7 Rahasia Hidup Sehat: Simpel, Efektif, dan Bermanfaat

cara hidup sehat sederhana
Table of Contents

Menjalani pola hidup sehat dapat menjadi tantangan bagi beberapa orang, terutama bagi yang belum terbiasa. Namun, kini kamu bisa memulainya dari menjalankan cara hidup sehat yang sederhana dan mudah dijalani.

Seperti yang kita ketahui, menjalani pola hidup sehat menawarkan banyak manfaat bagi kualitas hidup, kebugaraan fisik dan mental, serta dapat meminimalkan risiko berbagai masalah kesehatan.

Dengan menjalani pola hidup sehat, kamu akan selalu terasa fresh dan produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, pola hidup sehat juga akan membantu kamu menjaga berat badan yang sehat dan membuat kamu semakin percaya diri.

Nah, bagi kamu yang ingin menjalani pola hidup sehat, kali ini Igloo akan memberikan cara sederhana yang mudah diikuti.

Cara Hidup Sehat Sederhana

1. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat sebagai cara agar  hidup tetap sehat

Cara sederhana hidup sehat yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan kaya akan nutrisi. Tubuh manusia memerlukan berbagai nutrisi penting untuk menjalani fungsi-fungsi dasar, pertumbuhan, dan pemeliharaan kesehatan yang optimal. 

Beberapa nutrisi yang penting bagi tubuh antara lain adalah protein, lemak sehat, vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan. Semua nutrisi tersebut dapat dengan mudah kamu dapatkan pada daging dan sayuran.

2. Olahraga Secara Teratur

Olahraga teratur agar hidup tetap sehat

Olahraga secara teratur sangat penting dalam hidup sehat sederhana karena memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan fisik, mental, dan emosional kamu. Untuk pemula, kamu bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti jalan kaki 5000 langkah setiap hari.

Ketika sudah merasakan adanya peningkatan fisik, kamu bisa coba latihan angkat beban di pusat kebugaraan atau di gym terdekat. Tidak hanya akan membentuk otot, latihan beban juga akan membantu memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis seiring bertambahnya umur.

Jadi, olahraga adalah investasi dalam kesehatan jangka panjang kamu. Dengan menjaga tubuh tetap aktif, kamu dapat memperpanjang harapan hidup dan menjalani kehidupan yang lebih sehat saat menua.

3. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup agar hidup tetap sehat

Cara hidup sehat sederhana berikutnya adalah dengan memiliki jam tidur yang cukup. Tidur adalah waktu ketika tubuh kamu memulihkan diri. Selama tidur, tubuh kamu akan mengalami pemulihan otot, perbaikan jaringan, dan pelepasan hormon pertumbuhan. 

Tidur yang cukup juga akan memberi kamu energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Ketika kamu mendapatkan jam dan kualitas tidur dengan baik, kamu lebih cenderung menjadi lebih produktif, berkonsentrasi dengan baik, dan memiliki daya tahan yang lebih baik ketika menjalankan aktivitas sehari-hari.

Bagi pria, penting untuk menjaga hormon testosteron untuk pembentukan otot, kesehatan seksual, dan energi. Nah, jika kamu tidak memiliki jam tidur yang cukup, hormon ini akan berkurang, sehingga kamu akan ini mengalami lemas hingga penurunan massa otot.

Rekomendasi tidur yang cukup bervariasi tergantung usia dan individu, tetapi sebagian besar orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam.

Baca juga: 8 Rahasia Merawat Rambut agar Tetap Indah dan Sehat

4. Kelola Stres

Stres yang berkelanjutan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan fisik, seperti peningkatan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, dan gangguan tidur. Hal ini juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh yang akan membuat kamu lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Ketika kamu sedang stres, cobalah untuk melakukan meditasi seperti menarik napas dalam-dalam lalu embuskan secara perlahan. Kamu juga bisa berolahraga agar tubuh kamu melepaskan endorfin atau hormon bahagia. Endorfin dapat memberikan perasaan euforia dan meningkatkan suasana hati, sehingga membantu mengurangi stres.

5. Kurangi Gula

Mengonsumsi gula dalam jumlah sedikit tidak selalu berdampak buruk pada kesehatan, tetapi mengonsumsinya secara berlebihan dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan. Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan, hingga resiko terkena penyakit jantung.

6. Banyak Minum Air Putih

Cara sederhana hidup sehat selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi setidaknya dua liter air putih per hari. Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, jadi pastikan kamu mengonsumsi cukup air setiap hari untuk menjaga tubuh tetap sehat.

7. Hindari Rokok dan Alkohol

Cara sederhana hidup sehat yang terakhir adalah dengan menghindari rokok dan alkohol. Merokok dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit paru-paru, penyakit jantung, stroke, kanker, hingga kerusakan kulit. Sementara itu, alkohol  dapat merusak berbagai organ dalam tubuh, termasuk hati, pankreas, otak, dan jantung. 

Baca juga: 6 Tips Terbaik untuk Ginjal Sehat: Simpel dan Ampuh

Dapatkan Asuransi Kesehatan Terbaik di Igloo

Bagaimana? Menjalani cara hidup sehat yang sederhana tidak begitu sulit, bukan? Semoga tips-tips dari Igloo di atas dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kamu, ya! 

Jangan lupa untuk memiliki asuransi kesehatan yang terbaik, agar kesehatan kamu semakin terlindungi.

Untuk melakukan pembelian asuransi kesehatan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kesehatan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kesehatan
  2. Pilih jenis asuransi kesehatan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Keluarga dan Asuransi Individu
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis asuransi kesehatan yang diinginkan
  4. Masukan informasi keluarga/personal kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi kesehatan, Igloo juga menawarkan berbagai produk asuransi lain yang dapat memberikan ketenangan pikiran yang sama. Jika kamu berencana untuk bepergian, pertimbangkan Asuransi Perjalanan Igloo untuk melindungi perjalanan kamu dari kemungkinan gangguan.

Untuk kendaraan berharga, Igloo menyediakan asuransi kendaraan yang akan melindungi investasi kamu baik Asuransi Motor atau Asuransi Mobil. Bahkan teman berbulu kamu bisa mendapatkan perlindungan terbaik dengan Asuransi Hewan Peliharaan.

Jadilah bagian dari keluarga Igloo dengan kunjungi situs web Igloo hari ini dan dapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Igloo. Yuk, lindungi kesehatan dan masa depan kamu bersama Igloo!

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu