Tips Menjaga Kondisi Fisik dan Mental Pengendara Motor selama Bulan Ramadhan

Tips Menjaga Kondisi Fisik dan Mental Pengendara Motor selama Bulan Ramadhan
Table of Contents

setiap hari harus berkendara di jalanan perkotaan yang terik. Oleh karena itu, kamu wajib menjaga kondisi fisik dan mental supaya bisa konsisten berpuasa dan beraktivitas di luar rumah.

Di awal puasa, tubuh manusia akan melalui proses adaptasi, sehingga butuh fisik yang kuat agar bisa berkonsentrasi penuh di jalanan. Terutama jika harus perjalanan jauh setiap harinya. Jangan sampai kamu dehidrasi dan mengalami penurunan kondisi fisik saat perjalanan mengendarai motor. Karena bisa berbahaya dan mengakibatkan kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Nah berikut ini, Igloo punya beberapa tips menjaga kondisi fisik dan mental pengendara motor selama bulan Ramadhan. Sehingga mereka tetap bisa beraktivitas dan beribadah dalam kondisi tubuh yang optimal.

Jangan Sepelekan Tips Menjaga Kondisi Fisik dan Mental Pengendara Motor selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan, dimana setiap aktivitas kita bernilai ibadah di mata Allah SWT. Oleh karena itu, agar bisa beraktivitas normal dan beribadah dengan baik kamu harus menjaga kondisi fisik dan mental. Terutama bagi kamu pengendara motor di jalanan perkotaan yang terik.

Berikut ini beberapa tips menjaga kondisi fisik dan mental pengendara motor selama bulan Ramadhan:

  1. Siapkan makanan ringan untuk berbuka

Saat jam menunjukkan waktu berbuka puasa dan kamu masih di jalan ada baiknya kamu siap sedia dengan makanan ringan untuk membatalkan puasa. Kamu bisa menyediakan air minum dan kurma atau makanan ringan yang sehat lainnya.

  1. Jangan ragu untuk istirahat

Di tengah perjalanan apabila kamu merasa lelah mengendarai motor ada baiknya segera menepi dan mencari tempat untuk istirahat. Kamu bisa menuju masjid terdekat untuk sekedar merilekskan badan setelah perjalanan yang cukup jauh.

  1. Tetap konsentrasi dan jaga jarak aman

Di bulan puasa, sore hari adalah waktu dimana banyak orang keluar rumah untuk berburu takjil. Dimana saat itu pula banyak pekerja pengguna motor yang pulang kerja. Sehingga ada baiknya meskipun lelah tetaplah konsentrasi dan menjaga jarak aman berkendara.

  1. Tentukan tempat berbuka ketika masih di jalan

Apabila kamu masih jauh dari tempat tinggal dan waktu sudah menunjukkan jadwal berbuka, maka sebaiknya kamu setelah membatalkan puasa, kamu menepi dan mencari tempat untuk berbuka dengan nyaman. Kamu bisa mampir ke masjid terdekat untuk menikmati waktu berbuka dengan nyaman dan aman.

  1. Jangan terburu-buru saat berkendara

Agar keselamatan berkendara tetap terjaga, kamu jangan terburu-buru saat berkendara agar cepat sampai di rumah dan berbuka bersama keluarga. Kamu tetap harus waspada selama berkendara di jalanan yang ramai agar bisa selamat sampai tujuan.

  1. Waspadai area orang mencari takjil

Apabila kamu tidak bisa menghindari area atau jalanan tempat orang berburu takjil maka sebaiknya kamu berhati-hati dan berkendara dengan penuh konsentrasi.

  1. Hati-hati saat mencari tempat berhenti untuk berbuka

Jika di sekitar pemberhentian untuk berbuka kamu tidak menemukan masjid, maka ada baiknya kamu tetap berhati-hati dalam mencari tempat untuk berhenti. Sebaiknya jangan parkir di jalanan yang sepi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti tertabrak pengendara lain dan terkena tindakan kejahatan yang merugikan.

  1. Gunakan safety riding saat berkendara

Ada banyak peralatan safety riding yang bisa kamu gunakan selama berkendara di bulan Ramadhan. Diantaranya helm dengan visor, sepatu yang nyaman, sarung tangan dan jaket. Kemudian jagalah jarak aman selama berkendara, gunakan pakaian berwarna terang untuk memudahkan pengendara lain melihatmu. Selain itu pastikan kondisi ban mempunyai tekanan yang sesuai standar, dengan begitu tidak akan mudah selip saat di jalan raya. Cek kondisi rem, bahan bakar dan komponen lain yang berpengaruh terhadap jalannya sebuah kendaraan.

  1. Terapkan aturan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah

Di bulan Ramadhan agar puasa berjalan baik kamu juga harus menerapkan aturan protokol kesehatan yang dianjurkan. Diantara menjaga imunitas tubuh, memakai safety gear yang bersih, memakai masker, sedia hand sanitizer, dan jaga jarak setiap kali turun dan bertemu orang lain. Sesampainya di rumah kamu sebaiknya cuci tangan dan membersihkan anggota badan lainnya agar terhindar dari virus dan bakteri.

  1. Terapkan pola makan sahur yang sehat

Saat sahur sebaiknya kamu mengonsumsi makanan tinggi serat dan membatasi konsumsi minyak. Agar stamina tetap terjaga sepanjang hari dan tidak mudah mengantuk. Imbangi pula dengan olah raga ringan sebelum mulai beraktivitas di luar rumah.

  1. Istirahat cukup dan berkualitas

Agar kondisi fisik dan mental stabil selama berpuasa kamu juga harus istirahat cukup dan berkualitas. Sehingga saat berkendara akan lebih waspada dan fokus meskipun jalanan padat merayap.

  1. Perhatikan sikap saat berkendara

Berikutnya kamu juga harus mempunyai sikap yang baik saat berkendara. Hindari menyerobot, melawan arus, mengabaikan rambu lalu lintas, menggunakan bahu jalan dan sebagainya. Karena hal tersebut dapat membahayakan keselamatanmu dan pengendara motor lainnya.

Itulah beberapa tips menjaga kondisi fisik dan mental pengendara motor selama bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan. Selain itu, kamu juga bisa melengkapi kenyamanan dan keamanan berkendara dengan Asuransi Motor dari Igloo. Dengan asuransi yang kamu miliki, kamu bisa meminimalisir kerugian dan menghemat pengeluaran apabila terjadi kondisi buruk di perjalanan.

Baca Juga : Waspada Kecelakaan, Perhatikan Pentingnya Keselamatan Berkendara selama Perjalanan Mudik Lebaran

Nah bila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu