Water Hammer: Pengertian, Proses dan Bahayanya pada Mesin Mobil

water hammer
Table of Contents

Musim penghujan pasti kita tunggu-tunggu, apalagi setelah kemarau panjang. Kamu harus memastikan seluruh saluran air di rumah atau di lingkungan tinggalmu tidak tertutup sampah dan memicu banjir saat hujan deras tiba. Bukan hanya lingkungan yang perlu dipastikan, tetapi pastikan juga mobil yang kamu kendarai dalam kondisi prima, terutama mesin.

Jika mesin terendam air hujan atau banjir secara terus menerus, maka komponennya akan cepat rusak. Dan salah satu kondisi yang sering terjadi adalah water hammer. Tapi sayangnya, banyak dari pemilik mobil yang tidak memahami gangguan satu ini.

Nah Igloo telah berhasil merangkum berbagai informasi terkait water hammer, mulai dari apa itu water hammer mobil, bagaimana proses terjadinya hingga bahayanya bagi kendaraan.

Pengertian Water Hammer pada Mobil

Apa itu water hammer mobil? Water hammer merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi pada proses pembakaran mesin karena adanya genangan air di dalam mesin. Kondisi ini sering dialami mereka yang mobilnya terendam air ketika musim hujan. Atau bisa juga karena kamu menggunakan metode mencuci mobil yang salah sehingga air masuk ke mesin.

Selain itu, kondisi ini bisa dipicu oleh bercampurnya bensin dan air. Sehingga air masuk ke dalam sistem pembakaran mesin dan terjadilah water hammer. Hal ini tentu sangat merugikan, oleh karena itu bila terdapat genangan air yang cukup dalam ada baiknya kamu pertimbangkan untuk melintas.

Proses Terjadinya Water Hammer di Mesin Mobil

Secara rinci, berikut ini tahapan terjadinya water hammer yang dialami mobil ketika tergenang air dalam waktu yang cukup lama:

  • Genangan air memasuki ruang pembakaran atau ruang sistem pelumasan yang ada pada mobil.
  • Air tersebut bisa membuat tekanan dalam sistem pembakaran menjadi lebih tinggi, akibatnya dorongan pada piston menjadi berlebihan.
  • Jika piston bekerja terlalu ekstra, akibatnya komponen tersebut akan bengkok.
  • Piston yang bengkok akan memberikan celah bagi air untuk masuk ke segala komponen, termasuk knalpot mobil kamu.

Jika kondisi tersebut sudah kamu alami, tentu mobil bisa mengalami kerusakan total dan membutuhkan biaya besar untuk memperbaikinya.

Berbagai Bahaya Water Hammer pada Mesin Mobil

Dari apa itu water hammer mobil tentu kamu bisa paham kerusakan seperti apa yang akan terjadi pada mobil yang mengalami water hammer. Jika kamu menjual mobil kembali nantinya, pembeli pun akan mempertimbangkan ulang jika sudah pernah terkena water hammer.

Dan jika kamu perbaiki maka akan membutuhkan biaya yang banyak serta cukup sulit untuk mengembalikan performanya seperti semula. Nah berikut ini berbagai bahaya water hammer yang bisa kamu alami:

  • Mesin Mobil Bocor

Mesin merupakan serangkaian komponen yang saling tersambung dan sangat krusial pada mobil. Bila terkena air dan berakhir mengalami kebocoran pada sambungan mesinnya maka bisa bahaya. Memang, akibatnya tidak bisa langsung kamu lihat, akan tetapi jika tidak segera kamu sadari maka mesin akan rusak total.

  • Piston Mobil Rusak

Piston yang mendapatkan dorongan atau tekanan yang kuat akibat kemasukan air akan membuat piston kelelahan. Karena tekanannya berlawanan arah dengan arah gerak piston. Tekanan yang berasal dari air dan bukan udara menyebabkan piston bengkok atau hancur secara tiba-tiba.

  • Tidak Bisa Dinyalakan

Komponen mesin yang mendapat gangguan water hammer juga akan sulit dinyalakan. Hal ini disebabkan oleh sistem pembakaran yang sudah tidak bisa bekerja sesuai fungsinya karena ada air yang masuk ke dalam salurannya.

  • Komponen Seperti Conrod juga Bisa Rusak

Water hammer juga bisa menyebabkan komponen lain seperti conrod mengalami kerusakan. Sehingga memicu kerusakan pada komponen lain, apalagi terjadinya saat mesin sedang menyala.

Baca Juga : Terlihat Sepele! Ini Dia Bahaya Air Hujan Menempel di Kaca Mobil

Dengan kondisi semacam ini tentu biaya yang akan kamu habiskan tidak sedikit untuk memperbaikinya. Water hammer biasanya menghabiskan biaya minimal Rp5 juta dan bisa bertambah tergantung kondisi kerusakan yang dialami oleh mobil. Jumlah silinder pada mobil juga mempengaruhi biaya yang harus kamu keluarkan. Jika kamu tidak memiliki asuransi mobil, tentu biaya ini akan cukup menguras kantongmu secara tiba-tiba.

Tips Perbaikan dan Pencegahan Water Hammer

Jika dijual harga mobil juga akan turun, diperbaiki juga menghabiskan biaya yang besar. Tentu kamu akan mengalami dilema yang cukup merisaukan. Oleh karena itu, beberapa tips perbaikan dan pencegahan gangguan water hammer berikut semoga bisa membantu:

  • Jangan nekat melewati jalanan yang banjir atau tergenang air.
  • Kendalikan kecepatan mobil saat melintasi daerah banjir, usahakan menggunakan gas yang stabil. Tujuannya agar air tidak memasuki mesin lewat knalpot.
  • Jangan melintasi area yang kamu tau arusnya deras. Selain bisa memicu kecelakaan, mobil yang kamu kendarai bisa saja kemasukan air dari berbagai celah.
  • Lakukan servis rutin jika memang kamu tinggal di pemukiman yang sering banjir untuk mencegah terjadinya water hammer. Paling tidak lakukan tune-up 6 bulan sekali untuk menjaga mesin mobil tetap prima.
  • Gantilah beberapa komponen mesin seperti piston, bearing connecting rod yang berfungsi sebagai bantalan piston, dan blok mesin jika water hammer telah menghancurkannya. Blok mesin bisa hancur karena kamu paksa melewati jalanan yang tergenang air sehingga perlu pembaharuan.
  • Lakukan penggantian komponen mesin di bengkel rekanan asuransi mobil agar bisa dipercaya dan kamu pun bisa mendapatkan biaya pertanggungan kerusakan yang kamu alami.
  • Jangan menyalakan mobil saat mobil sudah terendam banjir karena hal tersebut akan merusak komponen mesin mobil dan korslet.

Itulah tadi berbagai informasi apa itu water hammer mobil yang harus kamu pahami dan waspadai. Sebagai pencegahan, selain cara di atas kamu juga harus memiliki asuransi mobil all risk atau TLO untuk meminimalisir pengeluaran saat kondisi tersebut terjadi secara tiba-tiba. Kamu bisa melakukan konsultasi dengan Igloo terkait polis asuransi mobil yang sesuai dengan kondisimu. Mereka akan memberikan solusi terbaik untuk keamanan kendaraanmu.

Nah untuk membeli asuransi mobil di Igloo cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau lewat kartu kredit.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu