Estimasi Harga Implan Gigi di Indonesia Terbaru 2024

harga implan gigi
Table of Contents

Implan gigi adalah prosedur bedah gigi yang bertujuan untuk menggantikan akar gigi yang hilang dengan struktur buatan yang mirip akar gigi, yang kemudian akan digunakan sebagai dasar untuk menempatkan gigi tiruan atau gigi palsu.

Implan gigi merupakan solusi yang efektif untuk menggantikan gigi yang hilang karena dapat memberikan dukungan yang kuat dan stabil untuk gigi tiruan, meningkatkan fungsi kunyah, serta membantu mencegah masalah kesehatan dan perubahan struktur wajah yang mungkin terjadi akibat gigi yang hilang.

Namun, tidak semua orang cocok untuk mendapatkan implan gigi. Proses ini memerlukan kualifikasi tertentu, seperti jumlah tulang yang cukup di area rahang yang akan diimplan. Tidak hanya itu, tentu saja melakukan implan gigi memerlukan biaya yang harus dikeluarkan.

Jika kamu ingin melakukan implan gigi, berikut ini Igloo akan memberikan gambaran proses dan estimasi harganya di Indonesia.

Proses Operasi Implan Gigi

Proses implan gigi melibatkan beberapa tahap dan bisa memakan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan seluruh prosedur. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam proses implan gigi:

1. Evaluasi dan Perencanaan

Dokter gigi atau spesialis bedah gigi akan melakukan pemeriksaan lengkap pada gigi dan mulut, serta memeriksa kondisi tulang rahang. Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan fisik, rontgen, atau meninjau riwayat medis.

Selain itu, dokter akan memperhitungkan faktor-faktor seperti berapa banyak gigi yang perlu diganti dan kondisi tulang rahang dan gigi yang tersisa.

2. Anestesi

Anestesi digunakan untuk menghilangkan atau mengurangi rasa sakit selama pemasangan implan. Ada dua jenis utama anestesi yang digunakan dalam prosedur implan gigi, yaitu anestesi lokal dan anestesi umum atau sedasi. Pilihan anestesi yang tepat akan ditentukan berdasarkan kondisi kesehatan kamu.

3. Cangkok Tulang

Jika tulang rahang kamu tidak terlalu tebal atau lunak, mungkin dokter akan melakukan cangkok tulang sebelum melakukan operasi implan gigi.

Cangkok tulang dapat membuat dasar yang lebih kokoh untuk implan. Ada beberapa bahan cangkok tulang yang dapat digunakan untuk membangun kembali tulang rahang, yaitu cangkok tulang alami atau cangkok tulang sintesis.

4. Pemasangan Implan

Pada tahap ini, proses pemasangan implan gigi dilakukan. Tahap ini melibatkan pembedahan kecil untuk menempatkan implan titanium ke dalam tulang rahang. Area yang akan dioperasi akan dibius menggunakan anestesi lokal atau sedasi agar kamu merasa nyaman selama prosedur.

Setelah itu, dokter gigi akan membuka gusi untuk mengakses tulang rahang, lalu membuat lubang kecil di dalamnya untuk menempatkan implan. Implan gigi ditempatkan dengan hati-hati dan biasanya ditutup dengan penutup pelindung atau penutup sementara.

Baca Juga: Intip Estimasi Biaya Cabut Gigi di Indonesia Berikut

5. Penyembuhan dan Osseointegrasi

Setelah implan ditempatkan, proses penyembuhan dimulai. Proses ini memungkinkan tulang rahang tumbuh dan menyatu dengan permukaan implan dalam proses yang disebut osseointegrasi. Osseointegrasi sangat penting karena menciptakan dasar yang kuat dan stabil untuk gigi tiruan.

Tahap penyembuhan ini biasanya memakan waktu beberapa bulan, tergantung pada individu dan bagaimana tubuh merespons implan.

6. Pemasangan Abutmen

Setelah proses osseointegrasi berhasil, dokter gigi akan membuka kembali gusi untuk mengungkap implan dan memasang abutment (connector) di bagian atas implan. Abutment akan berfungsi sebagai hubungan antara implan dan gigi tiruan.

7. Pembuatan dan Pemasangan Gigi Tiruan atau Mahkota

Setelah abutment terpasang, dokter gigi akan mengambil jejak gigi kamu untuk membuat gigi tiruan atau mahkota yang akan ditempatkan di atas abutment.

Setelah dibuat, dokter gigi akan memasangnya dan kamu akan memiliki gigi palsu yang tampak alami dan berfungsi seperti gigi asli.

Setelah pemasangan gigi tiruan,  kamu akan mendapatkan panduan dari dokter gigi tentang perawatan gigi tiruan tersebut dan tindak lanjut yang diperlukan.

Harga Implan Gigi di Indonesia

Setelah mengetahui prosedurnya, berapakah harga implan gigi di Indonesia? Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah informasi biaya implan gigi pada beberapa rumah sakit di Indonesia:

Baca Juga: Ingin Gigi Rapih dengan Behel? Simak Prosedur dan Harga Pasangnya Berikut

Dapatkan Asuransi Kesehatan Terbaik di Igloo

Itulah prosedur dan kisaran biaya implan gigi dari beberapa rumah sakit yang ada di Indonesia. Perlu dicatat bahwa tiap rumah sakit memiliki ketentuan tersendiri mengenai biaya administrasi tambahan dan biaya terkait lainnya.

Untuk memberikan perlindungan ekstra untuk diri kamu, pastikan untuk memiliki asuransi kesehatan terbaik dari Igloo, dan dapatkan berbagai macam macam keuntungan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada kesehatan kamu.

Untuk melakukan pembelian asuransi kesehatan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kesehatan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kesehatan
  2. Pilih jenis asuransi kesehatan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Keluarga dan Asuransi Individu
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis asuransi perjalanan yang diinginkan
  4. Masukan informasi keluarga/personal kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Igloo juga menawarkan berbagai produk asuransi lain yang bisa kamu pilih. Jika kamu berencana untuk bepergian, pertimbangkan Asuransi Perjalanan Igloo untuk melindungi perjalanan kamu dari kemungkinan gangguan. 

Untuk kendaraan berharga, Igloo menyediakan asuransi kendaraan yang akan melindungi investasi kamu baik Asuransi Motor atau Asuransi Mobil. Bahkan teman berbulu kamu bisa mendapatkan perlindungan terbaik dengan Asuransi Hewan Peliharaan.

Jadilah bagian dari keluarga Igloo dengan kunjungi situs web Igloo hari ini dan dapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Igloo. Lindungi kesehatan, lindungi masa depan kamu bersama Igloo!

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu