5 Jenis Motor yang Paling Banyak Dicuri & Tips Mencegah Motor Hilang

jenis motor yang paling banyak dicuri
Table of Contents

Motor adalah jenis kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat luas untuk mempermudah mobilitas harian. Akan tetapi, risiko kehilangan yang selalu mengintai pengguna motor kapan saja dan di mana saja. Ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa penting memiliki asuransi motor.

Nah, kali ini kamu bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko pencurian dan kehilangan motor dengan mengenali jenis motor yang paling banyak dicuri.

Jenis Motor yang Paling Banyak Dicuri

tipe motor yang paling banyak dicuri
Sumber Foto: Noey TM via Unsplash

Tindak kejahatan berupa curanmor memang tidak ada hentinya. Oleh sebab itu, pemilik motor harus selalu waspada dan berhati-hati terutama saat harus meninggalkan motor terparkir di tempat umum. Pencurian juga bisa terjadi saat motor berada di dalam rumah.

Lantas, apakah motor matic lebih gampang dicuri? Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, simak beberapa jenis motor yang sering menjadi sasaran pencurian:

1. Yamaha Mio

Yamaha Mio adalah salah satu motor yang paling banyak digunakan di masyarakat sekaligus merupakan jenis motor yang diincar maling. Mengapa demikian? Motor ini mudah dinilai mudah dibobol karena fitur keamanannya lemah. Bahkan, motor ini memiliki soket kunci yang terlihat, sehingga bisa mengundang tindak kejahatan pencurian.

2. Honda Scoopy

Selain Mio yang merupakan motor keluaran Yamaha, Honda Scoopy juga menjadi motor yang diincar maling. Saat ini, semakin banyak peminat motor satu ini, sehingga membuatnya semakin populer di masyarakat. Ini juga yang menjadi alasan mengapa motor satu ini menjadi salah satu sasaran pencuri kendaraan bermotor.

Sistem keamanan yang kurang dan motor mudah dibongkar, tinggi peminat di pasar gelap turut menjadi alasan yang melatarbelakangi banyaknya kasus pencurian motor yang menargetkan Honda Scoopy.

3. Honda Beat

Honda Beat juga merupakan jenis motor yang paling banyak dicuri di rumah maupun di area parkir. Fakta ini sudah seharusnya membuat pengguna motor tersebut untuk selalu berhati-hati serta mencari cara untuk meningkatkan keamanan motor. Misalnya dengan memperhatikan sistem  keamanan pada motor maupun dengan membeli asuransi motor

4. Honda Vario

Selain Beat dan Scoopy, Vario adalah motor keluaran Honda yang juga menjadi target pencurian motor. Motor matik ini begitu populer di Indonesia. Popularitas ini ternyata menjadi celah pelaku tindak kejahatan, sehingga menjadikan Honda Vario sebagai salah satu motor yang banyak dicuri.

5. Yamaha NMAX

Yamaha NMAX menggunakan sistem kunci keyless yang digadang-gadang bisa meminimalisir risiko kehilangan akibat pencurian. Meski demikian, pencuri motor tetap menjadikan motor tersebut sebagai target pencurian karena tingginya nilai jual di pasar. Popularitas dan fitur modern yang lengkap juga turut menjadi alasan dibalik tingginya pencurian motor matic satu uni.

Tips Mencegah Kehilangan Motor di Parkiran atau Rumah

Sebagai pengguna motor dalam menjalankan berbagai aktivitas harian, kamu tentu harus memastikan kendaraan kamu selalu dalam keadaan aman di manapun motor diparkir. Maraknya kasus curanmor mungkin membuat kamu khawatir sehingga tidak tenang meninggalkan kendaraan.

Guna memastikan motor tetap aman meski saat berada di tempat parkir terbuka, coba lakukan beberapa tips berikut:

1. Kunci Stang ke Arah Kanan

Untuk menghindari risiko kehilangan motor baik saat di parkiran ataupun di rumah, kamu bisa mencoba mengganti posisi stang saat dikunci. Pada umumnya, stang berada di arah kiri saat terkunci. Namun, apabila kamu menggunakan jenis motor yang paling banyak dicuri, mulailah untuk mengunci stang motor ke arah kanan.

Cara sederhana ini dinilai efektif untuk mencegah motor hilang. Hal ini karena saat mengunci stang ke arah kanan, ruang gerak motor menjadi lebih terbatas. Jadi, pencuri akan kesulitan membobol kunci kontak T dan menghidupkan mesin kendaraan.

2. Pastikan selalu Mencabut Kunci dari Kontak

Kunci yang tertinggal di motor merupakan kebiasaan buruk yang dapat berujung pada kehilangan motor. Oleh sebab itu, apabila ingin memastikan motor tetap aman meski saat berada di tempat parkir, selalu pastikan kamu sudah mencabut kunci dari kontak sepeda motor. Kemudian, simpan kunci motor di tempat yang aman, baik di dalam tas maupun di saku pakaian yang cukup dalam.

3. Pasang Alarm Motor

Tips lain yang bisa dicoba oleh pengguna jenis motor yang paling banyak dicuri di parkiran adalah memasang alarm. Dengan adanya sistem alarm terpasang, alarm akan secara otomatis berbunyi apabila terjadi upaya pencurian atau pembobolan motor.

Pemasangan alarm akan membuat pencuri terkejut dan panik, sehingga bisa segera mengurungkan niatnya. Dengan begitu, motor kamu tetap aman dan tidak menjadi sasaran pencurian.

Mereka bisa mengenali adanya upaya pencurian, sehingga bisa menggagalkan upaya tersebut. Saat ini bahkan tersedia sistem alarm yang dilengkapi dengan fitur tambahan. Salah satunya adalah memantau kendaraan dari jarak jauh melalui sensor gerak atau smartphone.

4.  Perhatikan Posisi Lubang Kunci Apakah dalam Keadaan Tertutup 

Hal penting lain yang harus diperhatikan apabila ingin memastikan keamanan kendaraan roda dua saat di parkiran atau di rumah adalah dengan memperhatikan posisi lubang kunci. Perhatikan apakah dalam keadaan tertutup atau terbuka.

Tidak baik membiarkan posisi lubang kunci dalam keadaan terbuka. Sebaliknya, posisi lubang kunci dalam keadaan tertutup dapat memperkecil kemungkinan terjadinya pencurian motor. Dewasa ini, berbagai jenis motor dilengkapi dengan perangkat sistem pengunci lunbang kontak kunci. 

Perangkat tersebut hadir sebagai cara pencegahan terhadap akses pencurian sepeda motor.

5. Berhati-hati dalam Memilih Lokasi Parkir

Sebelum memutuskan untuk memarkirkan motor, pastikan terlebih dahulu bahwa tempat tersebut aman. Hal ini sangat penting mengingat banyaknya kasus tindak kejahatan berupa pencurian sepeda motor. Pencuri tidak mengenal tempat untuk melangsungkan aksinya, termasuk di tempat umum sekalipun.

Salah satu hal yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih lokasi parkir adalah apakah tempat parkir dilengkapi dengan sistem keamanan berupa CCTV atau adanya petugas keamanan yang berjaga.

Seperti halnya di tempat parkir, saat motor berada di rumah, pastikan rumah dan sekitarnya aman. Selain menggunakan pagar yang kokoh dan tidak mudah dipanjat orang, kamu juga bisa memasang CCTV untuk mendapatkan keamanan yang lebih.

6. Tidak Meninggalkan Motor di Tempat Terbuka

Masih perlu tips lain dalam mencegah kehilangan motor di area parkir maupun di sekitar rumah? Agar terhindar dari kehilangan akibat motor dicuri, sebaiknya tidak meninggalkan motor di tempat terbuka dalam waktu yang lama.

Saat kamu harus meninggalkan motor dalam jangka waktu lama, sebaiknya cari tempat parkiran lain. Namun, jika tidak ada pilihan selain memarkirkan motor di tempat terbuka, perhatikan lingkungan sekitar, apakah sepi atau ramai. Di lingkungan parkir yang ramai pasti ada banyak orang yang melihat motor yang terparkir, sehingga semakin kecil peluang penjahat untuk mencari motor kesayanganmu.

Dengan berbekal informasi tentang jenis motor yang paling banyak dicuri serta tips mencegah pencurian motor, kamu bisa lebih berhati-hati. Selain melakukan beberapa tips tersebut, kamu juga bisa membeli asuransi motor yang bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya risiko kehilangan.

Asuransi motor bisa didapatkan dengan mudah dengan biaya premi terjangkau. Caranya adalah dengan memilih asuransi dari Igloo. Dapatkan asuransi pilihanmu melalui beberapa langkah berikut:

  • Pastikan kamu memiliki koneksi internet untuk dapat mengakses website Igloo
  • Pilih Asuransi Motor di menu Produk yang ada di bagian atas website
  • Sesuaikan pilihan asuransi dengan jenis motor dengan memilih Asuransi Motor Listrik atau Asuransi Motor
  • Lanjutkan pencarian dengan klik Cari di Sini di salah satu pilihan
  • Pastikan semua informasi kendaraan diisi dengan baik dan benar
  • Bayar premi asuransi melalui metode pembayaran yang tersedia
  • Tunggu hingga Igloo menerbitkan polis asuransi motor kamu

Dengan membeli Asuransi Motor di Igloo, kamu bisa memastikan bahwa premi asuransi yang dibayarkan jauh lebih hemat berkat adanya penawaran spesial berupa diskon mulai dari 25% untuk setiap pembeli asuransi. Jadi, tunggu apalagi? Lindungi motor kesayanganmu melalui asuransi motor. 

Igloo juga menawarkan diskon mulai dari 25 % untuk kamu yang membeli Asuransi Mobil.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu