Tips Cari Rute Alternatif Mudik Menggunakan Google Maps dengan Motor untuk Menghindari Kemacetan

Tips Cari Rute Alternatif Mudik Menggunakan Google Maps
Table of Contents

Mudik menjelang lebaran sudah pasti identik dengan kemacetan. Apalagi jika jalur yang kamu lalui adalah jalur pantura dimana menjadi urat nadi kendaraan berlalu lalang. 

Untuk itu beragam cara banyak orang lakukan agar terhindar dari kemacetan. Salah satu caranya yaitu dengan mencari rute alternatif mudik menggunakan google maps dengan motor. Selengkapnya dapat kamu baca dalam uraian Igloo berikut ini. 

Inilah Tips Dapatkan Rute Alternatif Mudik Lewat Google Maps

Salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mencari rute adalah menggunakan google maps. Aplikasi ini memang bertujuan untuk memudahkan kamu mencapai tujuan dengan berbagai alternatif. Berikut ulasan mengenai tips dapatkan rute alternatif mudik lewat google maps. 

Gunakan Mode Transportasi “Motor”

Pastikan Kamu mengatur mode transportasi pada aplikasi Google Maps ke “motor”. Ini akan memastikan bahwa Google Maps memperhitungkan rute yang cocok untuk pengendara sepeda motor, termasuk jalan-jalan kecil yang mungkin tidak dapat dilalui oleh mobil.

Periksa Lalu Lintas Real-time

Google Maps menyediakan informasi lalu lintas real-time, yang memungkinkan Kamu untuk melihat tingkat kemacetan pada rute yang akan Kamu ambil. Pastikan untuk memeriksa kondisi lalu lintas sebelum memulai perjalanan, dan jika terjadi kemacetan, carilah rute alternatif. Ini merupakan salah satu tujuan utama saat kamu menggunakan google maps. Segera beralih ke jalur yang lebih senggang, hindari jalur yang berwarna merah atau macet. 

Gunakan Fitur “Pilih Rute”

Setelah memasukkan tujuan Kamu, Google Maps akan menampilkan beberapa opsi rute. Kamu dapat memilih opsi “Pilih Rute” untuk melihat rute-rute yang berbeda beserta perkiraan waktu tempuh dan tingkat kemacetan. Pilih rute yang menjanjikan waktu tempuh tercepat dan kemacetan minimal.

Gunakan Fitur “Cari Rute Alternatif”

Jika Kamu ingin menjelajahi opsi rute alternatif, Kamu dapat menggunakan fitur “Cari Rute Alternatif” di Google Maps. Fitur ini akan menampilkan beberapa opsi rute yang berbeda dengan estimasi waktu tempuh dan tingkat kemacetan. Kamu dapat memilih rute yang paling sesuai dengan pemahaman serta memiliki jalan yang mudah untuk ditempuh oleh kendaraan.

Perhatikan Waktu Perjalanan

Hindari waktu-waktu padat ketika mayoritas orang melakukan perjalanan, seperti akhir pekan atau hari libur. Cobalah untuk memulai perjalanan Kamu lebih awal atau lebih larut untuk menghindari kemacetan lalu lintas yang parah.

Perhatikan Pengaturan Rute

Beberapa pengaturan rute di Google Maps dapat membantu Kamu menghindari jalan yang padat. Misalnya, Kamu dapat menghindari tol atau memprioritaskan jalan utama daripada jalan kecil yang mungkin sering macet.

Gunakan Fitur Dekat Saya

Fitur “Dekat Saya” pada Google Maps memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menemukan tempat-tempat penting atau menarik di sekitar lokasi mereka saat ini. Dengan fitur “Dekat Saya”, Kamu dapat dengan mudah menemukan restoran, kafe, atau tempat makan lainnya di sekitar Kamu. Ini memungkinkan Kamu untuk menemukan pilihan makanan yang tersedia tanpa harus mencari secara manual.

Selain itu, fitur ini dapat membantu Kamu menemukan tempat-tempat penting lainnya seperti ATM, pom bensin, apotek, atau toko-toko serba ada yang mungkin Kamu butuhkan dalam perjalanan sehari-hari.

Cara Mudah Menggunakan Google Maps tanpa Sering Melihat Ponsel

Menggunakan google maps saat perjalanan akan mempermudah perjalanan mudik yang kamu lakukan. Namun, jangan sesekali menggunakan google maps saat berkendara atau di tengah perjalanan. 

Menggunakan Google Maps bisa jadi sedikit membingungkan pada awalnya, tetapi dengan praktik dan pemahaman yang tepat, Kamu dapat menghindari kebingungan. Sebelum memulai perjalanan, periksa rute secara keseluruhan. Lihat apakah ada rute alternatif yang mungkin lebih cepat atau lebih mudah. Ini akan membantu Kamu memiliki pemahaman yang lebih baik tentang perjalanan yang akan Kamu ambil.

Jika Kamu merasa bingung tentang tampilan atau lingkungan sekitar, Kamu dapat menggunakan fitur Street View di Google Maps. Fitur ini memungkinkan Kamu untuk melihat foto-foto panorama dari jalan-jalan di sekitar tujuanmu, yang dapat membantu Kamu merasa lebih familiar dengan daerah tersebut.

Aktifkan fitur navigasi suara di Google Maps untuk mendapatkan instruksi verbal secara langsung saat Kamu mengemudi. Ini akan membantu Kamu tetap fokus pada jalan tanpa harus terlalu sering melihat layar ponsel Kamu.

Uraian di atas dapat kamu jadikan sebagai referensi ketika hendak menggunakan aplikasi google maps untuk menunjukkan arah serta mencari rute yang terbebas dari macet. Ketika kamu mengemudi motor seorang diri, maka gunakan google maps kamu secara hati-hati. Tujuannya ialah menghindari hilangnya konsentrasi saat hendak mencapai tujuan. Dan jangan lupa untuk selalu melengkapi kendaraanmu dengan Asuransi Motor dari Igloo.

Dengan asuransi yang kamu miliki tersebut, kamu bisa meminimalisir kerugian dan menghemat pengeluaran apabila terjadi kondisi buruk di perjalanan.

Baca Juga : Jelang Mudik, Begini Tips Mudik Solo dengan Motor selama Bulan Ramadhan dari yang Berpengalaman

Nah apabila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu