipih untuk mencongkel perlahan tutup baterai. Khusus remote yang sudah menggunakan slide body kamu tidak perlu mencongkelnya.

  • Siapkan Baterai

Belilah baterai yang sesuai dengan remote mobilmu, secara tipe dan voltasenya. Dengan begitu remote mobil bisa awet dan berbagai komponennya berfungsi optimal.

  • Masukkan Baterai

Jika tempat baterai sudah terbuka dan baterai mobil sudah siap, maka langsung lanjut dengan proses memasukkan baterai. Jika terlalu susah, maka kamu bisa menggunakan pinset untuk memasang baterai baru dan mengambil yang lama. Usahakan tidak terbalik pemasangannya agar remote berfungsi optimal. Dan tetap berhati-hati karena pada mobil keyless, remote sudah terintegrasi dengan sistem immobilizer.

  • Kembalikan Tutup Remote Mobil

Apabila baterai sudah terpasang maka tutup kembali remotenya agar baterai tidak terlepas. Pastikan juga tidak ada komponen remote yang tertinggal.

  • Cek Fungsi Remote Mobil

Selesai pemasangan baterai baru, cobalah cek fungsinya. Apabila kamu tekan semua tombolnya dan responsive maka seluruh fungsinya sudah bekerja normal kembali.

Nah itulah tadi beberapa informasi terkait tanda baterai remote mobil habis dan cara penggantiannya. Bila masih bermasalah, kamu bisa membawanya ke bengkel rekanan asuransi mobil yang kamu punya untuk memperbaiki fungsinya.

Igloo menyediakan asuransi mobil terbaik dengan berbagai polis dan manfaat pertanggungan. Untuk membeli asuransi mobil di Igloo cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau lewat kartu kredit.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu