Biar Berkendara Lebih Nyaman Inilah Tips Membersihkan dan Merawat Interior dengan Baik

merawat interior mobil
Table of Contents

Mobil merupakan sebuah moda transportasi yang nyaman, apabila kamu bisa merawatnya dengan baik. Mengendarainya saja tanpa merawat interior maupun eksterior mobil bisa mengurangi tingkat kenyamanan yang kamu rasakan. Oleh karena itu, kamu wajib menjadwalkan pembersihan dan perawatan mobil terutama interiornya.

Apabila interior mobil bersih dan terawatt, maka pengemudi dan penumpang yang masuk ke mobilmu akan betah selama perjalanan dan terhindar dari mabuk perjalanan. Nah daripada kamu pergi ke salon mobil untuk perawatan dan membersihkan mobil kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

Nah berikut ini Igloo telah merangkum terkait tips membersihkan dan merawat interior dengan baik sebagai upaya menjaga kebersihan interior mobil yang kamu miliki.

Tips Membersihkan dan Merawat Interior dengan Baik

Interior mobil merupakan bagian dalam kabin mobil yang mencakup banyak komponen, fitur, dan permukaan. Dimana interior dirancang untuk bisa memberikan kenyamanan, meningkatkan nilai estetika, fungsionalitas bagi kamu pengemudi dan penumpang mobil.

Di samping eksterior, interior mobil amat sangat penting kebersihannya sehingga harus dibersihkan secara rutin. Karena besar kemungkinan banyak debu dan kotoran tidak terlihat yang sudah mengontaminasi jok mobil, karpet dan sela-sela interior mobil.

Berikut ini tips membersihkan dan merawat interior dengan baik pada mobil kesayanganmu:

  1. Bersihkan Plafon Mobil

Plafon mobil biasanya terdiri dari beludru atau fabric (kain), dimana masing-masingnya membutuhkan perawatan yang berbeda. Misalnya plafon mobil kamu menggunakan bahan jenis fabric maka kamu membutuhkan pembersih interior khusus untuk membersihkannya.

Untuk pengaplikasiannya kamu tidak bisa langsung spray pada permukaan plafon, akan tetapi spray pada kain halus terlebih dahulu. Gosok secara pelan untuk menghilangkan kotoran yang membandel di plafon mobil. Sedangkan jika plafon memakai bahan beludru, maka kamu harus membasahi plafon dengan air dan gosok pelan hingga kotoran hilang.

  1. Perawatan jok mobil

Jok mobil merupakan spot krusial yang harus kamu bersihkan secara rutin. Cara pembersihannya bisa kamu sesuaikan dengan bahan jok mobil itu sendiri. Biasanya untuk membersihkan debu kering kamu bisa menggunakan kemoceng dan untuk area yang tidak bisa dijangkau kamu bisa menggunakan mesin vacuum agar lebih optimal.

Jika terdapat noda yang tidak bisa hilang saat di vacuum, maka kamu bisa membersihkannya dengan cairan sabun lalu menggosoknya perlahan dan keringkan. Metode ini bisa kamu lakukan pada jok mobil yang menggunakan lapisan vinyl. Untuk bahan lain seperti jok kulit kamu wajib menggunakan cairan pembersih khusus yang dianjurkan.

  1. Membersihkan dashboard

Di samping jok mobil, kamu juga harus membersihkan bagian dashboard. Gunakan cairan pembersih khusus permukaan dashboard untuk membersihkannya dari noda membandel dan untuk hasil yang mengkilap. Atau jika hanya debu, kamu bisa menggunakan kemoceng untuk membersihkannya dari debu yang menumpuk pada dashboard.

  1. Bersihkan kaca jendela

Berikutnya bersihkan kaca jendela baik bagian dalam atau luar, lakukan setiap kali akan pergi atau setelah mobil terkena air hujan. Air hujan yang menempel pada kaca mobil dapat memicu tumbuhnya jamur yang merusak permukaan kaca. Dan kotoran atau debu yang menempel pada kaca dapat menggores permukaan kaca mobil sehingga dapat mengganggu jarak pandang mata.

  1. Bersihkan karpet

Area bawah yang digunakan untuk pijakan kaki biasanya sangat rentan akan kotoran. Sehingga harus kamu bersihkan rutin, terutama disaat musim penghujan. Untuk membersihkannya kamu cukup mengeluarkannya dari mobil dan mencuci bersih permukannya. Kamu bisa menggunakan sabun cuci, sikat gigi, dan mesin vacuum untuk membersihkannya.

  1. Bersihkan lubang ventilasi

Pastikan selalu membersihkan lubang ventilasi AC agar terhindar dari penyebaran virus dan bakteri. Kamu bisa menggunakan kemoceng, kanebo basah, atau cairan pembersih AC khusus. Cara ini akan memperbaiki sirkulasi udara yang masuk lewat AC menjadi lebih sejuk dan bersih.

  1. Sediakan tempat sampah kecil untuk di dalam mobil

Untuk menjaga kebersihan mobil kamu juga bisa menyediakan tempat sampah kecil. Sehingga bungkus makanan atau sampah yang kamu buang di dalam mobil tidak akan berserakan. Dan kabin pun akan terorganisir dengan baik, rapi dan bebas dari bau.

  1. Sediakan pengharum mobil yang netral

Setelah kamu bersihkan interiornya, kamu bisa menambahkan pengharum mobil untuk menetralkan bau apek atau keringat yang tercium. Mobil yang bebas bau akan menghindarkan kamu dari kemungkinan mabuk perjalanan.

  1. Berikan lapisan lantai mobil yang mudah dibersihkan

Gunakan alas karpet yang mudah bersihkan. Terutama dari kotoran seperti air, sisa makanan, pasir dan sampah lainnya. Contoh alas karpet yang mudah dibersihkan dan paling efisien adalah karpet yang terbuat dari karet sintetis.

Itulah beberapa tips membersihkan dan merawat interior dengan baik sehingga terbebas dari virus, bakteri, bau dan sampah lainnya. Bila kotoran terlalu membandel pada berbagai spot ada baiknya kamu bawa langsung ke salon mobil untuk mendapatkan pembersihan secara menyeluruh. Meskipun akhirnya kamu harus menyediakan budget untuk menikmati fasilitas ini.

Nah agar lebih maksimal lagi perawatan mobil yang kamu dapatkan kamu bisa memanfaatkan Asuransi Mobil dari Igloo. Dengan jaminan pertambahan perawatan mobil kamu bisa terbebas dari biaya perawatan mobil yang mahal harganya.

Baca Juga : Daftar Tempat Rental Mobil Di Jogja, Biar Keliling Kota Makin Gampang!

Jika kamu tertarik dengan Asuransi Mobil Igloo kamu bisa membelinya dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau virtual accounts.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu