apa itu motor bebek

6 Ciri Khas dari Motor Bebek yang Perlu Kamu Ketahui

Table of Contents

Apa itu motor bebek? Motor bebek adalah istilah yang populer di Indonesia untuk menggambarkan jenis sepeda motor yang dibangun di atas kerangka yang sebagian besar terdiri dari sebuah pipa berdiameter besar.

Di negara barat, desain ini biasa disebut dengan “step-through“. Di Indonesia, motor bebek mulai masuk pada tahun 1960an. Jika dilihat dari samping, motor bebek memang memiliki bentuk lekukan yang menyerupai bebek.

Pada tahun 1980an sampai 2000an, banyak model motor bebek memiliki fairing tipis yang menyerupai sayap. Motor bebek klasik yang ikonik antara lain adalah Honda C70 dan Honda Astrea, sedangkan saat ini, motor bebek yang terkenal antara lain adalah Supra, Jupiter MX, dan sejenisnya.

Di Indonesia, motor bebek merupakan salah satu jenis motor yang laris di pasaran. Lantas, apa yang membuatnya menjadi pilihan pengendara di Indonesia? Simak artikel Igloo berikut ini.

Ciri Khas Motor Bebek

Ciri Khas Motor Bebek

1. Akselerasi Lebih Nyaman

Motor bebek umumnya memiliki akselerasi yang baik karena biasanya dilengkapi dengan mesin berkapasitas kecil hingga menengah yang ringan dan efisien. Biasanya, motor bebek menggunakan transmisi manual dengan kopling di tangan dan kaki. 

Transmisi ini memungkinkan pengendara untuk memilih gigi yang sesuai dengan kondisi jalan dan memaksimalkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Motor bebek biasanya dilengkapi dengan mesin 4-tak berkapasitas sekitar 100cc hingga 150cc, ada juga motor bebek dengan kapasitas mesin yang lebih besar. 

2. Motor Bebek Lebih Irit Bahan Bakar

Motor bebek dikenal karena keiritan bahan bakarnya. Hal ini dikarenakan pengaturan kecepatannya dilakukan oleh fitur akselerasi gigi dan kopling yang membuat proses pembakaran mesin pada motor bebek menjadi lebih efisien.

Selain itu, desain sederhana dan ringan yang dimiliki motor bebek dapat membantu mengurangi beban dan memerlukan tenaga yang lebih sedikit untuk menggerakkan kendaraan, sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih efisien.

Tidak heran mengapa motor bebek menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang mencari kendaraan hemat bahan bakar untuk penggunaan sehari-hari. 

Baca Juga: Perbedaan Motor Kredit dan Cash, Nampak dari Platnya!

3. Suku Cadang Motor Bebek Lebih Mudah Didapatkan

Suku Cadang Motor Bebek Lebih Mudah Didapatkan

Salah satu keuntungan menggunakan motor bebek adalah ketersediaan spare part yang lebih mudah didapatkan. Pasalnya,  motor bebek adalah jenis sepeda motor yang sangat populer di Indonesia. Karena popularitasnya, banyak dealer, toko suku cadang, dan bengkel umum menyediakan stok spare part untuk model motor bebek yang berbeda.

4. Harga yang Terjangkau 

Di pasaran, motor bebek dihargai lebih murah dibandingkan dengan motor matik. Hal ini dikarenakan teknologi yang digunakan berbeda, serta komponen mesin yang menyatu sehingga harus diproduksi per tipe menjadikan harga jual motor matik lebih mahal dibandingkan dengan motor bebek.

Beberapa merek motor bebek dengan harga terjangkau yang biasanya ada di pasaran antara lain adalah:

  • Honda Supra X
  • Honda Blade
  • Honda Revo
  • Yamaha Jupiter Z
  • Yamaha Vega Force
  • Yamaha Jupiter MX King 
  • Suzuki Shogun
  • Suzuki Smash

5. Sulit Dikendarai

Untuk pemula, mungkin motor bebek termasuk motor yang sulit dikendarai. Pasalnya, fitur dapat mengganggu kelancaran berkendara bagi yang tidak terbiasa mengganti gigi motor secara teratur. Namun, hal ini tentu bisa diatasi dengan latihan berkendara yang cukup. 

Baca Juga: Simpel! Inilah Cara Mengurus STNK Motor Listrik yang Perlu Kamu Ketahui

6. Melelahkan saat Macet

Melelahkan saat Macet

Terakhir, motor bebek terkenal bikin mudah pegal jika dipakai di jalanan yang sedang macet. Ketika macet, pengendara motor bebek harus selalu stand by menekan kopling untuk mengganti gigi, menyesuaikan kekuatan mesin dengan jarak pendek-pendek.

 Berbeda dengan motor matik, dimana kamu dapat mengistirahatkan tangan dan kaki kamu saat menghadapi kemacetan.

Untuk mengatasinya, saat ini produsen motor telah merancang motor bebek dengan desain yang membuat postur berkendara lebih nyaman. Hal ini membuatnya lebih mudah dikendalikan, terutama dalam perjalanan jarak pendek atau dalam kepadatan lalu lintas.

Pentingnya Memiliki Asuransi Motor

Itu dia alasan mengapa motor bebek menjadi pilihan pengendara di Indonesia. Jika kamu ingin membeli motor bebek, jangan lupa untuk memiliki asuransi motor terbaik untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Memiliki asuransi motor kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

1. Perlindungan Lebih Terjamin

Manfaat asuransi yang pertama adalah memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara. Manfaat perlindungan tersebut mencakup kecelakaan, biaya perbaikan, risiko kehilangan motor, dan masih banyak lagi.

2. Memberikan Rasa Aman Ketika Berkendara

Manfaat asuransi kedua ketika kamu memiliki asuransi motor adalah rasa aman dan nyaman kemanapun kamu bepergian. Meskipun sudah terlindungi asuransi, kamu harus tetap berkendara dengan waspada untuk meminimalisir potensio kecelakaan yang bisa berakibat fatal.

3. Mengurangi Potensi Pengeluaran Biaya

Asuransi adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi kemungkinan pengeluaran biaya mendesak. Hal ini dikarenakan biaya perbaikan kendaraan yang umumnya memakan biaya yang tidak sedikit, bahkan berpeluang menguras tabungan.

4. Mendapat Fasilitas Tambahan

Beberapa perusahaan asuransi memberikan fasilitas tambahan yang semakin memudahkan nasabah jika mengalami kecelakaan. Salah satu contohnya adalah memberikan layanan hotline yang siap sedia 24 jam.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu