4 Penyebab Motor Tiba Tiba Mogok & Cara Mengatasinya, Lengkap!

penyebab motor mogok tiba-tiba
Table of Contents

Pemilik motor yang belum pernah melihat motor mogok tiba tiba mungkin akan panik. Namun, kamu bisa menghindari risiko tersebut dengan selalu memastikan motor dalam keadaan baik, misalnya dengan melakukan servis dan penggantian oli secara rutin. 

Tetapi, jika penasaran apa sebenarnya penyebab motor mogok secara tiba-tiba, simak artikel Igloo satu ini ya!

Penyebab Motor Tiba-tiba Mogok 

Motor adalah kendaraan yang banyak digunakan individu untuk kebutuhan mobilitas, jarak dekat maupun jarak jauh. Namun, penggunaan kendaraan ini tidak terlepas dari risiko yang bisa terjadi bahkan saat sedang berada di perjalanan. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah motor mogok tiba-tiba tanpa ada tanda-tanda terlebih dahulu.

Kondisi tersebut bisa terjadi karena berbagai hal dan berikut adalah penyebab motor mogok tiba tiba:

1. Mesin Terlalu Panas

Apabila motor matic tiba tiba mati saat sedang kamu kendarai, salah satu penyebabnya adalah keadaan mesin motor yang terlalu panas. Dalam kondisi ini, sebaiknya tidak memaksakan mesin terus menyala agar suhu tidak terus naik.

2. Pemilihan Bahan Bakar yang Tidak Tepat

Salah satu risiko yang harus kamu antisipasi saat berkendara adalah motor mogok di jalan. Penyebabnya sangat beragam, salah satunya adalah pemilihan dan penggunaan bahan bakar yang tidak tepat.

Tidak sedikit pengguna kendaraan yang lebih fokus pada harga bahan bakar, sehingga menjadi abai terhadap pentingnya penggunaan bahan bakar yang tepat. Padahal, pengguna motor harus memperhatikan kadar oktan bahan bahan sesuai jenis dan kebutuhan motor.

Bahan bakar dengan oktan tinggi akan menghasilkan pembakaran yang lebih baik dengan tingkat polutan yang lebih kecil. Alhasil, motor tidak akan mudah ngambek atau mogok.

3. Oli Tidak Diganti atau Oli Habis

Kenapa motor tiba tiba mati? Apabila kamu jarang mengganti oli motor, tidak perlu heran jika tiba tiba motor mati mendadak di tengah jalan. Oli yang tidak diganti secara rutin dapat menyebabkan kerusakan di bagian komponen mesin.

Bagi mesin kendaraan, oli berfungsi untuk melindungi mesin dari gesekan langsung. Masalah lain yang bisa terjadi adalah kehabisan oli mesin yang membuat mesin saling bergesekan.

4. Terjadinya Masalah pada Busi

Agar motor bisa berjalan, perlu adanya pembakaran. Proses pembakaran membutuhkan busi, komponen motor yang menghasilkan percikan api. Jika terjadi masalah pada busi, motor tidak akan bisa berjalan. 

Ada beberapa penyebab mengapa busi bermasalah, misalnya karena busi rusak, kepala busi kotor, atau kabel busi tersumbat. Kabel busi yang tersumbat kotoran menghambat percikan api sampai ke karburator mesin.

Cara Mengatasi Motor yang Tiba-tiba Mogok di Jalan

cara mengatasi motor mogok
Sumber Foto: Getty Images via Unsplash

Pemilik kendaraan harus mengantongi informasi apapun yang berhubungan dengan kendaraan yang digunakan, termasuk penyebab motor mogok. Setelah mengetahui penyebabnya, kamu bisa mencari solusi yang tepat agar motor kembali bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Terdapat banyak cara mengatasi motor mogok tiba tiba yang bisa disesuaikan dengan penyebabnya, di antaranya:

1. Istirahatkan Motor selama Beberapa Saat

Mesin motor terlalu panas membuat kendaraan mogok secara tiba-tiba. Saat mengalami hal tersebut, kamu bisa mengatasinya tanpa harus pergi ke bengkel atau menghubungi montir.

Kali ini, coba istirahatkan motor selama beberapa saat. Penggunaan motor secara terus menerus selama perjalanan akan dapat menurunkan performa mesin kendaraan kamu. Untuk perjalanan jarak jauh, sebaiknya menepi dan berhenti sekitar satu jam agar mesin kembali ke suhu awal.

2. Mengecek dan Mengisi Bahan Bakar

Tidak jarang motor tiba-tiba berhenti atau mogok saat sedang dikendarai. Hal tersebut bahkan bisa terjadi saat motor melaju di jalanan yang ramai. Apabila mengalami hal tersebut, itu bisa jadi karena masalah pada bahan bakar.

Oleh sebab itu, segera lakukan pengecekan untuk memastikan apakah bahan bakar masih ada atau sudah habis. Lihat indikator tangki bahan bakar atau cek secara manual dengan membuka tangki bahan bakar motor kamu.

Agar terhindar dari masalah motor yang tiba-tiba mogok, cek selalu bahan bakar sebelum berkendara. Sebaiknya pengisian bahan bakar tidak menunggu hingga tetes terakhir tersisa pada tangki.

3. Coba Periksa Kondisi Oli

Memeriksa kondisi oli bisa menjadi salah satu solusi tepat saat motor yang kamu kendarai tiba-tiba berhenti alias mogok. Ada banyak hal yang bisa terjadi saat berkendara. Misalnya, kamu berkendara di tengah hujan deras dan air merembes, bahkan bercampur dengan oli pada mesin.

Pengguna kendaraan disarankan untuk rutin memeriksa dan mengganti oli secara berkala. Mengganti oli dengan oli baru akan meminimalisir risiko kerusakan pada mesin kendaraan.

Penggantian oli akan memberikan dampak baik pada performa motor. Kamu dapat mengganti oli mesin per empat hingga lima ribu km. Sementara untuk penggantian oli gardan bisa dilakukan setiap delapan ribu hingga sepuluh ribu km bagi motor matic.

4. Memeriksa Busi Motor

Salah satu penyebab motor mogok secara tiba-tiba adalah masalah pada bagian busi. Itulah mengapa kamu harus memeriksa bagian tersebut apabila motor mogok saat dikendarai.

Busi yang masih berfungsi dengan baik ditandai dengan adanya percikan api biru saat kamu menyalakan mesin motor. Sebaliknya, tidak adanya percikan api mengindikasikan bahwa busi harus segera diganti dengan yang baru.

Periksa juga bagian lain, yaitu selang busi untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran yang menyumbat bagian satu ini. 

5. Segera Lakukan Servis ke Bengkel Terdekat

Apabila motor mogok secara tiba-tiba saat sedang dikendarai, ini bisa menjadi tanda bahwa kamu harus segera melakukan servis motor. Kamu bisa pergi ke bengkel resmi terdekat untuk melakukannya.

Kemudian, pastikan bahwa montir yang akan menangani motor kamu adalah montir profesional yang berpengalaman. Pemilihan montir yang tepat dapat membantu mencegah kesalahan dalam pemasangan komponen motor. Jadi, akan minim risiko timbulnya masalah lain pada kendaraan.

Sekarang kamu sudah tahu apa saja penyebab motor tiba tiba mogok serta bagaimana cara mengatasinya. Akan tetapi, motor mogok tentu bukan satu-satunya masalah yang terjadi pada kendaraan. Beberapa masalah yang lebih serius memerlukan penanganan yang tepat dari profesional. Itu artinya, kamu harus mempersiapkan dana lebih untuk kebutuhan tersebut. 

Apabila ingin melindungi motor dari masalah yang tidak diharapkan, misalnya kerusakan karena kecelakaan, kamu bisa segera membeli Asuransi Motor dari Igloo.

Di Igloo, kamu bisa mendapatkan asuransi dengan mudah dan cepat, yaitu hanya dengan beberapa langkah berikut:

  • Buka website Igloo dan pilih Asuransi Motor di menu Produk di bagian atas website
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Asuransi Motor Listrik atau Asuransi Motor yang cocok untuk jenis motor matic maupun motor bebek
  • Pilih klik Cari di Sini di salah satu jenis asuransi yang kamu butuhkan
  • Isi informasi kendaraan dengan benar dan jelas
  • Bayar premi asuransi melalui pembayaran yang kamu inginkan, bank transfer, dompet digital, atau virtual accounts
  • Tunggu hingga mendapatkan pemberitahuan bahwa polis asuransi sudah diterbitkan

Membeli asuransi motor di Igloo menjadi lebih hemat berkat adanya diskon mulai dari 25%. Diskon tersebut juga berlaku untuk Asuransi Mobil yang cocok dijadikan sebagai proteksi kendaraan roda empat kesayangan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu