cara membuat itinerary

7 Cara Membuat Itinerary yang Sering Digunakan Traveller

Table of Contents

Terkadang, berlibur ke suatu tempat akan membuat kamu kebingungan. Terutama jika belum pernah mengunjungi tempat tersebut sebelumnya. Untuk mengatasi hal ini, kamu tentu harus mengetahui cara membuat itinerary atau rencana perjalanan.

Singkatnya, itinerary adalah adalah daftar destinasi, jadwal kegiatan, serta estimasi biaya yang perkiraan biaya yang diperlukan selama perjalanan ke destinasi tertentu. 

Dengan adanya itinerary, pengalaman liburan kamu akan semakin maksimal karena semua sumber daya dan waktu selama perjalanan akan digunakan secara efisien.

Nah, jika kamu belum tahu cara membuat itinerary, artikel Igloo berikut bisa kamu jadikan acuan.

Cara Membuat Itinerary

1. Tentukan Tujuan

Tentukan Tujuan

Tips cara membuat itinerary yang pertama adalah dengan menentukan tujuan perjalanan kamu dengan jelas. Kamu bisa memulainya dengan melakukan riset terkait tempat apa yang akan kamu kunjungi.

Seperti contoh, jika kamu ingin mengunjungi Jepang, kamu harus menentukan tempat wisata yang akan kamu kunjungi di Jepang dan pelajari ketentuan waktu berkunjung di tempat wisata tersebut. Ada baiknya untuk mempelajari sejarah dan latar belakang budaya di negara yang akan kamu kunjungi agar kamu dapat merasakan pengalaman liburan yang otentik.

2. Tentukan Jadwal Perjalanan

Setelah tujuan ditetapkan, selanjutnya kamu bisa menentukan jadwal perjalanan secara detil. Menentukan jadwal perjalanan akan membantu kamu untuk merencanakan kapan kamu harus mengambil cuti dari pekerjaan atau kewajiban lainnya. 

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

3. Tentukan Budget

Cara membuat itinerary selanjutnya adalah dengan menentukan budget yang akan dikeluarkan selama perjalanan. Menentukan budget akan membantu kamu untuk memilih destinasi, akomodasi, dan kegiatan yang sesuai dengan keuangan kamu, sehingga pengalaman liburan tetap menyenangkan dan tidak membuat dompet kamu menipis secara tiba-tiba.

4. Tentukan Akomodasi 

Tentukan Akomodasi 

Akomodasi adalah salah satu faktor pentig yang memengaruhi kenyamanan, keamanan, dan keseluruhan pengalaman liburan. Pasalnya, memilih akomodasi yang tepat dapat memberikan kemudahan untuk mengakses ke tempat wisata dan kegiatan wisata di destinasi yang akan kamu kunjungi.

5. Tentukan Transportasi

Pastikan untuk menentukan jenis transportasi apa yang akan kamu gunakan selama perjalanan. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa mengatur kegiatan dan kunjungan ke tempat-tempat menarik sesuai dengan jadwal transportasi yang telah ditetapkan.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Korea Selatan untuk Kpopers

6. Buat Jadwal Aktivitas

Agar waktu liburan kamu efisien, kamu bisa membuat jadwal aktivitas apa saja yang akan kamu lakukan di destinasi yang akan kamu kunjungi. Hal ini tentu akan menghindari kamu dari keterbatasan waktu atau tergesa-gesa untuk mengunjungi tempat-tempat yang ingin kamu lihat.

7. Buat Rencana Cadangan

 Buat Rencana Cadangan

Cara membuat itinerary yang terakhir adalah membuat rencana cadangan. Perlu diketahui bahwa, perjalanan tidak selalu berjalan sesuai dengan rencana awal. Oleh karena itu, kamu harus menyertakan rencana cadangan dalam itinerary.

Hal ini akan memungkinkan kamu untuk mengalokasikan waktu dan sumber daya dengan lebih efisien jika ada suatu hal yang terjadi selama perjalanan, entah itu tutupnya tempat wisata atau karena masalah cuaca. 

Bisa jadi, rencana cadangan yang kamu buat ini akan memungkinkan kamu untuk menemukan kesenangan tak terduga di tempat-tempat atau kegiatan alternatif tersebut. 

Seperti contoh, kamu ingin mengunjungi suatu pantai di Lombok, tetapi cuaca di saat kamu mengunjunginya sedang mendung dan membuat kamu tidak bisa menikmati berjemur di pantai. Sebagai alternatif, kamu bisa menikmati kuliner-kuliner yang ada di sekitaran pantai tersebut. 

Itulah 7 cara membuat itinerary yang bisa kamu jadikan panduan. Secara keseluruhan, fungsi itinerary adalah untuk menyusun dan merencanakan perjalanan dengan cara yang efisien, memberikan struktur pada perjalanan wisata, dan membantu dalam memaksimalkan waktu dan keuntungan dari setiap perjalanan.

Setelah membuat itinerary sesuai saran di atas, jangan lupa untuk memiliki asuransi perjalanan terbaik dari Igloo yang akan memberikan ketenangan pikiran selama perjalanan, serta melindungi dari risiko finansial yang tidak terduga selama berlibur.

Dengan memiliki asuransi perjalanan dari Igloo, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial terhadap kerugian karena kejadian tidak terduga selama perjalanan, tanggungan biaya kesehatan selama perjalanan, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi perjalanan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Perjalanan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-perjalanan
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis perjalanan yang diinginkan
  4. Masukan informasi perjalann kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai produk asuransi lainnya, termasuk Asuransi Kesehatan untuk melindungi kamu dan keluarga dari biaya medis yang tidak terduga, Asuransi Mobil dan Asuransi Motor untuk melindungi kendaraan berharga, serta PAsuransi Hewan Peliharaan untuk memberikan perawatan terbaik bagi teman berbulu kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu