tips merawat mobil untuk pemula

10 Tips Merawat Mobil untuk Pemula, Bikin Panjang Umur!

Table of Contents

Tips merawat mobil yang baik dan benar diperhatikan oleh setiap pemilik mobil, terutama untuk pemula. Hal ini dilakukan agar performa mobil, terutama mesinnya, dapat tetap terjaga dengan baik.

Jika mobil tidak terawat dengan baik,  ada kemungkinan kalau komponen-komponen mesin akan mengalami penurunan performa, mengakibatkan kinerja mesin menjadi kurang optimal. Bahkan, masalah kecil yang tidak segera ditangani dapat berkembang menjadi kerusakan yang lebih serius dan memerlukan biaya servis yang lebih besar.

Untuk meningkatkan masa pakai mobil kamu, mari kita cari tahu bersama tips merawat mobil bagi pemula yang sudah Blog Igloo rangkum di bawah ini!

Mengapa Merawat Mobil itu Penting?

Mengapa Merawat Mobil itu Penting?

Mobil memerlukan perawatan rutin, terutama jika digunakan setiap hari untuk mendukung kegiatan sehari-hari kamu. Bahkan, mobil yang tidak digunakan setiap hari juga memerlukan perawatan rutin, lho. Melakukan perawatan mobil tidak hanya meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat dikendarai, tetapi juga dapat memperpanjang umur kendaraan.

Perlu diingat bahwa melakukan perawatan pada mobil memiliki banyak manfaat. Selain menjaga kondisi mobil tetap prima, hal ini juga dapat meningkatkan nilai jualnya di pasar karena memiliki catatan perawatan yang baik, memberikan nilai tambah bagi calon pembeli.

Melakukan perawatan mobil memungkinkan kita untuk secara rutin memantau kondisi keseluruhan kendaraan. Jika ditemukan komponen yang rusak, kita dapat segera menggantinya untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah.

Tanpa melakukan perawatan, sulit untuk memastikan bahwa kendaraan berada dalam kondisi prima. Hal ini dapat menimbulkan potensi masalah atau kerusakan yang sulit untuk diantisipasi atau dideteksi sejak awal. Selain itu, kebiasaan buruk ini juga dapat mengakibatkan sulitnya melakukan klaim garansi jika terjadi kerusakan.

Melakukan perawatan mobil juga memungkinkan untuk mendeteksi masalah sejak dini, sehingga langkah perbaikan dapat segera diambil. Hal ini membantu mengurangi risiko biaya yang lebih besar karena mencegah kerusakan semakin parah.

Baca Juga: Asuransi Mobil Banjir: Pengertian, dan Cara Klaimnya

Tips/Cara Merawat Mobil untuk Pemula

1. Memanaskan Mesin Mobil Sebelum Menggunakannya

Tips merawat mobil untuk pemula yang pertama adalah memanaskan mesin secara rutin. Walaupun mobil kamu jarang digunakan, disarankan untuk melakukan tips ini setidaknya 3 kali dalam satu minggu. Saat memanaskan mobil, pastikan transmisi berada dalam posisi netral, dan pastikan AC mobil tidak nyala.

Melakukan pemanasan mobil secara teratur dapat menjaga kualitas oli. Dengan cara ini, oli dalam mobil tidak akan mengendap dan tetap menjaga pelumasan optimal pada setiap komponen mesin, sehingga risiko kerusakan pada mesin dapat diminimalkan.

2. Rutin Mengganti Oli

Rutin Mengganti Oli

Fungsi utama oli adalah memberikan pelumasan pada mesin dan mencegah gesekan berlebihan antar komponen. Oleh karena itu, mengganti oli secara teratur sangat penting untuk menjaga kinerja mesin.

3. Cek Kondisi Cairan dalam Mobil

Selain memeriksa kondisi oli secara rutin, penting juga untuk memeriksa cairan-cairan lain di dalam mobil. Ini mencakup air radiator, minyak rem, reservoir tank, air wiper, dan lain-lain. Pastikan semua cairan tersebut terisi sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

4. Cek Air Radiator

Ketersediaan air radiator dalam jumlah yang memadai sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil sesuai standar. Kurangnya atau kehabisan air radiator dapat menyebabkan mesin mobil mengalami overheat, bahkan mungkin menyebabkan mobil mati mendadak selama perjalanan.

5. Cek Sistem Rem

Tips merawat mobil untuk pemula selanjutnya adalah memeriksa sistem rem secara rutin. Pastikan bahwa sistem rem mobil berfungsi optimal untuk menjamin keamanan selama berkendara. Selain itu, lakukan pemeriksaan terhadap kondisi minyak rem pada mobil.

6. Cek Ban Mobil

Selalu pastikan untuk memeriksa tekanan udara pada ban mobil secara teratur. Hal ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan dan keamanan selama berkendara, tetapi juga merupakan faktor penting untuk mempertahankan umur pakai ban.

Tekanan ban yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat memiliki dampak serius pada berbagai bagian mesin. Selain dapat menyebabkan masalah pada mesin, konsumsi bahan bakar mobil juga dapat menjadi tidak efisien karena mesin harus bekerja lebih keras untuk menjaga performa mobil dalam kondisi optimal.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merk Ban Mobil untuk Jalanan di Indonesia

7. Jaga Kebersihan Mobil

Jaga Kebersihan Mobil

Selain menjaga performa, kebersihan mobil juga perlu diperhatikan. Kamu dapat membersihkan debu dan kotoran secara teratur dengan menggunakan vacuum dan lap bersih. Pastikan untuk membersihkan jok, karpet, dan bagian dalam mobil secara menyeluruh.

Pastikan juga untuk mencuci mobil secara rutin untuk menghilangkan kotoran dan sisa debu yang berpotensi merusak cat. Saat mengeringkan mobil, pastikan semua bagian mobil kering sepenuhnya, sehingga tidak ada area yang lembap yang dapat menjadi tempat jamur bertumbuh.

8. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Memilih jenis bahan bakar yang sesuai juga merupakan tips merawat mobil yang penting untuk diperhatikan pemula. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dapat mengakibatkan penurunan performa mesin dan bahkan merusak sistem bahan bakar, sangat penting untuk memastikan bahwa kamu menggunakan bahan bakar yang direkomendasikan oleh pabrik.

Pastikan tangki bahan bakar selalu terisi penuh untuk menghindari adanya ruang kosong di dalam tangki yang dapat memungkinkan masuknya udara. Mobil yang dibiarkan dalam keadaan banyak udara di dalam tangki bensin saat tidak digunakan dalam waktu lama dapat menyebabkan kondensasi dan munculnya embun.

Situasi tersebut dapat memicu terbentuknya karat di dalam tangki bahan bakar mobil. Lebih parahnya lagi, tangki bahan bakar yang terkena karat dapat menyebabkan terjadinya kebocoran.

9. Cek Aki

Pastikan untuk secara teratur memeriksa kondisi aki mobil dan menjaga performanya dengan baik. Aki berfungsi untuk menyediakan daya listrik yang diperlukan untuk menghidupkan mesin.  Jika aki bermasalah, mobil akan sulit atau bahkan tidak dapat dinyalakan sama sekali.

10. Servis Mobil secara Rutin

Tips merawat mobil untuk pemula yang terakhir adalah dengan melakukan servis mobil secara rutin. Servis mobil sangat penting untuk memeriksa kondisi dan performa keseluruhan kendaraan.

Itulah 10 tips merawat mobil untuk pemula yang bisa kamu terapkan untuk membuat umur mobil kamu semakin awet. Jadi, bagi kamu yang baru pertama kali memiliki mobil, pastikan untuk memahami bagaimana cara merawatnya dengan baik.

Nah, agar mobil baru kamu semakin terlindungi, pastikan untuk memiliki asuransi kendaraan juga, ya! Asuransi mobil akan memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko tak terduga, seperti kecelakaan, bencana alam, atau peristiwa lain yang dapat merugikan mobil kamu di masa yang akan datang.

Untuk memudahkan kamu, Igloo menyediakan asuransi mobil yang dapat kamu miliki dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Mobil” melalui Igloo di https://igloo.co.id/id/asuransi-mobil
  2. Pilih jenis asuransi mobil yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Komprehensif (All Risk) dan Kerugian Total Saja (TLO).
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain Asuransi Mobil, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu