11 Tips Aman dan Nyaman untuk Backpacking di Luar Negeri Bagi Kamu yang Clueless

Tips Aman dan Nyaman untuk Backpacking di Luar Negeri
Table of Contents

Setelah puas berpetualang di negeri sendiri, apakah kamu tidak berencana backpacking ke luar negeri? Luar negeri juga mempunyai keunikan tersendiri sama seperti Indonesia. Dengan topografi dan iklim yang berbeda tentu menghasilkan berbagai hal menarik untuk dilihat.

Bagi kamu yang belum pernah backpacking ke luar negeri dan ingin mencobanya, kamu tidak bisa sembarangan berangkat. Ada berbagai persiapan yang harus kamu lakukan sebelum berangkat, apalagi jika kamu ingin jadi backpacker.

Menjadi backpacker pemula yang masih clueless dengan berbagai persiapan yang diperlukan tentu cukup mengkhawatirkan. Nah disini Igloo akan memberikan berbagai tips aman dan nyaman untuk backpacking di luar negeri. Dengan langkah tersebut pengalaman backpacking yang kamu lakukan tentu akan lebih berkesan dan nagih untuk diulang kembali.

Tips Aman dan Nyaman untuk Backpacking di Luar Negeri

Sekarang sedang trennya backpacker, bukan hanya tujuan keliling Indonesia akan tetapi ke luar negeri juga bisa kamu lakukan dengan mode backpacking. Nah sebelum melakukannya, berikut ini tips aman dan nyaman untuk backpacking di luar negeri:

  • Cek dan Pesan Tiket dari Jauh-Jauh Hari

Jika kamu sudah berencana untuk pergi ke luar negeri secara backpacking, maka kamu harus rajin cek harga tiket pesawat. Harga yang terjangkau bisa kamu dapat apabila memesan tiket jauh-jauh hari.

Selain harga yang lebih terjangkau kamu juga berkesempatan mengikuti promo atau diskon yang ditawarkan platform pembelian tiket pesawat. Dan jangan lupa perhatikan kapan waktu liburan karena pada saat itu akan masuk fase high season.

  • Pilih Akomodasi yang Cocok di Kantong

Pilih akomodasi yang sederhana dan cocok dengan kantong. Di luar negeri kamu bisa memilih homestay atau penginapan yang murah meriah untuk sekedar istirahat.

Karena jika backpackeran kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar untuk mengeksplor tempat-tempat yang belum dikunjungi. Sehingga menginap di tempat yang sederhana bukan jadi sebuah masalah.

  • Manfaatkan Money Changer di Indonesia

Agar backpacking lebih nyaman coba lakukan penukaran uang di Indonesia saja. Kamu harus sudah bisa memperkirakan uang yang kamu tukarkan, untuk jumlahnya secukupnya saja. Cukup untuk membeli makan dan kebutuhan penting lainnya.

  • Buat Itinerary Sebelum Berangkat

Agar perjalanan di luar negeri lebih maksimal sebaiknya susun itinerary yang detail sebelum berangkat. Kamu sudah harus melakukan riset tempat wisata atau spot cantik yang akan kamu kunjungi.

Selain itu, pastikan pula harga tiket masuknya, jam operasional dan sebagainya. Hal tersebut akan membuat rencana liburanmu lebih menyenangkan meskipun kamu lakukan ala backpacker.

Dengan itinerary kamu sebenarnya juga sedang memperkirakan uang yang akan kamu pergunakan. Jangan lupa juga cek rute perjalanan, hal seperti ini sudah harus jelas di itinerary yang kamu buat. Agar tidak buang-buang waktu dan uang.

  • Siapkan Dokumen Perjalanan Jauh-Jauh Hari

Berkunjung ke negara orang kamu juga perlu menyiapkan banyak dokumen penting. Diantaranya paspor dan visa bila diperlukan. Dokumen ini berlaku sebagai identitasmu ketika berada di negara lain, dengan dokumen yang lengkap tentu kamu akan mendapatkan izin yang mudah untuk memasuki sebuah negara.

  • Bawa Bekal Makanan Secukupnya

Dalam konsep backpacker, maka barang yang kamu bawa juga terbatas sehingga bawa bekal makanan secukupnya. Kamu bisa mendapatkan banyak variasi makanan baru yang bisa kamu coba di negara lain. Hanya saja tetap pastikan kehalalannya yaa.

  • Simpan Kontak Telepon Darurat

Saat traveling ke luar negeri, penting bagi kamu untuk menyimpan berbagai kontak telepon darurat. Seperti emergency rumah sakit, KBRI, polisi dan pihak asuransi perjalanan yang kamu gunakan. Ini adalah bentuk antisipasi yang perlu kamu persiapkan untuk kondisi darurat.

  • Persiapkan Softcopy Dokumen Penting

Di samping dokumen asli, saat backpacker ke luar negeri kamu juga harus siap salinan dokumen penting. Hal tersebut sangat dibutuhkan bila terjadi kehilangan barang.

Simpan softcopy di ponsel atau drive yang bisa kamu akses secara online.

  • Bawa Baju Secukupnya

Sebagai backpacker kamu harus bisa memaksimalkan fungsi tas, sehingga cukup membawa pakaian penting saja karena kapasitas tas juga terbatas. Untuk baju siapkan beberapa baju berwarna netral yang mudah kamu padankan. Selain itu sesuaikan dengan iklim dan suhu di negara yang kamu kunjungi, jangan sampai kamu salah kostum.

  • Bawa Obat-Obatan dan Barang Penting

Di dalam tas usahakan juga terdapat obat-obatan yang kamu butuhkan selama perjalanan. Selain obat kamu juga perlu membawa botol air minum sendiri, cara ini akan lebih hemat budget daripada harus beli botol sekali minum.

  • Tentukan Budget Liburan ke Luar Negeri

Seorang backpacker juga wajib menetapkan budget pengeluaran untuk liburan. Dengan alokasi budget yang tepat kamu bisa mengontrol keuangan dengan baik.

Nah harapannya dengan budget tersebut kamu bisa memilih akomodasi, tempat wisata, rute perjalanan liburan, lama liburan bahkan makanan yang kamu makan selama di negara tersebut.

Artikel Lainnya : Mengenal Destinasi Eco-Tourism: Memelihara Alam Sambil Menikmati Keindahannya

Itulah tadi berbagai tips aman dan nyaman untuk backpacking di luar negeri. Nah agar lebih aman dan nyaman kamu juga bisa melengkapi perjalanan backpacking-mu dengan asuransi perjalanan dari Igloo.

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu