Waspada Kecelakaan, Perhatikan Pentingnya Keselamatan Berkendara selama Perjalanan Mudik Lebaran

Mengungkap Warisan Budaya dengan Motor: Perjalanan Budaya yang Mendalam melalui Desa-Desa Tradisional
Table of Contents

Demi menyambut libur lebaran tahun ini, kamu sebagai pengguna jalan harus selalu waspada ketika berkendara. Karena tidak jauh berbeda dengan tahun kemarin, lebaran tahun ini akan ada 48% populasi penduduk Indonesia yang akan melakukan mudik. Dimana sebagian besar pemudik memilih menggunakan roda empat dan roda dua sebagai transportasi nyaman hingga ke kampung halaman.

Nah agar selamat sampai kampung halaman dan merayakan lebaran bersama keluarga, kamu harus paham pentingnya keselamatan berkendara selama perjalanan mudik lebaran. Sehingga kamu dan anggota keluarga yang mudik dapat terhindar dari kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Pentingnya Keselamatan Berkendara selama Perjalanan Mudik Lebaran

Menjelang lebaran yang akan jatuh di bulan April mendatang, kamu sebagai salah satu masyarakat yang mudik ke kampung halaman harus paham terkait keselamatan berkendara. Karena perjalanan mudik lebaran akan kamu lakukan selama bulan puasa dan di bawah terik matahari, yang mana tentunya akan menguras energi dan kesabaran saat mengemudi.

Nah apa sih pentingnya keselamatan berkendara selama perjalanan mudik lebaran? Berkendara dengan memperhatikan keselamatan akan menghindarkan kamu dan penumpang motor dari kecelakaan. Selain itu juga menjaga kamu dan penumpang tidak jatuh sakit selama perjalanan. Karena bila hal ini terjadi tentu akan menimbulkan kerugian baik secara waktu, fisik, hingga finansial.

Oleh karena itu, agar selamat sampai tujuan berikut ini tips menjaga keselamatan berkendara selama perjalanan mudik ke kampung halaman:

  1. Lakukan pemeriksaan motor

Sebelum keberangkatan mudik, sempatkan untuk mengecek dan melakukan pemeriksaan motor secara menyeluruh. Cek kondisi ban, lampu, rem, dan berbagai sistem mekanis yang ada pada motor. Pastikan pula bahan bakar dan oli dalam kondisi cukup dan baik. Karena hal tersebut dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi selama perjalanan mudik.

  1. Siapkan perjalanan mudik dengan baik

Beberapa hari sebelum mudik ada baiknya kamu sudah mengecek rute perjalanan dan kondisi jalanan hingga sampai kampung halaman. Usahakan kamu juga membawa berbagai dokumen dan persyaratan perjalanan yang dibutuhkan.

  1. Jangan mengemudi di jam sibuk

Mengendarai motor saat kondisi ramai sangat membutuhkan kehati-hatian. Terutama di waktu pagi hari dan sore hari, sehingga ada baiknya kamu memulai perjalanan mudik lebih awal atau lebih siang guna menjauh dari kemacetan lalu lintas.

Cek Google Maps untuk memantau kepadatan lalu lintas sepanjang rute perjalanan mudik yang kamu lalui.

  1. Perhatikan waktu istirahat

Pentingnya keselamatan berkendara selama perjalanan mudik lebaran adalah agar kamu dan keluarga bisa selamat sampai tujuan. Sehingga jangan berkendara diwaktu capek, ada baiknya kamu menepi dan beristirahat di rest area atau masjid terdekat dengan lokasimu.

Jangan memaksakan kondisi karena yang terpenting adalah keselamatan kamu selama perjalanan. Usahakan istirahat setiap dua jam atau tiga jam guna mencegah kelelahan dan terhindar dari bahaya tertidur ketika mengemudi.

  1. Usahakan tetap tenang saat di jalan raya

Mengemudi saat mudik di tengah padatnya lalu lintas memang bisa membuat pengemudi tegang dan stres. Oleh karena itu usahakan tetap rileks dan tenang saat di jalan raya. Cobalah untuk melantunkan ayat suci Al-Quran atau dzikir agar tetap tenang selama berkendara.

  1. Pakailah Safety Gear

Saat berkendara pastikan kamu dan penumpang menggunakan safety gear yang dianjurkan. Seperti helm, sarung tangan, jaket, dan sepatu safety. Agar tidak cidera saat motor yang kamu kendarai harus berhenti mendadak.

  1. Jangan menggunakan HP saat perjalanan

Jika kamu bertugas sebagai pengemudi, sebaiknya hindari menggunakan HP saat perjalanan. Meskipun sekedar membalas pesan atau menjawab telepon ada baiknya jika penting kamu harus menepi terlebih dahulu dan membalas pesan atau telepon yang masuk.

  1. Hati-hati dengan kondisi jalanan

Saat mudik kamu tidak perlu tergesa-gesa karena yang paling penting adalah keselamatan berkendara. Kamu harus waspada dengan kondisi jalanan dan berbagai kemungkinan yang akan terjadi selama perjalanan. Usahakan saat mengemudi kamu tidak terlalu dekat dengan kendaraan lain. Selain itu juga kamu harus siap melakukan manuver dengan halus kapan saja.

  1. Pahami aturan lalu lintas

Agar terhindar dari kecelakaan kamu juga perlu memahami berbagai aturan lalu lintas saat mudik lebaran. Perhatikan selalu rambu-rambu yang terpasang di sekitar jalan. Jangan sampai kamu melanggar aturan atau mengambil jalan pintas yang membahayakan.

  1. Jaga kondisi fisik jika mudik dalam kondisi puasa

Jika kamu perjalanan mudik dan tetap berpuasa maka kamu harus mempunyai kondisi fisik tetap fit dan sehat. Dengan cara selalu konsumsi makanan sehat, minum air yang cukup saat sahur dan berbuka, olahraga, dan istirahat yang cukup. Bila perlu konsumsi vitamin untuk mengoptimalkan kondisi fisik sebelum memulai perjalanan.

Dengan melakukan berbagai tips berkendara di atas harapannya kamu dan penumpang bisa melewati perjalanan mudik lebaran dengan nyaman dan aman. Sehingga bisa bertemu keluarga dan bersama-sama merayakan lebaran di kampung halaman.

Agar semakin aman dan nyaman saat perjalanan kamu juga boleh melengkapi aspek keselamatan berkendara dengan Asuransi Motor dari Igloo. Dengan asuransi yang kamu miliki, kamu bisa meminimalisir kerugian dan menghemat pengeluaran apabila terjadi kondisi buruk di perjalanan.

Baca Juga : Tips Cari Rute Alternatif Mudik Menggunakan Google Maps dengan Motor untuk Menghindari Kemacetan

Nah bila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu