Biaya Ganti Oli Motor Lengkap: Honda, Yamaha, Suzuki, Vespa

Table of Contents

Mengganti oli motor secara rutin merupakan salah satu perawatan penting yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan. Oli berfungsi sebagai pelumas mesin yang membantu mendinginkan komponen-komponen mesin serta membersihkan kotoran yang ada di dalamnya.

Untuk biaya ganti oli motor sendiri berbeda-beda tergantung jenis oli yang kamu gunakan. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas harga ganti oli mesin motor dari beberapa merek motor di Indonesia, kami juga akan menjelaskan kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli.

Harga Ganti Oli Motor 2024 Lengkap 

biaya ganti oli motor

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya di atas bahwa biaya ganti oli motor ini berbeda-beda jenis oli dan merek kendaraan yang digunakan. Namun tidak perlu khawatir, berikut ini sudah kami rangkum daftar biaya ganti oli motor di ahass, yamaha, suzuki dan vespa.

Harga Ganti Oli Motor Honda

Tentunya kamu sudah tidak asing dengan merk Honda, yaitu salah satu merek motor paling populer di Indonesia. Untuk menjaga performa mesin motor Honda tetap optimal, penggunaan oli yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi pabrik sangat dianjurkan. Honda memiliki oli resmi dengan merek AHM Oil yang tersedia dalam beberapa varian.

Berikut adalah daftar harga oli resmi Honda (AHM Oil) berdasarkan tipe dan kemasannya:

  • AHM Oil MPX1 10W-30 (0,8 L): Rp29,000 – 32,500
  • AHM Oil MPX2 10W-30 (0,8 L): Rp30,000 – 35,000
  • AHM Oil SPX1 10W-30 (1 L): Rp71,700 – 73,990
  • AHM Oil SPX2 10W-30 (1 L): Rp65,999 – 75,500

Berapa biaya ganti oli motor matic? Harganya bervariasi tergantung dimana kamu mengganti oli apakah sendiri, bengkel, atau bengkel resmi. Jika kamu mengganti oli di bengkel resmi Honda (AHASS), biaya ganti oli motor matic honda yang harus kamu keluarkan biasanya berkisar antara Rp60.000 hingga Rp100.000.

Harga Ganti Oli Motor Yamaha

Yamaha juga memiliki oli resmi untuk motornya dengan merk Yamalube. Tersedia dalam beberapa varian, nah oli Yamalube ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan mesin motor merek Yamaha.

Berikut adalah daftar harga oli resmi Yamaha (Yamalube) berdasarkan tipe dan kemasannya:

  • Yamalube Silver (0,8 L): Rp32,000 – 38,000
  • Yamalube Gold (0,8 L): Rp40,000 – 45,000
  • Yamalube Super Matic (0,8 L): Rp49,000 – 55,000
  • Yamalube Sport (1 L): Rp52,000 – 58,000

Biaya ganti oli motor yamaha di bengkel resminya bervariasi tergantung dari lokasi dan jenis oli yang digunakan, apakah dalam pergantiannya termasuk mengganti filter oli atau tidak. Namun biasanya berkisar antara Rp55.000 hingga Rp100.000

Harga Ganti Oli Motor Suzuki

Suzuki juga memiliki oli resmi untuk motornya dengan merek Ecstar. Oli merek Ecstar ini dibuat dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan mesin motor dengan merek Suzuki.

Berikut adalah daftar harga oli resmi Suzuki (Ecstar) berdasarkan tipe dan kemasannya:

  • Ecstar R3000 10W-40 MA (1 L): Rp42,000 – 47,000
  • Ecstar R5000 10W-40 MA (1 L): Rp54,000 – 59,000
  • Ecstar R7000 10W-40 MA (1 L): Rp62,000 – 67,000
  • Ecstar R9000 10W-40 MA (1 L): Rp77,000 – 83,000

Jika kamu mengganti oli di bengkel resmi Suzuki, biaya total yang harus kamu keluarkan biasanya berkisar antara Rp80.000 hingga Rp120.000, tergantung pada jenis oli yang digunakan dan apakah termasuk penggantian filter oli atau tidak.

Harga Ganti Oli Motor Vespa

Vespa tidak memiliki oli resmi yang diproduksi khusus untuk motornya di Indonesia. Namun, banyak pemilik Vespa menggunakan oli dari merek-merek terkenal yang cocok dengan spesifikasi mesin Vespa. Berikut beberapa merek oli yang sering dipakai motor Vespa:

  • Shell Advance AX7 Scooter 10W-40 (1 L): Rp53,000 – 59,000
  • Castrol Power 1 Scooter 4T 10W-30 (1 L): Rp65,000 – 72,000
  • Motul Scooter Expert 4T 10W-40 MA (1 L): Rp85,000 – 92,000
  • Liqui Moly Scooter 4T Synth 10W-40 (1 L): Rp95,000 – 102,000

Biaya ganti oli mesin motor Vespa di bengkel spesialis biasanya berkisar antara Rp100.000 hingga Rp150.000, tergantung pada jenis oli yang digunakan dan apakah termasuk penggantian filter oli atau tidak.

Kapan Sebaiknya Oli Motor Harus Diganti?

Oli motor yang diganti secara teratur sangatlah penting supaya performa serta umur mesin motor tetap terjaga dan tahan lama. Banyak yang bingung tentang kapan tepatnya oli harus diganti, karena penggantian oli ini bisa bergantung pada beberapa faktor, seperti jenis motor, jenis oli yang digunakan, dan pola penggunaan motor.

Berikut adalah beberapa pedoman umum untuk menentukan kapan sebaiknya mengganti oli motor:

Berdasarkan Jarak Tempuh

kamu bisa melakukan pergantian oli berdasarkan dari jarak tempuh yang sudah dilalui oleh kendaraan, berikut aturannya:

  • Untuk motor konvensional (bukan matic): Setiap 2.000 – 2.500 km
  • Untuk motor matic: Setiap 2.500 – 3.000 km
  • Untuk motor sport: Setiap 3.000 – 4.000 km

Berdasarkan Waktu

Jika motor jarang digunakan dan belum mencapai jarak tempuh yang disarankan, sebaiknya oli tetap diganti setiap 4-6 bulan sekali. Karena meskipun tidak dipakai, oli akan mengalami penurunan kualitas, karena itulah perlu diganti meski tidak pernah atau jarang digunakan.

Berdasarkan Kondisi Penggunaan

Jika motor sering digunakan dalam kondisi berat (seperti berkendara di jalan berdebu, sering macet, atau sering digunakan untuk perjalanan jauh), mungkin perlu mengganti oli lebih sering.

Jika motor sering digunakan untuk perjalanan pendek (kurang dari 10 km) dan mesin sering dinyalakan dan dimatikan, oli mungkin perlu diganti lebih sering karena kondensasi yang terbentuk di dalam mesin.

Berdasarkan Indikator pada Motor

Beberapa motor terbaru sekarang ini sudah memiliki indikator untuk memberitahu kapan oli perlu diganti. Apabila indikator menunjukkan oli harus diganti, maka segera bawa motor kamu ke bengkel resmi dan ganti oli dengan yang baru. kamu juga bisa membeli oli nya saja dan menggantinya secara mandiri di rumah.

Berdasarkan Kondisi Oli

Periksa kondisi oli secara visual dan dengan dipstick. Jika oli terlihat sangat gelap, keruh, atau level oli sudah di bawah batas minimum, maka sudah waktunya untuk mengganti oli.

Penting untuk diingat bahwa pedoman di atas hanyalah rekomendasi umum. Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang interval penggantian oli yang tepat untuk motor kamu, selalu merujuk pada buku manual pemilik atau berkonsultasi dengan mekanik yang beRpengalaman.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu mengganti oli motor, yaitu:

  1. Gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh produsen motor kamu.
  2. Jika memungkinkan, ganti juga filter oli saat mengganti oli.
  3. Pastikan untuk membuang oli bekas dengan cara yang ramah lingkungan. Banyak bengkel yang menerima oli bekas untuk didaur ulang.
  4. Setelah kamu selesai mengganti oli, sebaiknya periksa kembali level oli untuk memastikan jumlahnya tepat.

Dengan melakukan penggantian oli secara teratur sesuai dengan rekomendasi, kamu dapat membantu menjaga performa mesin motor tetap optimal, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan memperpanjang umur mesin.

Perlindungan Lebih untuk Motor Kesayanganmu

Nah itulah tadi penjelasan tentang biaya ganti oli motor 2024 berbagai merk, mulai dari honda, yamaha, suzuki sampai ganti oli motor vespa. Mengganti oli motor secara teratur merupakan sebuah investasi untuk menjaga performa dan umur mesin kendaraan kamu.

Meskipun biaya ganti oli dapat bervariasi tergantung pada merek motor dan jenis oli yang digunakan, manfaat dari perawatan rutin ini jauh lebih besar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan.

Selalu ikuti rekomendasi pabrik mengenai jenis oli dan interval penggantian yang tepat untuk motor kamu. Motor kamu akan bisa digunakan dengan optimal dalam waktu lama jika dilakukan perawatan yang baik.

Selain mengganti oli secara teratur, pastikan motor kesayanganmu terlindungi dari berbagai risiko dengan Asuransi Motor dari Igloo. Dapatkan perlindungan komprehensif yang mencakup kerusakan, pencurian, hingga kecelakaan. 

Bila tertarik dan kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena Kami menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo, Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu