Estimasi Biaya Dokter Hewan 2024 untuk Perawatan Anabul Tersayang

biaya dokter hewan
Table of Contents

Saat memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan, tentu kamu juga sudah harus mempersiapkan berbagai macam biaya kebutuhan hewan peliharaan kamu. Salah satu kebutuhan yang harus kamu persiapkan adalah biaya dokter hewan untuk berbagai keperluan hewan peliharaan kesayangan kamu.

Biaya dokter hewan ini harus kamu persiapkan dengan baik agar nantinya jika ada kebutuhan mendadak dengan hewan peliharaan kamu, kamu tidak akan mengeluarkan biaya berlebih dari apa yang telah kamu rencanakan sebelumnya.

Untuk mengetahui berapa biaya dokter hewan yang perlu kamu persiapkan untuk berbagai keperluan hewan kesayangan kamu, simak informasi dari Blog Igloo berikut ini.

Biaya Dokter Hewan Berdasarkan Tempat Prakteknya

Biaya Dokter Hewan Berdasarkan Tempat Prakteknya

Sebelum mengetahui secara rinci berapa biaya dokter hewan yang perlu dikeluarkan untuk kebutuhan hewan peliharaan kamu, hal yang perlu kamu ketahui sebelumnya adalah beberapa tempat praktek dokter hewan. Berikut ini adalah beberapa tempat tersebut.

1. Praktek Mandiri 

Tempat praktek dokter hewan yang pertama adalah praktek mandiri. Tempat praktek Mandiri ini biasanya memiliki ciri khas di mana terdapat papan nama pribadi dari dokter hewan tersebut di tempat prakteknya.

praktek dokter hewan mandiri ini adalah pelayanan jasa yang disediakan oleh satu dokter hewan secara individu. Karena hal tersebut untuk biaya dokter hewan praktek mandiri ini ditentukan oleh dokter tersebut.

Rata-rata biaya berobat ke dokter hewan praktek mandiri ini adalah berkisar mulai dari Rp100 hingga Rp200 Ribuan untuk satu kali sesi konsultasi.

2.Praktek Dokter Hewan Bersama atau PDHB

Tempat praktek dokter hewan yang kedua adalah praktek dokter hewan bersama atau PDHB. Berbeda dengan praktek mandiri, PDHB memiliki beberapa dokter hewan yang bertanggung jawab dalam satu tempat praktek.

Untuk biaya dokter hewan pada tempat praktek ini bervariasi dan biasanya tergantung dari lokasi praktek, serta kebijakan penanggung jawab PDHB tersebut.

Namun pada umumnya untuk kisaran harga tidak terlalu berbeda jauh dengan praktek dokter hewan mandiri yaitu berkisar mulai dari Rp50 hingga Rp200 Ribuan.

3. Pusat Kesehatan Hewan atau Puskeswan

Tempat praktek dokter hewan yang selanjutnya adalah Pusat Kesehatan Hewan atau Puskeswan. 

Puskeswan ini adalah salah satu unit pelayanan teknis di bidang kesehatan yang dijalankan oleh pemerintah atau lebih tepatnya di bawah Dinas Pertanian Peternakan Kota maupun Kabupaten.

Untuk biaya dokter hewan di Puskeswan ini umumnya lebih terjangkau karena telah diatur dalam peraturan daerah setempat. Seperti contohnya di Jakarta, tarif Puskeswan telah diatur dalam Peraturan Gubernur atau PERGUB Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 64 tahun 2017. 

Baca Juga: Asuransi Hewan Peliharaan: Definisi, Jenis dan Manfaatnya

4. Klinik Hewan

Tempat praktek dokter hewan yang berikutnya adalah klinik hewan. Umumnya klinik hewan dijalankan oleh swasta atau perseorangan dengan susunan manajemen yang telah terstruktur.

Di dalam klinik hewan ini tentunya terdapat lebih dari satu dokter hewan yang bertugas sebagai koordinator atau penanggung jawab.

Dibandingkan dengan praktek mandiri dan PDHB, klinik hewan memiliki perlengkapan, peralatan yang lebih lengkap dan bahkan sudah memiliki laboratorium. Karena hal tersebut, untuk biaya dokter hewan di klinik hewan umumnya lebih tinggi karena memiliki fasilitas yang lebih lengkap. 

5. Rumah Sakit Hewan

Tempat praktek dokter hewan yang terakhir adalah rumah sakit hewan. Rumah sakit hewan ini merupakan unit pelayanan kesehatan yang paling lengkap dan sering dijadikan rujukan oleh klinik hewan maupun tempat praktek dokter hewan lainnya.

Rumah sakit hewan ini umumnya dikelola oleh pihak swasta dan ada juga beberapa yang dikelola oleh universitas yang memiliki fakultas kedokteran hewan sebagai tempat belajar bagi para calon dokter hewan.

Selain itu juga ada juga rumah sakit hewan yang dikelola khusus oleh pemerintah tingkat provinsi salah satunya adalah rumah sakit hewan provinsi Jawa Barat di Cikole. 

Untuk biaya dokter hewan di rumah sakit hewan tentunya jumlahnya akan lebih tinggi, karena ada beberapa biaya lainnya yang harus kamu keluarkan seperti biaya pendaftaran dan biaya administrasi yang jumlahnya bervariasi tergantung dari masing-masing keputusan pihak rumah sakit hewan.

Baca Juga: 5 Jenis Anjing Polisi yang Banyak Digunakan untuk Membantu

Estimasi Biaya Dokter Hewan 2024  Berdasarkan Jenis Tindakan yang Dilakukan

Setelah mengetahui beberapa tempat praktek dokter hewan, berikut ini adalah estimasi biaya dokter hewan 2024 yang dilakukan berdasarkan jenis tindakan yang dilakukan.

Selain beberapa biaya tersebut, ada juga beberapa biaya vaksin yang perlu kamu ketahui. Berikut ini adalah rincian biaya vaksin untuk kucing yang perlu kamu ketahui.

Berikut ini rincian biaya untuk vaksin anjing yang perlu kamu ketahui.

Pertanyaan Umum Seputar Biaya ke Dokter Hewan

Berbicara tentang biaya berobat ke dokter hewan, tentu ada sejumlah pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh pemilik hewan peliharaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut ditanyakan untuk bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum seputar biaya ke dokter hewan:

1. Berapa Biaya Periksa Kucing ke Dokter Hewan?

Besaran biaya konsultasi ke dokter hewan bergantung pada kebijakan masing-masing dokter hewan. Akan tetapi, pemilik hewan perlu mendapatkan estimasi agar tahu berapa banyak dana yang harus disiapkan untuk membawa anabul ke dokter hewan.

Estimasi biaya pergi ke dokter hewan sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu untuk konsultasi. Dengan begitu, estimasi biaya tersebut hanya untuk pemeriksaan atau konsultasi saja, di luar biaya lainnya.

2. Berapa Biaya Perawatan Kucing Sakit?

Kucing peliharaan yang sakit turut menjadi kekhawatiran. Oleh sebab itu, pemilik kucing akan berusaha mencari pengobatan dan perawatan yang tepat. Namun, tidak semua dari mereka tahu kisaran biaya perawatan kucing di dokter hewan maupun di fasilitas kesehatan khusus hewan seperti klinik atau puskeswan.

Apabila ingin membawa kucing yang sakit untuk mendapatkan perawatan dari dokter, biayanya akan sangat bervariasi. Perbedaan biaya bergantung pada beberapa hal, kondisi kesehatan atau keluhan, fasilitas kesehatan yang dipilih, hingga pengobatan yang diberikan.

Namun secara umum, biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan kucing sakit adalah sekitar Rp 40 ribu hingga Rp 2,5 jutaan atau lebih.

3. Di Mana Dokter Hewan Terdekat?

Apabila ini kali pertama kamu akan membawa kucing ke dokter hewan, kamu bisa mencari lokasi dokter hewan terdekat. Kamu bisa melakukan pencarian online melalui internet dengan mengetikkan kata kunci terkait dilengkapi dengan lokasi tempat tinggal. Selain itu, kamu juga bisa bertanya kepada keluarga atau sahabat yang tahu rekomendasi dokter hewan terdekat dan terpercaya.

Cari tahu lokasi dokter hewan praktik mandiri, puskeswan, atau klinik hewan yang bisa dijangkau dengan akses yang cepat dan mudah dari tempat tinggal agar kucing kesayanganmu segera mendapatkan perawatan.

Semoga informasi dari Igloo kali ini tentang biaya dokter hewan dapat membantu kamu menjaga hewan peliharaan kesayangan kamu.

Biaya tersebut tentunya akan semakin ringan jika kamu menggunakan asuransi hewan peliharaan yang terbaik. Produk asuransi tersebut bisa didapatkan dari Igloo. 

Igloo menawarkan proses pembelian Asuransi Hewan Peliharaan yang mudah dan cepat melalui beberapa langkah berikut:

  • Akses halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di website Igloo.
  • Pilih polis asuransi yang sesuai kebutuhan, apakah asuransi untuk anjing atau kucing, termasuk yang tidak memiliki sertifikat.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” untuk menentukan produk asuransi yang tepat.
  • Isi semua detail informasi yang berkaitan dengan hewan peliharaan yang akan diasuransikan.
  • Lakukan pembayaran agar polis asuransi bisa segera diterbitkan.

Selain Asuransi Hewan Peliharaan, Igloo juga menawarkan berbagai produk ausransi lain, termasuk Asuransi Motor, Asuransi Mobil, Asuransi Kesehatan, dan Asuransi Perjalanan. Dengan pilihan asuransi yang tepat, kamu bisa memastikan kondisi finansial tidak akan terpengaruh oleh biaya perawatan hewan saat terjadi risiko pada hewan kesayanganmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu