Tips Menemukan Tempat Bersantai Yang Asik di Jalur Mudik Pantura

Tips Menemukan Tempat Bersantai Yang Asik di Jalur Mudik
Table of Contents

Jalur Pantura merupakan sebuah jalur yang umum dilewati para pemudik dari wilayah Ibukota menuju daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rute perjalanan yang panjang tentu membuat kamu harus menyiapkan banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan agar perjalanan tetap menyenangkan dan aman.

Selain kamu harus menyiapkan kegiatan selama di mobil, kamu juga bisa menyelipkan agenda lain selama perjalanan. Misalnya mengunjungi berbagai destinasi atau tempat bersantai yang ada di jalur mudik Pantura.

Tips-Tips Bersantai di Jalur Mudik

Sumber: https://www.instagram.com/p/CAPjtzKAetW/

Sepanjang jalur Pantura ada berbagai tempat yang memang disediakan untuk para pemudik yang ingin bersantai dan melepas rasa capek setelah perjalanan jauh. Nah jika kamu bingung dimana harus bersantai di jalur mudik Pantura, berikut tips menemukan tempat bersantai di jalur mudik:

  • Temukan Rest Area Paling Dekat

Rest area adalah tempat dimana kamu bisa bersantai setelah perjalanan jauh. Termasuk saat mudik, saat ini rest area sudah dibangun dengan sedemikian rupa sehingga asik untuk bersantai.

Di rest area kamu bisa menemukan masjid, restoran, coffee shop, toilet, SPBU, minimarket, dan tempat belanja yang menyenangkan. Tempatnya yang luas membuat kamu bisa leluasa melakukan aktivitas, bahkan toiletnya juga sudah modern sehingga terjamin kebersihannya.

  • Hotel Terdekat

Di sepanjang Pantura kamu juga bisa menemukan hotel-hotel yang memang disediakan untuk pemudik. Apalagi jika perjalanan yang kamu lakukan lebih dari 12 jam, ada baiknya kamu booking penginapan untuk beristirahat.

Menginap di hotel juga merupakan pilihan yang tepat jika kamu mudik bersama si kecil, karena di hotel mereka bisa beristirahat dengan nyaman dan kesehatannya pun akhirnya tetap optimal.

Di hotel kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas, misalnya perawatan rambut, massage dan pijat relaksasi lainnya.

  • Masjid Terdekat

Kamu juga bisa beristirahat dengan asik di masjid terdekat dengan lokasimu. Selain kamu bisa beribadah dengan nyaman kamu juga istirahat sejenak dan melepas lelah setelah rute yang panjang.

Untuk lokasinya kamu bisa manfaatnya Gmaps di ponsel masing-masing, di aplikasi tersebut kamu juga bisa cek kapasitas lahan parkirnya. Lahan parkir yang luas tentu akan membuat istirahat akan lebih nyaman bersama keluarga.

  • Tempat Wisata Terdekat

Selain berbagai tempat di atas kamu bisa juga meluangkan waktu sejenak mengunjungi tempat wisata sepanjang jalur Pantura.

Tempat wisata dapat menghilangkan jenuh selama perjalanan dan juga bisa mengenalkan kamu dengan daerah sekitar kampung halaman.

Di Sepanjang Pantura Ada Tempat Bersantai yang Bisa Dihampiri, Ini Dia Daftarnya

Berdasarkan tips menemukan tempat bersantai yang asik di jalur mudik di atas, kira-kira tempat bersantai mana saja yang bisa kamu kunjungi di sepanjang jalan Pantura? Jika belum ada rencana, berikut ini Igloo telah merangkum beberapa tempat wisata yang bisa kamu hampiri:

  • Taman Sari Sunyaragi (Cirebon)

Taman Sari Sunyaragi merupakan tempat wisata yang cocok untuk berfoto-foto, ini merupakan salah satu cagar budaya Kabupaten Cirebon. Dulunya tempat ini merupakan pasanggrahan sultan dan petinggi Kerajaan. Selain gua berhias batu karang kamu juga bisa menemukan benteng peninggalan tahun 1703 Masehi.

  • Wisata Guci (Tegal)

Sesuai namanya, disana kamu bisa menemukan sebuah guci yang berisi doa-doa dari Sunan Gunung Jati. Doa tersebut diperuntukkan bagi masyarakat Tegal di masa lampau .

Selain guci, kamu juga bisa menemukan jembatan kaca, air terjun dan pemandian air panas untuk relaksasi selepas perjalanan yang jauh.

  • Grand Maeraca (Semarang)

Grand Maeraca merupakan taman rekreasi edukatif yang seru dan cocok kamu kunjungi bersama anak-anak. Kamu bisa menemukan berbagai replika rumah adat dari seluruh Indonesia. Selain itu juga ada hutan bakau dan Lumina, sebuah taman yang mempunyai 25 replika rumah dari seluruh dunia.

  • Gedung Djoeang ’45 (Solo)

Gedung Djoeang ’45 merupakan bangunan kompleks dengan gaya Eropa yang telah ada sejak jaman colonial. Suasana di sekitar gedung sangat cocok untuk berfoto-foto, bahkan kalau kamu sampai di malam hari kamu bisa melihat cahaya lampu yang menghiasi sekitaran kompleks gedung.

  • Candi Tikus (Mojokerto)

Sampai di Mojokerto kamu bisa menyisihkan waktu mampir ke Candi Tikus yang merupakan peninggalan jaman Kerajaan Hindu Buddha di abad 13 sampai 14 Masehi.

Suasananya yang sejuk cocok untuk kamu bersantai dan istirahat dari lelah yang kamu rasakan selama perjalanan.

  • Monumen Kapal Selam (Surabaya)

Di Surabaya kamu juga bisa berkunjung ke Monumen Kapal Selam. Kapal tersebut pernah terlibat dalam Operasi Trikora yang berlangsung di tahun 1961-1962.

Nama asli kapal tersebut adalah KRI Pasopati 410 dan dibawa ke darat di tahun 1998. Dari kapal ini kamu bisa belajar berbagai komponen kapal selam dan sejarahnya untuk Indonesia.

  • Masjid Raya Baiturrahman (Semarang)

Di Semarang kamu juga bisa berkunjung dan beribadah di Masjid Raya Baiturrahman. Ini merupakan masjid legendaris yang berdiri sejak tahun 1968 dan diresmikan oleh Presiden Soekarno.

Selain beribadah dan beristirahat kamu juga bisa mengunjungi destinasi wisata lain yang dekat dengan masjid. Seperti Brown Canyon dan Museum Kota Lama.

  • Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah mempunyai 4 menara dan 1 menara terpisah. Tinggi menaranya sendiri ada yang 62 meter dan ada pula yang 99 meter. Menara dengan tinggi 99 meter dinamakan dengan Menara Asmaul Husna.

Atapnya berbentuk limas dengan ciri khas bangunan jawa, pada pelataran masjidnya terdapat 25 pilar yang bergaya koloseum dan berhias kaligrafi.

Di masjid tersebut kamu bisa menginap di wisma yang disediakan untuk beristirahat. Jika sudah sampai tempat ini kamu juga bisa mampir ke Lawang Sewu dan Pantai Baruna.

  • Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak merupakan peninggalan Raden Patah salah satu Walisongo di abad ke 15 Masehi. Bangunannya menggunakan arsitektur Jawa Kuno dengan perpaduan Joglo dan Limasan.

Jika tiba disini kamu juga bisa berziarah ke kompleks masjid, karena terdapat maka raja Kesultanan Demak termasuk Makam Raden Patah.

  • Masjid Al-Aqsa Menara Kudus

Sampai di Kudus kamu juga bisa beristirahat di Masjid Al-Aqsa. Masjid tersebut cukup unik dengan menara yang serupa candi dan pola arsitektur perpaduan budaya Islam dan Hindu Buddha.

Jika waktu berkunjung tepat, kamu juga bisa menghadiri Festival Dhandhangan yang di adakan untuk menyambut bulan Ramadhan.

Artikel Lainnya : Jelang Mudik, Ini Langkah-Langkah Praktis untuk Menjaga Kesehatan saat Mudik Lebaran

Nah itulah tadi berbagai tips menemukan tempat bersantai yang asik di jalur mudik dan daftar tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di sepanjang jalur mudik pantura. Dan jangan lupa bagi kamu yang menempuh perjalanan panjang untuk menyiapkan berbagai kebutuhan penting selama diperjalanan. Salah satunya yang wajib ada adalah Asuransi Perjalanan dari Igloo.

Di Igloo kamu bisa membeli Asuransi Perjalanan dengan beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu