Skip to content

Pengertian Teknologi Abs Motor, Bikin Lebih Aman!

Sistem rem pada kendaraan merupakan serangkaian komponen yang bertugas untuk menurunkan kecepatan hingga menghentikan kendaraan yang kamu kendarai. Sistem ini sering kita kenal dengan rem ABS atau Anti-Lock Braking System yang merupakan teknologi yang digunakan untuk meningkatkan keselamatan selama berkendara.

Bekerja dengan sistem sensor, sehingga akan mengukur kecepatan roda kendaraan dan memberikan tekanan rem yang tepat. Dengan begitu pengemudi masih tetap punya kendali akan kendaraan ketika rem ditekan secara maksimal.

Agar lebih jelas dan kamu bisa mendapatkan keuntungan dari adanya teknologi ABS motor, berikut ini Igloo telah merangkum peran teknologi Anti-Lock Braking System (ABS) dalam keselamatan berkendara motor.

Pengertian Anti-Lock Braking System (ABS) dan Komponen Sistemnya

Dulunya Anti-Lock Braking System atau ABS pertama kali dikenalkan oleh produsen Mercedes-Benz di tahun 1978. Pada saat itu sistem tersebut hanya untuk mobil-mobil mewah. Namun dengan adanya teknologi yang terus berkembang rem ABS sekarang bisa kamu temukan pada semua jenis kendaraan.

Anti-Lock Braking System atau ABS adalah salah satu fitur keselamatan dan keamanan pada kendaraan, termasuk pada motor yang kamu kendarai setiap harinya. Sistem ini memang dirancang untuk membuat roda tidak terkunci ketika terjadi pengereman secara mendadak. Sehingga pengendara tetap punya kesempatan untuk mengontrol kendaraan hingga berhenti.

Sering disebut dengan sistem pengereman anti-kunci, dimana sensornya akan melakukan deteksi kecepatan roda secara cepat dan sinyal dikirimkan ke unit kontrol ABS. Nah nantinya unit kontrol inilah yang akan mengatur tekanan minyak rem yang dikeluarkan di setiap roda untuk mengurangi tekanan rem ketika roda motor mulai terkunci.

Oleh karena itu ABS mempunyai peran penting dalam keselamatan berkendara motor. Karena saat panic braking kamu lakukan atau pengereman secara mendadak ABS akan mengontrol terjadinya penguncian roda.

Nah rem ABS mempunyai banyak komponen yang mendukung kerjanya sehingga dapat berfungsi secara maksimal. Adapun berikut ini komponen-komponen yang akan kamu temukan pada rem ABS hingga bisa difungsikan:

1. Sensor Kecepatan

Pertama terdapat sensor kecepatan yang dipasang disetiap roda kendaraan. Tujuannya untuk dapat mengukur kecepatan setiap roda terutama saat rem ditekan.

2. Unit Kontrol

Pada unit kontrol akan bertugas untuk menerima sinyal dari sensor kecepatan. Kemudian mengontrol tekanan rem yang akan diberikan untuk setiap roda kendaraan.

3. Modul ABS

Dalam serangkaian komponen ini kamu juga akan menemukan modul ABS, fungsinya untuk mengontrol sistem ABS, kemudian memproses sinyal yang didapatkan dari sensor dan unit kontrol.

4. Sistem Kelistrikan

Semua komponen pada rem ABS akan dihubungkan dengan sistem kelistrikan yang kompleks sehingga dapat menyambung dengan sistem elektronik dari kendaraan tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Anti-Lock Braking System?

Rem ABS secara umum bekerja dengan mengukur kecepatan dari roda kendaraan yang didapatkan dari sensor yang terpasang. Sehingga saat kamu menekan rem kendaraan, secara otomatis sistem akan melakukan pengecekan kecepatan roda dan menentukan tekanan rem yang tepat.

Saat ada roda kendaraan terkunci sistem rem akan bertugas untuk melepaskan tekanan pada rem tersebut dan akhirnya roda dapat berputar kembali. Hal ini tentu saja dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan karena pengendara motor tetap bisa memegang kendali kendaraan saat rem ditekan keras.

Nah berikut ini penjelasan detail dari cara kerja Anti-Lock Braking System yang harus kamu ketahui:

  1. Sensor kecepatan roda yang terletak di dekat roda saat motor berjalan akan mengukur kecepatan putaran roda. Jika terjadi pengereman sensor tersebut akan langsung mengirim sinyal ke unit kontrol sistem ABS.
  2. Pada unit kontrol akan ada proses pengolahan data yang bertujuan untuk mengidentifikasi apakah roda mengalami penguncian saat proses penurunan kecepatan dilakukan atau tidak.
  3. Pada kondisi normal putaran roda motor saat direm akan mengalami pengurangan secara bertahap sesuai dengan tingkat tekanan rem. Namun ketika ada penguncian roda, roda akan melambat bahkan berhenti sama sekali. Dengan adanya unit kontrol ABS maka kecepatan roda akan dibandingkan kecepatan motor kemudian akan muncul respon.
  4. Jika penguncian roda ditemukan maka unit kontrol ABS akan memberikan sinyal ke sistem pengereman. Sehingga tekanan rem yang mengalami penguncian akan diuraikan. Dengan cara memerintahkan komponen piston rem untuk melepaskan tekanan.
  5. Saat penguncian roda diselesaikan, unit kontrol akan kirim sinyal ke sistem pengereman untuk memerintahkan tekanan minyak rem kembali ke kaliper. Hal ini akan berlangsung sangat cepat yaitu 15-50 kali per sekon.

Peran Teknologi Anti-Lock Braking System (ABS)

Peran teknologi ABS motor dalam keselamatan berkendara memang tidak diragukan lagi, karena nyatanya memang dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan. Nah berikut ini detail peran rem ABS:

  1. Dapat mencegah terjadinya penguncian roda karena pengereman mendadak.
  2. Adanya rem ABS dapat meningkatkan handling sehingga lebih stabil saat proses pengereman. Terutama saat kamu melewati tikungan ataupun permukaan jalan yang licin. Adanya ABS akan menstabilkan kendaraan yang kemudian berdampak pada meningkatnya handling dan juga keamananmu dalam berkendara.
  3. Berperan dalam mengurangi jarak pengereman, karena adanya ABS memungkinkan roda untuk tetap berputar meskipun dalam proses pengereman. Tentu saja hal ini akan menurunkan risiko tabrakan dengan kendaraan di depanmu.
  4. Menurunkan risiko tergelincir karena pengereman mendadak dan kecelakaan karena kamu kehilangan traksi.
  5. Kamu bisa berkendara lebih percaya diri karena ada sistem ABS yang dapat membantu kamu di situasi darurat.

Baca Juga Artikel Lainnya : 6 Kisaran Biaya Servis Motor yang Harus Disiapkan

Itulah peran teknologi Anti-Lock Braking System (ABS) dalam keselamatan berkendara motor di jalan raya. Nah untuk meningkatkan keselamatan berkendara kamu juga bisa melengkapi motor dengan Asuransi Motor Igloo.

Dengan asuransi dari Igloo, kamu bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman tanpa khawatir kondisi darurat terjadi di tengah perjalanan.

Bila tertarik dan kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.