Tips Membawa Anak-anak ke Dalam Mobil selama Mudik Lebaran

Tips Membawa Anak-anak ke Dalam Mobil selama Mudik Lebaran
Table of Contents

Apakah lebaran tahun ini kamu dan keluarga kecilmu akan pulang ke kampung halaman? Tradisi orang Indonesia menjelang lebaran pasti mudik ke kampung halaman, terutama mereka yang selama ini tinggal di perantauan.

Sehingga kepadatan arus mudik sudah pasti kita jumpai, apalagi jika kamu mudik dengan kendaraan pribadi. Membawa kendaraan pribadi memang lebih nyaman, tapi juga pasti lebih capek karena perjalanan yang jauh ditempuh. Belum lagi jika kamu membawa anak-anak dalam mobil, tentu rasa capeknya akan double.

Membawa anak-anak dalam perjalanan mudik lebaran membutuhkan banyak sekali persiapan. Terutama jika kamu membawa anak dengan rentang usia 1 – 6 tahunan. Jika ini pengalaman pertamamu, berikut ini ada beberapa tips membawa anak-anak ke dalam mobil selama mudik lebaran yang harus kamu ketahui.

Kira-Kira Persiapan dan Cara Apa yang Bisa Kamu Lakukan Saat Mudik Bersama Anak-Anak

Persiapan mudik lebaran bersama anak-anak terutama bayi harus diperhatikan dengan baik. Karena banyak perlengkapan yang kamu bawa dan sediakan di dalam mobil. Apalagi jika mereka sedang tidak nyaman dan bosan, kamu harus sudah punya cara untuk mengatasinya.

Nah inilah tips membawa anak-anak ke dalam mobil selama mudik lebaran yang sebentar lagi akan kamu lewati:

  • Anak Harus Dalam Kondisi Sehat dan Kamu Harus Siap P3K

Saat membawa anak-anak di dalam mobil, kamu harus sudah memastikan kesehatannya sebelum berangkat. Jangan memaksakan diri untuk memulai perjalanan mudik jika anak dalam kondisi tidak sehat.

Jika anak dalam kondisi tidak sehat menjelang keberangkatan mudik, maka segera bawa ke dokter untuk mengetahui kondisi mereka secara detail. Bila perlu mintalah daftar vitamin dan obat-obatan yang diperlukan dalam perjalanan.

Selain obat-obatan siapkan juga thermometer suhu untuk antisipasi jika anak drop pada saat perjalanan. Lengkapi kebutuhan P3K di dalam mobil sesuai kebutuhan anak dan anggota keluarga yang lain.

  • Siapkan Pakaian Ternyaman Mereka

Jika anak-anak memakai pakaian yang tidak nyaman pasti mood mereka tidak akan baik. Bahkan si kecil bisa sampai menangis jika tidak nyaman. Karena pakaian yang tidak nyaman bisa membuat tubuh gatal dan iritasi.

Oleh karena itu pastikan pakaian mereka nyaman dan lembut sebelum memulai perjalanan mudik ke kampung halaman.

  • Sediakan Selimut dan Baju Hangat

Di dalam mobil dengan tujuan perjalanan yang jauh juga rawan membuat si kecil kedinginan. Sehingga pastikan kamu menyediakan selimut dan baju hangat untuk mereka di mobil.

Apabila si kecil masih menyusu, maka kamu bisa membawa selimut dengan lubang leher untuk memudahkan proses mengASIhi.

  • Siapkan Kebutuhan Perlengkapan Bayi dan Anak-Anak

Siapkan kebutuhan si kecil di sisi paling atas atau di luar, terutama untuk kebutuhan seperti popok, botol susu, tissue kering dan basah, kantong plastik dan kebutuhan penting lainnya.

Hal tersebut akan memudahkan kamu dalam mengurus si kecil saat butuh BAB, BAK, muntah, atau sekedar membersihkan tubuh mereka.

Nah sebaiknya kamu membagi perlengkapan tersebut menjadi dua tas. Dimana isinya, tas pertama untuk kebutuhan darurat si kecil dan tas kedua untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting saat perjalanan. 

  • Sediakan Mainan yang Mereka Sukai

Jika si kecil sudah bisa memilih mainan maka berilah kesempatan mereka memilih mainan yang akan dibawa dalam perjalanan mudik lebaran. Namun, jika mereka masih bayi cukup bawakan 3-5 jenis mainan yang kemungkinan suka mereka mainkan saat bosan.

  • Pakai Baby Car Seat Saat Mudik dengan Anak-Anak

Apabila perjalanan mudik lebaran memakan waktu lebih dari 5 jam perjalanan sebaiknya gunakan baby car seat. Agar si kecil dapat duduk dengan aman dan nyaman selama perjalanan.

Usahakan membawa car seat yang empuk dengan fitur keamanan yang lengkap agar si kecil bisa anteng duduk berlama-lama disana.

  • Berkendaralah dengan Aman dan Nyaman

Saat membawa si kecil dalam perjalanan jangan melakukan akselerasi dan pengereman secara mendadak. Usahakan kamu melakukan dengan lebih waspada dan menjaga kecepatan tidak sampai terlalu tinggi.

Berkendara dengan aman dan nyaman juga menjaga safety, karena bisa menjaga anak dari mual karena kecepatan mobil yang tidak stabil. Selain itu, usahakan manuver kamu lakukan dengan lembut untuk menambah kenyamanan mereka saat di mobil.

  • Siapkan Mobil dengan Baik

Selain kebutuhan anak, kamu juga perlu melakukan pengecekan menyeluruh terkait kondisi mobil. Lakukan pengecekan mesin dan pastikan semua komponennya bisa menunjukkan performa maksimal.

Selain mesin, cek kondisi AC, apabila terdapat masalah segera lakukan perbaikan sebelum berangkat mudik ke kampung halaman.

  • Aturlah Kabin Mobil Senyaman Mungkin

Pastikan kondisi kabin bersih dan rapi sehingga anak anak bisa betah dan tenang saat di dalam mobil. Aturlah penempatan barang bawaan sebaik mungkin agar tidak mengganggu pergerakan mereka.

Sesekali berikan waktu screen time agar mereka tidak bosan. Kamu bisa sediakan film, games, atau video edukasi untuk anak agar mereka bisa rileks.

  • Bangun Suasana yang Menyenangkan di Mobil

Sebagai orang tua saat perjalanan mudik lebaran selain mengemudikan mobil kamu juga wajib membangun suasana menyenangkan di dalam mobil. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan agar mereka tidak bosan seperti bermain tebak-tebakan, mewarnai gambar, bermain flash card dan sebagainya. Bila perlu siapkan banyak permainan dari rumah untuk dimainkan di dalam mobil.

Nah itulah tadi berbagai tips membawa anak-anak ke dalam mobil selama mudik lebaran. Karena sebentar lagi momen tersebut akan datang, pastikan kendaraanmu sudah siap dan bila perlu sediakan Asuransi Mobil untuk antisipasi kondisi darurat dalam perjalanan.

Artikel Lainnya : 8 Cara Memilih Mobil Sewa yang Cocok untuk Mudik Lebaran

Apakah kamu sudah memilikinya? Jika belum, Igloo adalah salah satu penyedia Asuransi Mobil dengan tipe All Risk dan TLO yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Di Igloo kamu bisa membeli asuransi mobil dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital dan transfer bank.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu