5 Fungsi dan Tips Pakai GPS untuk Motor Kamu

Table of Contents

Dimanakah kamu sering menemukan teknologi GPS? Teknologi GPS sekarang ini bisa kamu temukan dengan mudah, bahkan pada semua kendaraan sudah bisa dipasang GPS. Mengingat saat ini tindak kejahatan semakin tinggi dan dengan berbagai motif. Sehingga kamu membutuhkan beberapa lapis keamanan dan ini berlaku untuk berbagai kendaraan salah satunya motor. Hanya saja banyak diantara kamu yang belum tahu dan familiar jika di motor juga ada yang memiliki fitur GPS.

Jika kamu perhatikan motor yang beredar di masyarakat memang belum mempunyai lapisan keamanan yang beragam layaknya mobil. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, pabrikan motor mulai menyusul ketertinggalan akan fitur-fitur motor yang mendukung keamanan seperti GPS.

Nah kali ini Igloo akan mengulas tentang teknologi GPS untuk motor yang ternyata bisa mengamankan motor saat berada di luar rumah.

Pengertian Teknologi GPS dan Fungsinya

GPS atau Global Positioning System merupakan sistem navigasi yang berbasis satelit, yang mana terdiri dari 24 satelit sering digunakan untuk mengetahui informasi lokasi ataupun waktu dari suatu objek. Dan sekarang ini, teknologi GPS telah berkembang dengan sangat pesat baik dari aspek fungsional sampai dengan teknologi informasi yang terintegrasi di dalamnya. 

Adanya contoh teknologi informasi yang menggunakan GPS untuk meningkatkan kemampuan, pelayanan dan kegunaan membuat industri otomotif tidak tinggal diam. Akhirnya sebagai gebrakan baru teknologi GPS dapat kamu temukan di motor sebagai rangkaian sistem navigasi yang membantu selama perjalanan.

Baca Juga Artikel Lainnya : Panduan Menjelajahi Jalur Wisata Pesisir Bali dengan Motor

Secara umum fungsi GPS adalah untuk melacak lokasi kendaraan secara real time dan dapat pula memberikan informasi yang kamu butuhkan saat itu juga. Namun apakah butuh teknologi GPS dipasangkan di motor yang kamu kendarai tiap harinya?

Teknologi GPS sangat penting bagi motor, akan tetapi banyak dari pemilik motor yang masih ragu untuk menggunakan teknologi ini. Padahal, adanya GPS akan membantu menambah perlindungan pada kendaraanmu dari adanya potensi kehilangan ataupun pencurian.

Jika dipasangkan di motor, berikut ini peran dan fungsi teknologi GPS dalam navigasi

1. Dapat kamu manfaatkan untuk pelacakan lokasi sepanjang waktu

Dengan kemampuan ini kamu bahkan bisa mengidentifikasi lokasi motor dimanapun dan kapanpun kamu cari termasuk saat motor dicuri atau hilang. Dengan adanya GPS kemungkinan untuk mendapatkan motormu kembali akan lebih besar.

Selain itu di beberapa GPS terdapat fitur tambahan berupa sensor getaran ataupun alarm. Dengan fitur tambahan ini semakin memperkecil kemungkinan untuk kendaraan dicuri. Bahkan kamu bisa dengan tenang meninggalkan motormu di parkiran umum.

2. Adanya GPS di motor meningkatkan kemampuan tanggap darurat

GPS di motor yang mempunyai fitur tombol SOS atau yang bisa mendeteksi tabrakan otomatis dapat meningkatkan kemampuan tanggap darurat. Saat ini terjadi GPS motor akan mengirimkan pemberitahuan ke kontak yang kamu pilih, sehingga kamu akan segera mendapatkan pertolongan.

3. Berfungsi untuk navigasi dan geofencing

Selain memberikan informasi terkait rute perjalanan, pada beberapa GPS juga mempunyai lapisan keamanan dengan fitur geofencing. Dengan fitur tersebut kamu bisa menetapkan batas wilayah geografis secara virtual. Artinya saat motor dikendarai melewati batas wilayah yang ditetapkan maka kamu akan mendapatkan notifikasi.

Fitur ini biasanya sangat bermanfaat bagi perusahaan armada kendaraan. Karena dengan fitur tersebut kamu bisa memantau lokasi motor dan bisa mengirimkan notifikasi jika motor keluar atau masuk area terlarang.

4. Teknologi GPS dapat memantau perilaku pengendara

Dengan adanya fitur GPS di motor kamu bisa menganalisis perilaku dari pengendara. Mulai dari kecepatan yang digunakan, akselerasi hingga pola pengereman.

5. Sebagai remote engine shutdown

Pada GPS motor yang canggih, alat navigasi tersebut dapat menghentikan mesin meskipun dari jarak jauh. Sehingga dengan kemampuan ini saat kendaraan dicuri kamu bisa dengan cepat menghentikan mesin dan akhirnya pencuri tidak bisa melarikan diri.

Cara Menggunakan Teknologi GPS dalam Navigasi untuk Pengendara Motor, Ini Tipsnya

Pada GPS kamu akan melihat pengukuran lokasi berdasarkan ukuran jarak dari receiver GPS dan satelitnya. Nah GPS akan memprediksi posisi suatu lokasi dengan cara menghitung berapa besar beda waktu saat pengiriman sinyal oleh satelit sampai sinyal tersebut diterima oleh receiver yang ada pada GPS. Biasanya proses ini akan melibatkan beberapa satelit agar hasilnya semakin akurat.

Baca Juga Artikel Lainnya : Tips Cari Rute Alternatif Mudik Menggunakan Google Maps

Saat memasang GPS ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Pertama kamu harus menggunakan GPS yang kompatibel dengan motor yang kamu kendarai. Kemudian pilihlah GPS yang tahan air dan debu, mengingat GPS kamu pasang di motor sehingga terlindungi dari cuaca dan kondisi jalanan yang tidak terprediksi. Persiapkan koneksi internet yang stabil, khususnya saat mengakses fitur-fitur pada GPS contohnya saat kamu ingin memperbarui lalu lintas.

Agar dapat memaksimalkan penggunaan GPS berikut ini tips menggunakan teknologi GPS dalam navigasi untuk pengendara motor:

1. Gunakan GPS yang sesuai

Pertama sesuaikan GPS dengan kebutuhan, kompatibilitas, pertimbangkan model dan fiturnya. Selain itu lihat keakuratan posisi, bagaimana tahan baterainya, dan fitur tambahan yang ada.

2. Tentukan lokasi pemasangan GPS yang tepat

Usahakan memasang GPS di lokasi yang mudah dijangkau, usahakan tidak mengganggu pandangan saat kamu berkendara. Biasanya bisa kamu letakkan di dekat dashboard atau di atas tangka bahan bakar.

3. Saat pemasangan lakukan dengan hati-hati

Agar bisa berfungsi maksimal, kamu harus mengikuti petunjuk pemasangan yang telah tersedia. Pastikan pula koneksi elektrik terpasang dengan benar dan tidak mengganggu saat berkendara.

4. Lakukan pengaturan dan konfigurasi sesuai kebutuhan

Jika GPS sudah terpasang maka lakukan konfigurasi yang dibutuhkan. Diantaranya mengatur preferensi rute, tambahkan lokasi favorit, dan aktifkan fitur-fitur keamanan misalnya fitur alarm dan anti pencurian.

Itulah tadi cara menggunakan teknologi dalam navigasi untuk pengendara motor dan tipsnya yang harus kamu ketahui. Nah kamu juga bisa menambah keamanan motormu dengan Asuransi Motor dari Igloo.

Dengan asuransi dari Igloo, kamu bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman tanpa khawatir kondisi darurat terjadi di tengah perjalanan.

Bila tertarik dan kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu