10 Kegiatan Menghibur Anak-Anak Selama Perjalanan Mudik Lebaran

Kegiatan Menghibur Anak-Anak selama Perjalanan Mudik Lebaran
Table of Contents

Mudik lebaran bersama keluarga adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu ketika kita sudah memasuki bulan Ramadhan. Momen bersama saat perjalanan menjadi hal yang menyenangkan bagi kamu dan anak-anak.

Namun sebelum itu banyak persiapan yang harus kamu lakukan, seperti mempersiapkan kebutuhan si kecil selama di kampung halaman. Kemudian kebutuhanmu sendiri, kebutuhan suami atau bahkan oleh-oleh untuk mereka yang ada di rumah.

Jika kampung halamanmu jauh, tentu semakin banyak persiapan yang harus kamu lakukan apalagi jika kamu membawa si kecil yang mudah bosan saat perjalanan. Oleh karena itu, kamu butuh banyak kegiatan menghibur anak-anak selama perjalanan mudik lebaran.

Rekomendasi Kegiatan Menghibur Anak-Anak Saat Perjalanan Mudik

Selama perjalanan mudik, ada banyak itinerary yang harus kamu persiapkan. Hal tersebut sangat berguna untuk membangun suasana menyenangkan selama perjalanan mudik lebaran dan liburan. Terutama untuk rencana kegiatan menghibur anak selama perjalanan, mengingat anak-anak sangat mudah bosan dan tantrum jika perjalanan lama.

Nah Igloo telah menyiapkan beberapa rekomendasi kegiatan menghibur anak-anak selama perjalanan mudik lebaran 2024 yang bisa kamu lakukan nanti, diantaranya

  • Mendengar dan Menebak Lagu

Cobalah buat playlist lagu kesukaan anak selain music kesukaanmu. Si kecil yang suka bernyanyi dan mendengarkan lagu akan membuat mereka lebih menikmati perjalanan.

Jika anak-anak sudah bisa judul lagu atau lirik kamu bisa memainkan mainan tebak lagu. Hal tersebut akan membangun suasana dan membuat perjalanan menjadi lebih hidup.

  • Tebak Moda Transportasi

Saat perjalanan mudik lebaran, ada banyak moda transportasi yang bisa kamu lihat. Kamu bisa mengenalkan anak-anak dengan berbagai moda transportasi yang lewat.

Setelah mengenalkan moda transportasi, kamu bisa meminta anak untuk menghafalkannya dan membuat permainan tebak moda transportasi. Pertanyaannya bisa macam-macam, misalnya ada truk yang lewat kamu bisa mengingatkan mereka dengan karakter kartun yang menjadi favorit mereka. Lalu tanyakan, kira-kira truk mengangkut apa saja, rodanya berapa dan sebagainya. Dengan begitu anak akan menambah kosa kata baru dan meningkatkan kecerdasan otak mereka.

  • Tebak Objek yang Dilewati Saat Perjalanan

Kamu juga bisa mengenalkan berbagai objek yang terlihat. Umumnya anak dengan rasa keingintahuan yang tinggi sangat panasaran dengan berbagai objek yang ada di sekitarnya.

Setelah itu kamu bisa membuat daftar benda yang harus anak temukan selama perjalanan. Misalnya temukan objek yang berwarna merah, hijau dan sebagainya. Atau tebak bangunan, sungai, warna mobil dan lainnya.

  • Memainkan Mainan Kesukaan Anak

Selama perjalanan mudik kamu juga bisa menyiapkan berbagai mainan yang mereka sukai. Ini bisa menjadi pilihan diantara permainan yang sudah kamu siapkan. Kamu bisa bertanya pada mereka mainan apa saja yang ingin mereka ajak untuk liburan.

Kamu juga bisa ikut bermain dan menggunakan mainan mereka sebagai bahan untuk bercerita. Ketika anak antusias dengan mainannya dan ceritamu, maka mereka akan melupakan kebosanan yang dirasakan selama perjalanan.

  • Menyiapkan Film Favorit Anak

Untuk perjalanan yang lumayan jauh, kamu bisa menyiapkan berbagai film yang mereka sukai di gadget atau ipad yang mereka punya. Pastikan mengunduh film yang belum mereka tonton atau film yang suka mereka rewatch.

Hal tersebut pasti membuat mereka mengabaikan rasa bosan saat perjalanan mudiknya. Akan tetapi kamu juga harus bijak dengan penggunaan gadget ini, jangan sampai terlalu lama dan membuat mata mereka lelah.

  • Tulis Kata Sebanyak-Banyaknya Dalam Waktu 1 Menit

Si kecil biasanya juga mempunyai jiwa yang sangat kompetitif, kamu bisa menggunakan pilihan permainan ini untuk mengasah jiwa kompetitif mereka. Kamu hanya perlu menyiapkan kertas atau buku dan pensil.

Pilih seseorang untuk menjadi time keeper dan pilih tema kata yang akan ditulis. Seperti hewan, sayuran, benda hidup atau mati dan sebagainya. Ajaklah mereka untuk menulis kata sebanyak-banyaknya selama 1 menit. Usahakan sesekali mereka yang menang yaa, agar mereka semakin antusias melakukan permainan ini.

  • Bermain Bingo Hewan

Ini adalah salah satu permainan yang bisa mengasah daya ingat anak. Kamu bisa membuat sebuah kartu bingo yang isinya nama-nama hewan yang bisa mereka lihat selama perjalanan. Kamu bisa mengunduh berbagai kartu bingo dan mencetaknya seukuran tangan anak. 

Caranya, acaklah kartu tersebut dan biarkan mereka memilih. Bagi siapa saja yang bisa lima kali berturut-turut memilih hewan dalam satu baris yang sama maka dia bisa menjadi pemenangnya.

  • Membaca dan Menghafal Surah Pendek

Ajaklah anak untuk membaca dan menghafal surah pendek bersama. Untuk memaknai bulan Ramadhan selama perjalanan kamu juga bisa melakukan berbagai macam hal baik dan ini adalah salah satunya.

Caranya, ajaklah mereka membaca surah pendek bersama-sama. Kemudian lakukan secara berulang kali hingga mereka hafal. Hal tersebut tentu akan menambah hafalan si kecil dan selama perjalanan mereka juga lebih banyak mengingat Allah.

  • Kata Berputar

Permainan ini bisa kamu lakukan untuk menambah perbendaharaan kosakata anak. Cara bermainnya juga mudah, kamu hanya perlu menentukan sebuah tema. Misalnya tema Ramadhan, makanan takjil, nama hewan, nama kota dan sebagainya.

Jika tema sudah kamu tentukan, pemain pertama harus menyebutkan kata yang sesuai dengan tema tersebut. Kemudian pemain kedua harus menyebutkan kata yang dimulai dari huruf terkahir dari kata yang disebutkan pemain pertama.

Misalnya tema Ramadhan, permain pertama menyebutkan Al-Quran maka pemain kedua harus mencari kata berawalan “N”, seperti “ngaji”. Jika ada yang tidak bisa menyebutkan kata dalam waktu 10 detik maka ia kalah. Lebih seru lagi kamu bisa memberlakukan hukuman, contohnya dicemong bedak bagi yang tidak bisa menebak.

  • Menggambar dan Mewarnai

Selama perjalanan kamu juga bisa membawa peralatan menggambar dan mewarnai. Jika kegiatan ini membuat anak tetap bosan, kamu bisa mengubahnya menjadi permainan yang lebih menarik.

Caranya, lipat kertas menjadi tiga bagian. Lalu, minta pemain pertama menggambar kepala dengan bentuk atau jenis apapun. Bisa kepala hewan, manusia, tokoh kartun dan sebagainya. Jika sudah, pemain kedua harus melanjutkan gambar di bagian kedua kertas. Begitupun selanjutnya hingga bagian akhir atau kaki.

Artikel Lainnya : Catat, Ini Cara Menjaga Kesehatan dan Energi Selama Perjalanan Tanpa Makan dan Minum

Nah itulah ide kegiatan menghibur anak-anak selama perjalanan mudik lebaran agar mereka tidak bosan dan tantrum selama perjalanan. Selain menyiapkan berbagai permainan untuk mereka, kamu bisa juga melengkapi perjalanan mereka dengan Asuransi Perjalanan dari Igloo. Tujuannya agar perjalanan lebih aman dan nyaman untuk kamu dan anggota keluarga lain.

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu